Kabar menarik dari luar negeri, banyak pemburu barang elektronik antik dan berani membeli dengan harga tiniggi.

Kita ingat 10 tahun lalu, ketika Belanda Inggris mulai mempopulerkan sepeda. Banyak sepeda jadul atau sepeda tua dikirim kesana. Sepeda tua atau sepeda ontel yang sudah menjadi sampah di garasi rumah, harganya mencapai harga sebuah sepeda modern baru.
Tren sepeda tua juga membangkitkan gaya retro pencinta sepeda. Mereka membeli sepeda disana seharga 800 dollar, karena disain klasik, kuat dan memiliki ciri tersendiri.

Bagaimana dengan computer tua, perangkat gadget yang tidak dapat digunakan lagi. Bila anda sudah memegang peralatan tersebut atau mendapat warisan dari orang tua atau keluarga. Perangkat tersebut mungkin sudah anda lempar ke tempat sampah 10 tahun lalu.

Sekarang produk elektroknik di era 80-90an kembali menjadi tren, dan harganya mencapai ribuan dollar.

Barang antik yang umurnya lebih dari 20-30 tahun ternyata diburu oleh kolektor.

Bila anda masih memiliki atau menyimpan. Mungkin ini saatnya anda memeriksa di gudang atau loteng rumah anda. Siapa tahu ada barang yang masih baik dan masih bekerja, karena bisa dijual dengan harga tinggi.

Pengemar barang retro berani membayar mahal sebuah Sony Walkman asli, termasuk  konsol Nintendo Game Boy dan lainnya.
Mungkin alat tersebut tidak bisa digunakan lagi, tapi paling tidak bentuknya masih sempurna akan mendapatkan harga tinggi.

Steve Nowottny dari MoneySavingExpert.com mengatakan ini agak mengejutkan, ketika teknologi lama dapat mendatangkan kekayaan bagi pemiliknya.

Tidak hanya produk gadget, jam tua Casio juga dicari orang.



Konsol game kecil game Boy original diluncurkan tahun 1989. Ketika itu harganya hanya 67.4 pounsterling. Sekarang ditawarkan di eBay 999 pound bila memiliki box asli. Untuk model yang masih jalan dijual 165 pound.

Sony Walkman di era 80-90an juga menjadi barang anti yang diburu. Model kaset mencapai 350 pound, sedangkan model Sony Discman untuk CD 130 pound.

Apple iPod pertama diluncurkan tahun 2001 juga sangat dicari. Ada yang menawarkan seharga 700 pound. Walau generasi keduanya jauh lebih murah 400 pound.
Peralatan gadget elektronik seperti ini sekarang mungkin tidak akan anda sentuh lagi. Tapi masih diluar negeri malah diperdagangkan sebagai barang antik.

iPhone generasi pertama juga diburu seharga 170 pound, bila kondisi sangat baik mencapai 300 pound.
Bahkan salah satu penjual di eBay menawarkan 2.995 pound.

Jam calculator tua tahun 80an ditawarkan 130 pound. Ponsel Nokia 3310 model 2G pada tahun 2000 masih bernilai 20-30 pound.

Satu lagi bila anda memiliki stereo tape berbentuk kotak. Seperti produk buatan Sharp masih laku 475 pound.

Computer tua tipe Apple Macintosh tahun 1984, nilainya lebih mahal dari computer baru. Ditawarkan antara 1000-2000 pound

Mainan juga menjadi kolektor. Robot Tranformer asli tahun 80an ditawarkan 100 pound. Bahkan game Tomagotchi tahun 1990an juga dijual 255 pound.

Selama perangkat masih layak digunakan, atau kondisinya mulus akan menambah harga.
Turun naiknya harga mungkin bervariasi dan tergantung persediaan pasar. Tapi ini kesempatan bila anda sangat rapih menyimpan barang lawas, siapa tahu nanti ada yang tertarik mengkoleksi.