Fotografer asal Norwegia Vidar A Boen memberikan informasi bagaiman baterai camera Nikon dari produsen pihak ke 3 meledak.

Baterai camera Hahnel HLX-EL15HP adalah model baterai kompatibel dengan baterai Nikon EL15.

Dia membeli baterai dan mengisi pertama kali pada tanggal 19 Maret 2018.

Baterai produk Hahnel adalah salah satu produsen baterai cukup ternama.

Baterai di charger dengan power adaptor USB, dan pengisian pertama dilakukan. 1 jam berlalu, tiba tiba baterai kompatibel Nikon EL-15 tersebut meledak dan muncul api.

Di ruang dekat charger tidak ada orang, dan beruntung Vidar mengetahui adanya suara dan asap.

Melihat baterai baru Hahnel HLX-EL15HP terbakar dia membawa baterai ke luar ruangan.

Vidar lalu membawa baterai ke toko pengecer lokal. Dan toko tersebut mengetahui masalah baterai Hahnel HLX-EL15HP lalu menghubungi perwakilan perusahaan Hahnel Irlandia untuk diselidiki.

Akhir Mei 2018, Vidar mendapat jawaban menarik. Ini yang harus diingat bagi penguna perangkat elektronik.

Perusahaan Hahnel mengatakan telah menyelidiki penyebab baterai meledak.
Charger tidak bermasalah dan tidak menyebabkan baterai meledak ketika di charger, tapi unit baterai yang gagal bekerja.

Kasus baterai camera meledak seperti Hahnel HLX-EL15HP dapat terjadi. Bila, baterai bermasalah / cacat produk ketika mulai dipakai atau dilakukan pengisian baterai seperti kasus Vidar.

Pabrik telah memeriksa kualitas baterai, dan kejadian seperti baterai lithium meledak di dalam internal baterai amat langka. Kerusakan baterai tidak dapat diprediksi dan tidak dapat terditeksi dari prosedur pemeriksaan kualitas kontrol pabrik.



Perusahaan Hahnel mengatakan satu cell baterai (didalamnya terdapat 2 baterai), terjadi short dan terjadi pelepasan energi. Membuat panas sampai membakar baterai sampai menghanguskan unit. Kejadian yang disebutkan langka tapi dapat terjadi pada semua tipe baterai lithium. Hal tersebut yang dijawab oleh perusahaan Hahnel.

Pihak produsen memberi pengantian satu unit charger, dan 2 unit baterai. Termasuk bantuan baterai Nikon original dari toko lokal yang menjual untuk pengantian baterai sementara.

Teknologi dan teknik baterai masih terus mengembangkan agar baterai lithium aman digunakan. Tapi tetap saja terjadi ledakan baterai, bahkan baterai lithium kapasitas besar dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat. Karena sudah terjadi beberapa kecelakaan dimana baterai meledak di dalam kabin pesawat.
Tidak hanya baterai smartphone, termasuk baterai powerbank. Bahkan sampai baterai power pesawat yang mengunakan baterai Lithium pernah terjadi.

Pesan Vidar sangat bermanfaat, jangan meninggalkan baterai di charge sendiri. Khususnya pengisian pertama kali.

Dibawah ini baterai Hahnel HLX-EL15HP yang meledak

Baterai kompatibel Baterai lithium meledak untukbaterai Nikon EL15 produk Hahnel HLX-EL15HP