Baterai smartphone meledak pemiliknya meninggal di Malaysia mengapa baterai smartphone dapat berbahaya


Kategori : Stuff | Date : 24 June 2018
Pemimpin perusahaan investasi Cradle Fund  temukan telah meninggal. Akibat terluka dari ledakan baterai smartphone ketika tertidur.

Penyebab awal dikatakan akibat dia menghirup asap dari baterai yang t erbakar.

Tetapi menurut informasi yang dirilis oleh Cradle, Hassan meninggal akibat komplikasi luka ledakan telepon gengamnya sendiri.

Tidak jelas merek dan tipe smartphone apa yang menyebabkan dirinya menjadi korban.

Dari harian Malaysian Insight mendapatkan informasi, Hasan diperkirakan memiliki 2 smartphone.

Satu model Blackberry, dan satu lagi produk Huawei. Kami belum mendapat konfirmasi model yang mana yang meledak.

Pemerintah lokal juga menyebutkan lebih lanjut penyebab kematian CEO Cradle.

Smartphone meledak pemiliknya meninggal di Malaysia mengapa baterai smartphone dapat berbahaya

Mengapa baterai smartphone dapat meledak.

Tentu kita ingat ketika kesalahan disain dari Samsung Galaxy Note 7 yang membuat perusahaan Samsung harus menarik produknya dari pasar. Karena beberapa smartphone tersebut terbakar dengan sendirinya. Akibat baterai yang di tempatkan terlalu ketat, sampai bagian baterai terjepit ke bodi smartphone lalu meledak sendiri.
Disini adalah kesalahan disain, karena ukuran baterai terlalu besar dimasukan ke dalam bodi smartphone yang kecil.



Tapi kejadian yang sering terjadi, bahan baterai lithium sebenarnya tidak 100% aman. Pelarian energi ion di dalam baterai dapat terjadi kapan saja. Hanya kejadian baterai sampai meledak adalah kejadisan sangat langka. Dan dapat terjadi kapan saja. Baik ketika di charger, dalam posisi stand-by atau ketika digunakan.

Walau semua produk baterai lithium sudah melalui pemeriksaan kualitas dan test sebelum dikemas. Dari jutaan baterai yang diproduksi, ada kemungkinan 1,2 unit atau lebih cacat atau mengalami kerusakan tidak biasanya. Dari produsen tidak dapat memeriksa kondisi tersebut, dan baru terjadi ketika baterai sudah berada ditangan penguna.

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika mengunakan smartphone.
Menghindari baterai terlalu panas, kabel charger yang tidak memadai atau berkualitas rendah, adaptor charger berkualitas rendah sampai membahayakan penguna dengan sengatan listrik dari charger,. Dan terakhir baterai smartphone sendiri yang mengalami cacat produksi walau produsen telah memeriksa sesuai standar. Hal terakhir ini yang disebut kejadian langka ketika baterai smartphone model apa saja bisa meledak.

Sebuah baterai camera pihak ketiga meledak. Ada yang salah dari produksi dan kualitas kontrol. Pengalaman fotografer Irlandia yang membeli baterai baru model baterai kompatibel Nikon EL15 dari Hahnel HLX-EL15HP dan pertama kali di charger. Tidak ada yang salah, tapi kejadian baterai gagal bekerja dapat terjadi di semua produk

Seorang pria di bandara Ataturk Istanbul Turki kesal karena dia tidak boleh membawa powerbank ke dalam pesawat. Rencananya dia akan terbang ke Inggris, tapi tertahan oleh petugas bandara.

Hoverboard  kembali ditarik dari pasar Amerika, masih ada yang tersisa di rumah. Unit yang dijual antara bulan Mei dan Juni 2016, mencapai 500 ribu unit diminta ditarik, dan diperbaiki atau pengantian komponen, dan pembeli mendapatkan pengembalian..



Baterai smartphone terbakar merupakan kejadian langka. Tidak setiap hari terjadi sebuah baterai smartphone meledak atau terbakar. Tapi frekuensi yang dilaporkan ... mungkin kita bertanya tanya, apakah aman. Jawabnya masih aman, asalkan tahu apa yang kita lakukan terhadap smartphone.

Sekitar 13% masyarakat Amerika tidur dekat dengan smartphone mereka. Bila anda memiliki kebiasaan yang sama, ada baiknya beri jarak smartphone dengan diri anda ketika tidur. Satu lagi cerita smartphone terbakar dialami David Grimsley di Atlanta.

Mengabung 2 baterai memberi power lebih besar, atau voltase lebih besar. Bila baterai yang digunakan lebih dari 2 unit atau lebih. Biasanya kita memeriksa dengan multimeter dan melihat baterai yang paling lemah. Efeknya bisa kurang berguna.

Seorang pelajar di Kennebunk Main dirawat karena luka bakar tingkat 2 minggu lalu. Karena iPhone 5C mendadak menyala alis blep kebakar di saku celananya. Dia dibawa kerumah sakit dan iPhone 5C terlihat sudah hangus tidak bisa digunakan lagi.



Hati hati dengan perangkat gadget, khususnya dengan baterai ampere besar. Sabtu lalu seorang pria berusia 55 tahun mendapatkanluka bakar tingkat 2 di paha kanannya, setelah baterai cadangan smartphonenya yang disimpan di saku celana mendadak beletup.

Baterai TrustFire 18650 ternyata ada yang dipalsu. Baterai Lithium 18650 umumnya digunakan untuk senter khusus dengan voltase lebih tinggi dari baterai biasa atau recharger NiMH.


No popular articles found.