Science | 1 July 2018

Teleskop Very Large Telescope VLT milik ESO


Ketika berbicara antariksa, gambar bintang, galaksi tentu diabadikan oleh teleskop. Salah satu tempat observasi paling berjasa di dunia astronomi adalah VLT dari singkatan Very Large Telescope. Dikelola oleh badan ESO yang di danai oleh konsorsium Eropa.

Teleskop untuk pengamatan antariksa di bumi jauh berbeda dibanding teknologi konvensional. Dimana teknologi teleskop hanya mengandalkan satu teleskop untuk melakukan pengamatan.

Teleskop VLT merupakan teleskop berbasis di darat dan menjadi perangkat teleskop optik paling canggih di dunia (2018).
Konstruksi teleskop juga dilakukan bertahap.

UT1 25 Mei 1998
UT2 1 Maret 1999
UT3 26 Januari 2000
UT4 4 September 2000.

Teleskop ditempatkan di ketinggian 2.635 meter dari permukaan laut. Dan berada di area Cerro Paranal Chile



Denah tempat observasi telesskop VLT

Disana terdapat 4 teleskop Array, dengan cermin utama sebesar 8,2 meter, dengan 4 cermin pembantu yang dapat bergerak berukuran 1,8 meter.



4 teleskop utama terbesar VLT

Ke 4 teleskop dapat saling bekerja sama membentuk interferometer raksasa. Membuat pengamatan teleskop mencapai 25x lebih baik dibanding teleskop tunggal.

Dilengkap juga dilengkapi Laser Guide Star. Dipasangkan 4 sinar laser yang sangat kuat, untuk menurunkan efek turbulensi di udara. Kekuatan ke 4 laser mencapai 4000x lebih kuat dari cahaya laser pointer. Digunakan untuk menciptakan panduan bintang buatan. Fungsi utamanya membantu astronom mengukur dan mengkoreksi distorsi atmofer seakurat mungkin.

4 laser untuk membantu membentuk cahaya bintang buatan

Cahaya yang tertangkap teleskop akan digabung dalam unit VLTI mengunakan sistem cermin yang rumit yang terletak dibawah tanah. Gambar yang tertangkap di rekonstruksi kembali dengan ketajaman miliarsecond. Seperti menyatukan gambar dari 2 lampu kendaraan yang diletakan di bulan.



Selain ke 4 teleskop dapat bekerja, di masing masing teleskop dapat bekerja terpisah. Dimana satu teleskop dengan cermin 8,2 meter dapat terus menangkap gambar selam 1 jam dengan tingkat kegelapan cahaya 30 magnitude. Dan mampu menangkap gambar 4 juta kali lebih kuat dibanding mata manusia.

Dengan program paling ambisius dan berpusat di satu tempat. Teleskop VLT menjadi teleskop terbesar dengan teknologi adaptif dan spektrograf. Seperti mengambol gambar dengan spektrum cahaya inframerah (24um)sampai ultraviolet (300nm).

4 teleskop utama tidak bekerja berdsamaan setiap malam. Lebih banyak bekerja untuk pengamatan individu, kecuali untuk pengamatan interferometri. 4 teleskop yang lebih kecil lebih banyak dioperasikan.

Beberapa gambar yang dibuat

Galaksi yang bertabrakan disebut Arp 271
Adalah 2 galaksi NGC 5426, dan NGC 5427 dimana keduanya memasuk tahap tabrakan.
Terletak 130 juta tahun cahaya dari Bumi, berada di konstelai Virgo. Dibuat pada 24 Maret 2018.

Kedua galaksi spiral tersebut dibuat mengunakan instrimen VIMOS - VIsible Multi-Object Spectrograph di VLT UT3

Galaksi Arp 271, NGC 5426, NGC 5427 diabadikan dari teleskop VLT

Bintang raksasa Red Giant Star dengan permukaan bintang.
Bintang R.Sculptor adalah sebuah bintang pada tahap menjadi raksasa merah. Letak 1.200 tahun cahaya dari Bumi.
Bintang telah memasuki tahap akhir sebelum meledak dan mati, permukaan bintang terus membengkak.
Nantinya bintang R.Sculptor akan meledak dan membentuk menjadi nebula.
Dari hasil ledakan bintang, diperkirakan akan menghasilkan banyak elemen, termasuk 50% elemen lebih berat dari besi dan menyebar akibat ledakan ke segala arah.
Dari ukuran bintang yang besar, setelah ledakan bintang, sisa materi debu dan gas mungkin akan membentuk bintang baru.

Untuk membuat foto dibawah ini, dibuat dengan bidang sangat kecil. Mencapai 20x20 mili-arcsecond.
Dibanding Jupiter dengan ukuran yang sama hanya membutukan 40 arcsecond.

