Messier 15 disingkat M15 dan nama lain NGC 7078.

Messier 15 adalah tempat dimana terbentuk kelompok gugus bintang tapi saling berdekatan dan padat, karena berkelompok bintang dalam satu tempat. Masuk kategori Globular Ckuster dengan nama lain NGC.

Letaknya berada di dalam galaksi Bima Sakti di rasi bintang Pegasus.

Jarak dari Bumi sekitar 32.620 tahun cahaya.

Kelompok bintang disana memang saling berdekatan. Dan membentang hanya dalam radius 88 tahun cahaya dengan diameter 175 tahun cahaya.

Usia gugus bintang M15 sekitar 12 miliar tahun, dan menjadi gugus bintang tertua serta terpadat yang pernah diketahui.

Dari bumi cahaya M15 akan terlihat seperti sebuah cahaya bintang yang redup. Nyatanya disana bukan satu bintang, terdapat seratus ribu bintang.

Cahaya kelompok bintang ini hanya mencapai +6,2 magnitude, walau masih dapat diamati langsung mata dengan cuaca yang baik. Cahaya kumpulan bintang ini sangat redup.

Mengapa disana begitu banyak muncul bintang. Gugus bintang atau bintang yang lahir berkelompok dengan jumlah sangat banyak. Dan tumbuh akibat gas yang terakulumasi sangat besar, dan melahirkan bintang dalam waktu bersamaan.

Tidak hanya bintang biasa seukuran matahari, peneliti juga menemukan beberapa bintang tipe bintang raksasa atau bintang variabel, serta 8 bintang pulsar. Bahkan disana juga bintang neutron kembar.



Dibagian tengah kelompok bintang ini lebih banyak bintang berwarna kuning seperti matahari kita.
Entah seperti apa bila manusia bisa tinggal disebuah planet disana. Mungkin langit menjadi lebih terang dengan kumpulan bintang yang begitu banyak.

Dibawah ini foto dari teleskop Hubble, dan gambar ke 2 lokasi M15 dapat ditelusuri mengunakan smartphone dengan aplikasi astronomi

Messier 15 atau M15 dan nama lain NGC 7078 adalah gugus bintang paling padat