Baterai lithium meledak untuk camera Nikon merek Hahnel HLX-EL15HP


Kategori : Stuff | Date : 31 May 2018
Fotografer asal Norwegia Vidar A Boen memberikan informasi bagaiman baterai camera Nikon dari produsen pihak ke 3 meledak.

Baterai camera Hahnel HLX-EL15HP adalah model baterai kompatibel dengan baterai Nikon EL15.

Dia membeli baterai dan mengisi pertama kali pada tanggal 19 Maret 2018.

Baterai produk Hahnel adalah salah satu produsen baterai cukup ternama.

Baterai di charger dengan power adaptor USB, dan pengisian pertama dilakukan. 1 jam berlalu, tiba tiba baterai kompatibel Nikon EL-15 tersebut meledak dan muncul api.

Di ruang dekat charger tidak ada orang, dan beruntung Vidar mengetahui adanya suara dan asap.

Melihat baterai baru Hahnel HLX-EL15HP terbakar dia membawa baterai ke luar ruangan.

Vidar lalu membawa baterai ke toko pengecer lokal. Dan toko tersebut mengetahui masalah baterai Hahnel HLX-EL15HP lalu menghubungi perwakilan perusahaan Hahnel Irlandia untuk diselidiki.

Akhir Mei 2018, Vidar mendapat jawaban menarik. Ini yang harus diingat bagi penguna perangkat elektronik.

Perusahaan Hahnel mengatakan telah menyelidiki penyebab baterai meledak.
Charger tidak bermasalah dan tidak menyebabkan baterai meledak ketika di charger, tapi unit baterai yang gagal bekerja.

Kasus baterai camera meledak seperti Hahnel HLX-EL15HP dapat terjadi. Bila, baterai bermasalah / cacat produk ketika mulai dipakai atau dilakukan pengisian baterai seperti kasus Vidar.

Pabrik telah memeriksa kualitas baterai, dan kejadian seperti baterai lithium meledak di dalam internal baterai amat langka. Kerusakan baterai tidak dapat diprediksi dan tidak dapat terditeksi dari prosedur pemeriksaan kualitas kontrol pabrik.



Perusahaan Hahnel mengatakan satu cell baterai (didalamnya terdapat 2 baterai), terjadi short dan terjadi pelepasan energi. Membuat panas sampai membakar baterai sampai menghanguskan unit. Kejadian yang disebutkan langka tapi dapat terjadi pada semua tipe baterai lithium. Hal tersebut yang dijawab oleh perusahaan Hahnel.

Pihak produsen memberi pengantian satu unit charger, dan 2 unit baterai. Termasuk bantuan baterai Nikon original dari toko lokal yang menjual untuk pengantian baterai sementara.

Teknologi dan teknik baterai masih terus mengembangkan agar baterai lithium aman digunakan. Tapi tetap saja terjadi ledakan baterai, bahkan baterai lithium kapasitas besar dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat. Karena sudah terjadi beberapa kecelakaan dimana baterai meledak di dalam kabin pesawat.
Tidak hanya baterai smartphone, termasuk baterai powerbank. Bahkan sampai baterai power pesawat yang mengunakan baterai Lithium pernah terjadi.

Pesan Vidar sangat bermanfaat, jangan meninggalkan baterai di charge sendiri. Khususnya pengisian pertama kali.

Dibawah ini baterai Hahnel HLX-EL15HP yang meledak

Baterai kompatibel Baterai lithium meledak untukbaterai Nikon EL15 produk Hahnel HLX-EL15HP

Pemimpin perusahaan investasi Cradle Fund  temukan telah meninggal. Akibat terluka dari ledakan baterai smartphone ketika tertidur. Penyebab awal dikatakan akibat dia menghirup asap dari baterai. Tetapi menurut informasi yang dirilis oleh Cradle, Hassan meninggal akibat komplikasi luka ledakan

Seorang pria di bandara Ataturk Istanbul Turki kesal karena dia tidak boleh membawa powerbank ke dalam pesawat. Rencananya dia akan terbang ke Inggris, tapi tertahan oleh petugas bandara.

Hoverboard  kembali ditarik dari pasar Amerika, masih ada yang tersisa di rumah. Unit yang dijual antara bulan Mei dan Juni 2016, mencapai 500 ribu unit diminta ditarik, dan diperbaiki atau pengantian komponen, dan pembeli mendapatkan pengembalian..



Baterai smartphone terbakar merupakan kejadian langka. Tidak setiap hari terjadi sebuah baterai smartphone meledak atau terbakar. Tapi frekuensi yang dilaporkan ... mungkin kita bertanya tanya, apakah aman. Jawabnya masih aman, asalkan tahu apa yang kita lakukan terhadap smartphone.

Sekitar 13% masyarakat Amerika tidur dekat dengan smartphone mereka. Bila anda memiliki kebiasaan yang sama, ada baiknya beri jarak smartphone dengan diri anda ketika tidur. Satu lagi cerita smartphone terbakar dialami David Grimsley di Atlanta.

Bryan Myhr berbagi informasi ketika mendapatkan SDcard palsu yang dibeli dari penjual tidak resmi. Memory SDcard terjadi corrupt, dan menurutnya hal tersebut agak jangkal. Bagaimana membedakan memory SDcard asli dan palsu, hanya satu cara dengan membandingkan dengan produk asli.

Baterai smartphone Samsung Galaxy S3 meledak dan terekam oleh camera CCTV. Rekaman video ada di bank KRung Thai di Thailan. Umumnya tidak ada bukti bagaimana sebuah baterai smartphone meledak, kali ini asli terekam dari awal.



Philips di Arizona Amerika menempatkan smartphone di kantong celana. Smartphone iPhone 6 tersebut ternyata bengkok, karena tertekan bagian baterai ikut rusak. Dia mengalami luka bakar tingkat 2.

Jangan membawa baterai lithium ukuran besar ke dalam pesawat. Satu kejadian lagi baterai lithium meletup, apalagi pemiliknya tidak mendaftarkan barang yang dibawa ketika memasukan cargo di ruang tiket. Urusannya akan menyangkut hukum.

Kalau baterai smartphone meledak memang jarang terjadi, bagaimana bila baterai smartphone kembung. Khususnya baterai yang permanen seperti iPhone 3GS. Sebuah foto memperlihatkan baterai ini kembung di dalam.

Smartphone OnePlus One meledak, dan pihak OnePlus sudah meminta maaf kepada pemilik smartphone atas kegagalan baterai mereka. Baterai smartphone tersebut meletup ketika pemiliknya sedang naik kereta bawah tanah


No popular articles found.