Bintang Sculptor dari teleskop VLT


Sagittarius Dwarf Irregular Galaxy


Mungkin anda akan melewati 4 objek pada gambar ini.
Dibuat dari instrumen Vimos, terlihat bentuk samar dan kabur berwarna biru. Benda tersebut bukan kabut, melainkan sebuah galaksi yang disebut Sagittarius Dwarf Irregular Galaxy atau galaksi kerdil.
Pertama ditemukan tahun 1977 mengunakan teleskop ESI 1 meter Schmidt di La Silia milik ESO. Bentuk galaksi ini tidak beraturan sehingga dinamai galaksi kurcaci. Letaknya 3 juta tahun cahaya dari Bumi dan berada di rasi Sagittarius atau the Archer.
Galaksi Sagittarius Dwarf Irregular Galaxy menjadi anggota dari Local Group galaksi kita, termasuk Bima Sakti / Milky Way dan Andromeda.
Karena galaksi ini tidak terlalu besar, relatif lebih sedikit jumlah bintang disana dan terlihat samar. Kadang gangguan dari galaksi lain dapat menganggu dengan kekuatan gravitasi di galaksi yang lebih kecil.

Sagittarius Dwarf Irregular Galaxy

2MASSWJ1207334-393254 atau 2M1207
Kedua bintang 2M1207 terletak 230 tahun cahaya.
Diumumkan April 2018, ketika sebuah objek sangat samar dekat dengan sebuah bintang.
Karena observasi yang dilakukan kadang mengaburkan objek lain akibat tertutup cahaya yang lebih kuat.
Yang diutamakan adalah bintang kerdil atau Brown Dwarf Star, dengan cahaya 100x lebih lemah dari bintang pendamping.

Sebelumnya bintang 2M1207 dianggap sebuah planet ekstrasuraya. Dan tidak ada yang menentang bila benda berwarna merah tersebut adalah planet, mungkin tipe planet gas seperti Jupiter. Bahkan disebut sebagai kandidat Giant Planet atau planet raksasa.

Mengunakan instrumen resolusi tinggi dari fasilitas NACO. Benda berwarna coklat tersebut lebih mirip sebagai bintang katai coklat. Karena bintang terus mendingin sampai puluhan juta tahun, observasi bintang lebih mencirikan seperti planet gas raksasa.
Bintang 2M1207 memiliki massa 42x lebih ringan dari matahari, tapi massanya mencapai 25x dari planet Jupiter.
Mengunakan instrumen inframerah, jarak kedua bintang hanya terpaut 55x jarak bumi ke matahari.

Bintang katai coklat 2M1207

Pusat obervasi VLT tidak hanya melihat galaksi yang jauh. Tapi benda yang ada disekitar galaksi kita, sampai bintang.
Termasuk pengamatan lain seperti bulan yang ada di sekitar planet tata surya.

+ Youtube ESO

+ ESO Paranal Observasi VLT

Artikel Lain

Pembangunan teleskop sensor dan lensa terbesar, berat 3 ton, sensor 3 Giga Pixel. Teleskop Large Synoptic Survey Telescope (LSST) berada di Chili. Kemampuan teleskop ini memiliki ketajaman 3,2Gpixel atau setara memasukan gambar 1500 video HD.

Sebuah kota kecil ini di tinggali 149 orang, di tengah zona radio 13 ribu mil persegi. Semua peralatan yang memancarkan emisi radio dilarang. Dari radio pemancar, WIFI, ponsel dan bluetooth tidak boleh masuk. Apa yang ada di kota ini, disebut terisolasi tapi tidak sepenuhnya di tutup.



Hubble di tahun 2022 telah berumur 32 tahun. Pembicaraan Nasa dan SpaceX, ingin memperbaiki Hubble dan mengirim ke orbit lebih tinggi. Karena teleskop telah turun 30km dari posisi awal. Kemungkinan lain, bisa saja di servis oleh astronot.

Voyager 1 sudah di konfirmasi NASA sudah meninggalkan tata surya. Voyager 2 akan di oprek agar power bekerja untuk instrumen. Voyager 2 memasuki Heliospause. Keduanya telah 46 tahun melakukan perjalanan ruang angkasa. Sempat rusak sejak awal tahun 2022, tapi kembali diaktifkan.

