Bagaimana membuat barang lebih berguna dari ban bekas sepeda.

Apa yang akan dilakukan ketika memiliki ban sepeda bekas karena bocor dan sudah tidak terpakai lagi.

Ban bekas sepeda dapat dimanfaatkan, tapi menjadi apa.
Penguna sepeda umumnya memanfaatkan ban bekas menjadi penjaga rantai di bagian roda belakang. Agar rantai tidak merusak cat ketika sepeda terguncang. Atau ban bekas dijadikan tali.

Ide lain memanfaatkan ban dalam bekas sepeda, juga dapat dijadikan pengikat kabel. Sebagai penganti Velcro dari bahan plastik.

Fungsinya untuk mengikat kabel agar tidak terurai. Daya ikat ban bekas tidak sebaik Velcro, tapi kita dapat membuatnya sendiri. Setidaknya tidak perlu membeli hanya untuk membuat pengikat kabel adaptor.

Cara membuat tali untuk kabel adaptor, tidak memerlukan bahan yang rumit.

Gunting dan sebuah ban dalam bekas sepeda. Akan sangat baik kalau ban bekas sepeda berukuran kecil, seperti ban sepeda Fixie, atau ban sepeda gunung ukuran 1,5 - 2 inci. Tetapi bukan ukuran ban motor, karena terlalu tebal dan besar.

Caranya, dengan mengunting menjadi karet gelang. Jangan terlalu tipis, buat dengan lebar 5-4 mm agar dapat terjepit setelah kita menarik dan  mengunci sendiri.

Membuat pengikat dari barang bekas ban dalam sepeda penganti 
Velcro

Gunting sesuai kebutuhan, untuk pengikat kabel adaptor kecil, dapat langsung dipotong lurus.



Bila gulungan kabel cukup besar, potong sedikit miring agar mendapatkan panjang karet yang cukup. Ukuran terserah anda, sesuai kebutuhan, sesuai kreasi anda, sesuai ide kreatif yang anda miliki.

Daur ulang ban dalam bekas sepeda untuk pengikat kabel charger

Dengan melilitkan dan mengunci karet, maka gulungan kabel tidak akan mudah lepas. Untuk membuka cukup dilepas dengan melonggarkan karet yang menjepit.

Setidaknya kita tidak perlu repot membeli pengikat kabel khusus seperti Velcro. Dibawah ini cara pembuatan dan pengunaan dari ban bekas untuk pengikat kabel adaptor dan kabel USB power.