Bintang MWC 758 dimana protoplanet baru lahir dengan cincin elips


Kategori : Science | Date : 2 July 2018
Bintang MWC 758 adalah sebuah bintang muda.

Terletak 500 tahun cahaya dari bumi, dan berada di konstelasi rasi bintang Taurus.

Bintang yang baru lahir dan mulai membentuk tata surya baru, du observasi oleh teleskop Alma.

Disana terlihat seperti cincin yang sangat sempurna. Peneliti mengatakan cincin bagian luar dan dalam, masing masing memiliki satu bagian yang sangat terang. Seperti busur berwarna kuning di dalam lingkaran.

Dan tampak seperti debu membentuk lengan sprial, dan bagian luar yang terlihat lebih kosong.
Lingkaran dengan warna kuning terang diperkirakan sebuah bibit atau embrio planet, dan nantinya akan membentuk protoplanet.

Lalu apa yang dimaksud peneliti dengan rongga dan cincin di lingkaran bintang MWC 758.

Cincin tersebut adalah debu dari sisa bintang generasi sebelumnya, nantinya akan membentuk planet planet lain.
Seperti Bumi, Mars, Jupiter dan lainnya, diawal pembentukan tata surya. Semuanya berasal dari debu ledakan bintang, dan lahirnya matahari.
Sisa debu dan gas umumnya akan mengitari di sisi luar sebuah bintang.

Berjalan waktu mencapai jutaan tahun lalu, gumpalan debu dan gas menyatu dan mulai membentuk cincin debu.
Lalu terakumulasi menjadi batuan, dan terus tumbuh sampai membentuk planet planet di tata surya.



Demikian di tata surya MWC 758, nantinya akan muncul planet baru dan setidaknya ada 2 planet. Walau tidak dapat diperkirakan seperti apa bentuk akhirnya nanti, , sebesar apa yang akan menjadi planet, atau planet berbatu dan planet gas. Karena akan berlangsung jutaan tahun kedepan sampai semua planet terlihat.

Cincin yang sempurna di lingkaran bintang menjadi contoh yang menarik. Memungkinan peneliti mempelajari tahap awal ketika pembentukan protoplanet sebelum membentuk menjadi planet-planet dengan orbit yang stabil.

Bintang MWC 758 dimana protoplanet baru lahir dengan cincin elips

Bintang K2-239 diperkirakan disana terdapat 3 planet, bahkan ketiga planet memiliki ukuran seperti Bumi. Dan besarnya tidak jauh berbeda dengan Bumi. Bintang K-240 juga ditemukan 2 planet seperti bumi dengan permukaan batuan, diperkirakan 2 planet tersebut memiliki ukuran 2x lebih besar dari Bumi.

Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos

Sebuah bintang kerdil berwarna coklat ditemukan seorang ilmuwan amatir. Tapi dia tidak melihat dengan teleskop ukuran besar. Sebuah bintang kerdil ditemukan dari program Backyard Worlds: Planet 9. Modalnya hanya melihat foto, tapi dapat menemukan bintang kerdil.



Sebuah bintang IPTF16gau meledakdan menjadi sebuah supernova. Tetapi bintang tersebut terlihat sangat jauh, tapi muncul dengan intensitas 50x lebih terang.

Astronom menemukan bintang mengorbit ke sebuah bintang putih, tapi kecepatannya luar biasa. Ada yang aneh dengan bintang ini. Lubang hitam yang disebut X9 menarik materi gas dari bintang pendamping dan lubang hitam terkunci sampai 0,1% kecepatan cahaya

Bentuk lubang hitam tidak pernah bisa dilihat, karena dikelilingi oleh cahaya bintang. Tapi peneliti dapat mengetahui bila ada tanda aneh, dan memperkirakan adanya sebuah lubang hitam. Seperti apa bentuknya memang tidak bisa dipastikan. Banyak yang mengatakan sangat besar, mungkin tidak sebesar perkiraan kita.

Black moon atau bulan hitam terjadi setiap bulan, tapi 30 September 2016 menjadi blackmoon kedua atau bintang baru dimana bintang tidak terlihat. Terjadi setiap 32 bulan sekali dimana bulan baru terjadi pada satu bulan yang sama.



Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien

Bintang biner ini lari begitu cepat di sekitar galaksi kita. Disebut bintang PB3877, bukan satu bintang tetapi dua bintang kembar, dan lari dengan kecepatan sendiri di sekitar galaksi kita. Disebut sebagai Hyper-velocity star atau bintang hipe

Alam semesta ini unik, hal yang tidak biasa dapat terjadi. Tidak selurunya selaras, ada bintang yatim, bintang biner. Satu lagi kelompok bintang M10 atau Globular Cluster NGC 6254. Kelompok bintang ini kadang menyebrang dari bawah ke atas dan kembali turun ditengah tengah galaksi kita.

Daerah komplek bintang Delta Orionis ternyata memiliki bintang yang unik. Disana terdapat 3 bintang berjajar dikenal dengan nama Mintaka. Dapat terlihat ketika malam hari, posisinya berada di sisi barat. Dengan teleskop optik, ketiganya tidak terlihat. Dan hanya tampak dengan teleskop X-Ray Chandra


No popular articles found.