Radiasi sinar X ditemukan di tengah galaksi Bima Sakti. Sebuah bintang S2 bergerak sangat cepat mengorbit ke lubang hitam. Mencapai 3% kecepatan cahaya. Tahun 2020 ada 2 bintang lain juga bergerak lebih cepat lagi, bintang S6 dan 4714 lolos dari lubang hitam. Tahun 2022 bintang S4716 orbit tercepat mengitari Black Hole

Teleskop Magellan di gurun Cile mengunakan teknologi baru, GMT Giant Magellan Telescope. Tersisa 1 cermin dari 6 cermin telesekop tahap pengerjaan. Satu cermin membutuhkan waktu 4 tahun pembuatan. Mendapat dana 205 juta dollar untuk konstruksi cermin, dan rangka teleskop

Teleskop DragonFly dibuat murah. Mengandalkan telezoom lensa komersil dan dipasang Array 10 unit sekarang 24 lensa telezoom, menyusul 168 lensa. Teleskop Dragonfly dibuat oleh tim universitas Toronto, lebih murah dibanding membangun ruang observasi teleskop biaya satu mobil



Teleskop James Web citra bintang pertama tahap penyesuaian lensa. Dimana teleskop akan ditaruh, mengapa proses pembangunan sampai peluncuran memakan waktu lebih dari 10 tahun lebih. Cermin teleskop telah berhasil di selaraskan, sekarang siap bekerja untuk penelitian sain

Hubble menjadi peralatan instrumen terbaik yang pernah dibuat oleh ilmuwan. Tugasnya bertahan sampai digantikan oleh teleskop ruang angkasa baru. Oktober tersisa 2 giroskop yang masih bekerja, kinerja teleskop tidak akan optimal di tahun 2018. Tahun 2021 sistem Hang dan diketahui unit power kontrol bermasalah, sedang di uji kembali

Astronom modern tidak hanya melihat objek dengan pengamatan teleskop optik. Tahun 2020 tepat 75 tahun dari teleskop radio Jodrell Bank. Merubah pengamatan benda di ruang angkasa tidak hanya mengandalkan teleskop optik. Tapi menangkap sinyal radio dari objek yang diamati.

Astronom membuat sebuah gambar dengan observasi dari teleskop radio. Dimana gambar setiap titik ini adalah gambar galaksi yang sangat jauh. Dan belum pernah terditeksi sebelumnya. Bagaimana setiap titik ini di dapat. Foto tentang galakasi ini diabadikan dari teleskop radio South African Radio Astronomy Observatory MeerKAT.

Teleskop Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) hanya mencari planet pada jarak 200 tahun cahaya. Foto 200 ribu bintang pertama, yang jaraknya hanya 300 tahun cahaya dari bumi. Data terus berlanjut sampai 2 tahun diperkirakan dapat memetakan 26 segmen. 13 segmen wilayah selatan sudah selesai, dan posisi teleskop memutar ke arah pengamatan wilayah utara

Satu tata surya HD131399 ini memiliki 3 bintang, bahkan ditemukan sebuah planet mengorbit disana. Tata surya HD131399 terlihat ada satu planet yang mengorbit disebut planet HD131399Ab. 2018 diumumkan disana bukan 3 bintang

Teleskop radio SKA selesai dibangun, setelah tahun 2016 memperlihatkan gambar pertama dari 25% kekuatan teleskop radio. Menjadi teleskop paling sensitif di dunia untuk memetakan langit dengan gelombang radio, dan menangkap paling detil dari sebelumnya. Salah satu yang dicari adalah jejak gas hidrogen.



Bila mendapatkan gambar dari teleskop Alma, bentuknya tidak seperti foto teleskop optik. Karena teleskop Alma adalah teleskop radio terbesar di ketinggian 5000 meter. Alma memiliki 66 antena presisi tinggi, terbesar dengan jarak 16km

Berada di ketinggian 5000 meter diatas permukaan laut. Teleskop Alma menjadi surga kalangan astronomi. Karena teleskop ini menjadi teleskop yang terkuat berada di atas daratan. Lebih tinggi dari puncak Semeru atau Rinjani yang tidak melewati angka 4000 meter.

Tim peneliti Harvard Smithsonian Center mengumumkan sebuah tata surya ditemukan dengan 3 bintang. Bahkan satu bintang terlihat stabil dikelilingi oleh planet. Awalnya terlihat satu bintang, tetapi penelitian lebih lanjut ada 2 bintang biner. Dan terakhir malah ditemukan 3 bintang.

Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi

DSCOVR berada 1,6 juta km dari Bumi. Satelit tersebut posisinya lebih jauh dari posisi bulan ke Bumi. Jadi bisa mengabadikan posisi Bumi lebih luas. Satu video dari Nasa ini menarik, karena foto bulan yang diambil bukan dari sisi depan tapi di sisi belakang.

Sebuah video tentang Accelerating Universe atau pembuktian apakah benda di alam semesta terus menjauh. Bila ada benda berada di ruang hampa seperti alam semesta ini, apakah semua akan diam ditempatnya. Dijawab semakin cepat menjauh dan terus bergerak semakin menjauh.



Youtube Obengplus

Trend