Messier 15 atau M15 dan nama lain NGC 7078 adalah gugus bintang paling padat


Kategori : Science | Date : 25 June 2018
Messier 15 disingkat M15 dan nama lain NGC 7078.

Messier 15 adalah tempat dimana terbentuk kelompok gugus bintang tapi saling berdekatan dan padat, karena berkelompok bintang dalam satu tempat. Masuk kategori Globular Ckuster dengan nama lain NGC.

Letaknya berada di dalam galaksi Bima Sakti di rasi bintang Pegasus.

Jarak dari Bumi sekitar 32.620 tahun cahaya.

Kelompok bintang disana memang saling berdekatan. Dan membentang hanya dalam radius 88 tahun cahaya dengan diameter 175 tahun cahaya.

Usia gugus bintang M15 sekitar 12 miliar tahun, dan menjadi gugus bintang tertua serta terpadat yang pernah diketahui.

Dari bumi cahaya M15 akan terlihat seperti sebuah cahaya bintang yang redup. Nyatanya disana bukan satu bintang, terdapat seratus ribu bintang.

Cahaya kelompok bintang ini hanya mencapai +6,2 magnitude, walau masih dapat diamati langsung mata dengan cuaca yang baik. Cahaya kumpulan bintang ini sangat redup.

Mengapa disana begitu banyak muncul bintang. Gugus bintang atau bintang yang lahir berkelompok dengan jumlah sangat banyak. Dan tumbuh akibat gas yang terakulumasi sangat besar, dan melahirkan bintang dalam waktu bersamaan.

Tidak hanya bintang biasa seukuran matahari, peneliti juga menemukan beberapa bintang tipe bintang raksasa atau bintang variabel, serta 8 bintang pulsar. Bahkan disana juga bintang neutron kembar.



Dibagian tengah kelompok bintang ini lebih banyak bintang berwarna kuning seperti matahari kita.
Entah seperti apa bila manusia bisa tinggal disebuah planet disana. Mungkin langit menjadi lebih terang dengan kumpulan bintang yang begitu banyak.

Dibawah ini foto dari teleskop Hubble, dan gambar ke 2 lokasi M15 dapat ditelusuri mengunakan smartphone dengan aplikasi astronomi

Messier 15 atau M15 dan nama lain NGC 7078 adalah gugus bintang paling padat

Bintang K2-239 diperkirakan disana terdapat 3 planet, bahkan ketiga planet memiliki ukuran seperti Bumi. Dan besarnya tidak jauh berbeda dengan Bumi. Bintang K-240 juga ditemukan 2 planet seperti bumi dengan permukaan batuan, diperkirakan 2 planet tersebut memiliki ukuran 2x lebih besar dari Bumi.

Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.

Bintang AS 209 terletak 410 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi sebuah sistem tata surya baru yang baru lahir, diperkirakan baru berusia 1 juta tahun dalam skala kosmos. Setidaknya ada 2 protoplanet akan lahir disana.



Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos

Bintang coklat atau bintang katai coklat disebut juga bintang gagal. Artinya bintang ukuran jauh lebih kecil, dibanding bindang berwarna kuning seperti matahari, dan masih lebih kecil dibanding bintang merah. Peneliti mengatakan jangan jangan jumlahnya cukup banyak.

Dengan pembesaran alami, sebuah galaksi SGAS J111020.0+645950.8 dapat terlihat akibat lensa gravitasi. Cahaya yang ditangkap ini adalah cahaya 11 miliar tahun lalu. Galaksi tersebut terlihat baru melahirkan bintang baru.

Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.



Crab nebula, nebula Crab atau nebula kepiting adalah debu dan gas dari bintang yang telah mati. Seperti lukisan di ruang angkasa, nebula Crab dikenal dengan beberapa nama lain seperti M1, dan NGC 1952. Foto terbaru  Mei 2017 dari 5 teleskop membentuk satu gambar Nebula Kepiting.

Nasa merilis film Farthest tentang galaksi dan antariksa dari pesawat Voyager. Setelah 40 tahun diluncurkan, hari ini satu pesawat masih bekerja. Diawal pembuatan, tim insinyur Nasa  menanyakan mau pergi kemana pesawat ini. Sekarang apa yang sudah di ungkap oleh pesawat terjauh buatan manusia tersebut

Tata surya AR Scorpii atau disingkat AR Sco berada di rasi bintang konstelasi Scorpius. Satu adalah bintang katai putih atau bintang yang sudah mati tapi masih menyala. Memiliki ukuran seperti Bumi, hanya saja memiliki kepadatan 200 ribu kali massanya dari Bumi. Jadi bintang yang berada ditengah berukuran lebih kecil tapi sangat padat.


No popular articles found.