Gugus bintang RCW 38 ketika bintang muda atau protobintang terungkap di dalam debu


Kategori : Science | Date : 5 August 2018
Sebuah gugus bintang RCW 38 diabadikan dengan teleskop VLT oleh ESO. Tampilkan gambar terbaru dimana komplek bintang padat ini berjarak 5.500 tahun cahaya.

Ada apa disana. Dari gambar yang didapat, disana terdapat bintang muda, panas dan ukuran raksasa.

Mengunakan pencitraan inframerah HAWK-I yang dipasng pada teleskop VLT di Chili. Instrumen tersebut dapat menangkap benda yang tidak terlihat sebelumnya.

Menembus debu yang umum menutup pengambilan gambar dengan teleskop optik. Mengungkap rincian dari setiap bintang, adanya gas yang bercahaya, dan aliran panjang debu kosmik.

Gugus bintang RCW 38 terletak di konstelasi Vela. Disana disebut banyak muncul bintang muda atau protostar.

Mewakili warna biru adalah cahaya bintang yang panas serta bintang yang baru lahir. Radiasi intens mengalur keluar dari bintang bintang tersebut. Menyebabkan gas disekitarnya terlihat terdorong dan menyala dengan warna kontras.

Melihat letak gugus bintang RCW 38 ada di bagian tepi dari inti galaksi. Seperti gambar dibawah ini memperlihatkan zoom lokasi gugus bintang RCW 38

Gugus bintang RCW 38 kelompok bintang muda yang panas

Berbeda dengan Globular Cluster, adalah kumpulan bintang dengan jumlah sangat banyak

Dengan di zoom oleh teleskop VLT milik ESO. Mengunakan sensor untuk menangkap cahaya inframerah



 Benda dengan cahaya biru terlihat di balik debu yang menutup. Cluster atau gugus bintang bintang raksasa yang baru lahir terlihat cukup dekat dan berkelompok.

Jumlah tidak sebanyak tipe Globular Cluster, tapi disini yang diperlihatkan adalah lahirnya bintang bintang raksasa berwarna biru.

Gugus bintang RCW 38 ketika bintang muda atau protobintang terungkap di dalam debu

Apa yang terjadi dengan bintang raksasa setingkat Blue Giant Star. Dari gambar diatas terlihat sangat menarik dan menakjubkan. Melihat debu dan gas sampai terlihat menyala terang.

Tetapi nasib bintang raksasa tidak sebaik bintang berukuran kecil. Walau indah, sangat kuat dan panas ketika lahir. Usia bintang raksasa terlalu singkat. Hanya mencapai jutaan tahun untuk tetap menyala dan akhirnya mati. Matahari adalah bintang berwarna kuning, memiliki ukuran sedikit lebih besar dari rata rata bintang di galaksi Bima Sakti. Usianya mencapai miliaran tahun.

Zoom teleskop VLT di area Cluster RCW38



Apakah semua bintang lahir sebagai besar diwilayah RCW 38, masih tersisa bintang katai coklat

Mengunakan teknologi teleskop VLT milik ESO yang dilengkapi optik adaptif NACO.

Teleskop mengambil kelompok bintang RCW 38, disana tidak semua bintang berukuran besar.

Foto diabwah ini menunjukan beberapa kandidat bintang coklat, katai coklat, bintang kerdil atau Brown Drawf.

Ditemukan sekitar separuh dari bintang yang ada di wilayah tersebut adalah tipe bintang coklat. Terlihat lebih samar, tapi tampak dengan teknologi teleskop terbaru NACO.

Seperti apa bintang katai cokla tersebut. Dibawah ini hasil foto teleskop VLT pada wilayah gugus bintang RCW 38, click untuk zoom.


Gugus bintang RCW 38 kelompok bintang muda yang panas terlihat beberapa bintang katai coklat

Foto Zoom ESO

Cahaya dari galaksi MACS1149-JD1 memang sangat samar, hanya berupa sebuah titik merah. Yang diartikan melakukan perjalanan miliaran tahun sampai tertangkap oleh peralatan teleskop di Bumi. Menjadi salah satu galaksi terjauh dengan 13,3 miliar tahun cahaya. Tapi ada yang aneh, mengapa disana sudah bersinar. Sedangkan alam semesta baru berusia 13,8 miliar tahun

Bila mendapatkan gambar dari teleskop Alma, bentuknya tidak seperti foto teleskop optik. Karena teleskop Alma adalah teleskop radio terbesar di ketinggian 5000 meter. Alma memiliki 66 antena presisi tinggi, terbesar dengan jarak 16km

Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.



Cluster Gaia 1 adalah kumpulan bintang yang berkelompok di dalam satu area. Dan pertama kali ditemukan atau teridentifikasi Mei 2017. Kelompok bintang tersebut tidak berada di dalam galaksi, tapi di atas piring galaksi Bima Sakti

Galaksi NGC 1512 terletak 38 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi galaksi ini unik, memiliki cincin dengan warna lebih cerah. Artinya cincin di bagian luar galaksi seperti lingkaran bintang berusia muda yang masih panas. Terlihat menyala dengan warna kebiruan.

Bintang HH 212 adalah bintang yang baru lahir. Bila gas disekeliling bintang baru ini berhasil menjadi satu bulatan. Nantinya akan membentuk proto-bintang bar, dan di masa mendatang akan muncul planet.

Gugus galaksi Abell 370 letaknya 6 miliar tahun cahaya. Tapi terlihat dari bumi memberikan foto berbeda dari bentuk galaksi disana  Tetapi ada gambar galaksi yang terlihat pada busur biru adalah galaksi yang lebih jauh lagi. Dan berada di belakang kelompok galaksi Abell 370



Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.

2 galaksi kerdil ditemukan oleh teleskop Hubble. Kedua galaksi terjebak di daerah kosong ruang hampa selama 100 juta tahun, akhirnya galaksi mulai terbentuk dan siap melahirkan bintang baru.


No popular articles found.