Bintang K-239 dan bintang K2-240 ditemukan planet seperti Bumi


Kategori : Science | Date : 11 June 2018
Peneliti dari  Instituto de Astrofísica de Canarias (IAC) dan universitas Oviedo mempresentasikan temuan 2 tata surya.

Salah satu tata surya disebutkan memiliki 3 planet seukuran bumi.

Penemuan exoplanet diambil dari data K2 teleskop Kepler. Berdasarkan data yang di dapat November 2013 selama perpanjangan operasi teleskop Kepler menjadi misi K2

Bintang K2-239 adalah bintang merah berukuran kecil tipe M3V. Diukur oleh pusat observasi Gran Telescopia Canarias / GTC.

Di bintang K2-239 ditemukan 3 planet berbatu yang seukuran bumi, ketiga planet memiliki ukuran 1.1x, 1.0x dan 1.1 radius bumi.
Tetapi ketiga planet memiliki orbit 5,2 hari, 7,8 hari dan 10.1 hari sekali.
Bintang K2-239 memiliki jarak 150 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang K-239 dan bintang K2-240 ditemukan planet seperti Bumi

Bintang merah kecil lain disebut K2-240. Disana ditemukan 2 planet tapi lebih besar dari Bumi. Disebut Superearth, ukurannya 2x lebih besar dari planet Bumi.
Sayangnya planet yang ditemukan ini memiliki suhu lebih panas walau suhu bintang hanya separuh dari suhu matahari.

Bintang katai merah K-240 dengan suhu  3450-3800 derajat Kelvin, memanaskan planet lebih besar. Dan planet memiliki suhu puluhan derajat lebih tinggi dibanding suhu panas di bumi. Penyebabnya, 2 planet tersebut mengorbit terlalu dekat ke bintang. Sehingga radiasi bintang memanaskan planet jauh lebih besar.

Penemuan 5 planet batuan masih berdasarkan data awal. Nantinya akan diteliti kembali, mengunakan teleskop lebih canggih. Seperti teleskop James Webb untuk mempelajari akurasi ukuran planet dan kandungan atmofer yang ada.

Sebuah bintang MWC 758 adalah bintang muda yang baru lahir. Dan sedang membentuk tata surya, terlihat terdapat sebuah cincin dengan 2 lingkarang yang menyala. Cincin tersebut adalah calon protoplanet, setidaknya sudah tampak 2 planet baru akan hadir di orbit bintang MWC 758

Messier 15 disingkat M15 dan nama lain NGC 7078. Bila jarak matahari ke bintang Proxima Centauri mencapai 4 tahun cahaya. Bayangkan di Messier 15 dengan radius 175 tahun cahaya terdapat seratus ribu bintang. Termasuk bintang kelas Blue Giant Star. Menjadi gugus bintang paling padat yang diketahui saat ini.

Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.



Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.

KIC 11145123 atau bintang Kepler 11145123 letaknya 5000 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan oleh tim astronom Max Planck Laurent Gizon untuk penelitian universitas Gottigen Jerman.  Mereka mengukur seberapa bulat bintang tersebut.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun

Alam semesta ini unik, hal yang tidak biasa dapat terjadi. Tidak selurunya selaras, ada bintang yatim, bintang biner. Satu lagi kelompok bintang M10 atau Globular Cluster NGC 6254. Kelompok bintang ini kadang menyebrang dari bawah ke atas dan kembali turun ditengah tengah galaksi kita.



Di satu sistem tata surya VFTS 352, terdapat 2 bintang kembar yang sedang berciuman. Keduanya sudah sangat dekat dan saling menyentuh satu sama lain. Nantinya keduanya akan bersatu dan membentuk bintang tunggal yang lebih besar. Atau bisa saja menjadi lubang hitam biner.

23 April 2014 lalu satelit observasi Swift menangkap sebuah bintang kerdil mengeluarkan kilatan seperti matahari. Tapi kekuatannya amat sangat besar, mencapai 10.000 kali kekuatan cahaya matahari kita yang pernah tercatat. Ukurannya hanya sepertiga, bila tinggal disana kita memiliki hari yang buruk.


No popular articles found.