Nikon Astro D850 camera sempurna berburu bintang untuk astronom


Kategori : Digital | Date : 28 May 2018
Nikon Astro D850 aslinya dari bodi Nikon D850.

Tapi yang ini dimodifikasi, sensor dipindah ke bagian depan camera. Jangan berharap camera ini untuk foto biasa. Karena dirancang untuk foto astronomi seperti mengabadikan bintang dan galaksi.

Posisi sensor camera umumnya diletakan di bagian dalam. Ketika foto astronomi membutuhkan waktu cukup lama. Mungkin dalam 20-30 detik atau lebih. Sensor akan overheating. Dampaknya akan muncul pixel yang tidak di inginkan pada gambar, seperti muncul titik merah atau ungu. Hal tersebut menganggu kualitas foto. dengan exposure dalam dunia astronomi.

Nikon Astro D850 menempatkan sebuah fan kecil, untuk mendinginkan sensor lebih stabil bekerja.

Pembuatnya memindahkan bagian sensor ke depan termasuk bagian mounting camera. Agar terdapat ruangan pendingin bagi sensor CMOS.
Mengunakan sistem pendingin pasif di bagian sensor. Fan bekerja aktif ketika camera mulai bekerja.

Karena sensor sudah berada di depan, ruang bidik gambar dihilangkan. Artinya penguna hanya mengunakan layar LCD untuk fokus objek.

Tidak sampai disana. Bagian depan camera terdapat lubang filter. Sebuah lubang kecil 2mm dapat dipasangkan filter warna yang disebut Drop In Filter Holder Flange Back Distance Astro.

Seperti gambar dibawah ini. Unit Nikon Astro D850, pada bagian tengah terdapat lingkaran untuk unit CMOS camera.

Bagian tersebut adalah pasif cooler untuk CMOS. Dan di belakangnya terdapat sebuah fan active yang akan bekerja bila mencapai suhu tertentu untuk membantu pendinginan bagian CMOS.

Nikon Astro D850 camera khusus untuk foto bintang dan galaksi dengan pendingin



Bodi camera Nikon Astro D850 yang telah dimodifikasi ditawarkan $4.950. Tidak murah, tapi sudah menarik salah satu pencinta dunia astronom dan mencobanya.
Sedangkan harga Nikon D850 biasa ditawarkan $3.200.

Maklum, hobi astrofotografi memang mahal. Dari unit camera, lensa, filter, tripod dan star tracker harus mereka miliki. Bahkan bila diperlukan unit teleskop ukuran besar, para hobi bidang ini juga membuat sendiri.

Seperti apa kita melihat pesawat ruang angkasa yang membawa suplai ke stasiun ISS. Ini bentuk peluncuran roket ketika di lihat drai ruang angkasa. Ditampilkan dalam video timelapse, ketika roket Soyuz berangkat dan keluar orbit, dan tahapan roket kembali jatuh ke bumi, sampai akhirnya terlihat hanya sebuah cahaya di ruang angkasa

Bagaimana bila kita merubah tampilan smartphone dengan camera Notch agar tampil diatas. Untuk gaya saja, biar ngak keliatan ketinggalan dengan model smartphone terbaru. Bila memiliki smartphone dengan transisi antara Fullview dan Notch, ada tip agar smartphone tampil gaya.

Dipanggil Birdman, ahli meteorologi asal Perancis menjadi pemandu burung dan pilot selama 20 tahun. Sebuah karya tentang alam, mengabadikan angsa terbang begitu dekat bagi wisatawan. Perjalanan pemandu burung harus melintas antar negara.



Proses pengabungan ke 14 galaksi tersebut sudah terjadi di masa lalu, dan astronom baru menemukan dan melihat di waktu sekarang ini. Disini sebenarnya terjadi mala petaka. Karena kejadian pengabungan tersebut dilihat dari jarak 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Dan terjadi pada waktu 1,4 miliar tahun setelah Big Bang.

Fotografer dan pembuat film  Elia Saikaly mampir ke gunung Everest. Dia membuat pemandangan dengan foto galaksi Bima Sakti disana. Sementara para pendaki tidur, dia mengabadikan pemandangan dengan camera Canon.

Low pass filter di sensor dibuat oleh pabrikan camera agar sensor dapat menangkap gambar lebih baik dan menghindari efek moire. Tetapi apakah masih dibutuhkan. Camera modern tidak membutuhkan low pass filter, karena dapat menurunkan kualitas gambar

Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.



2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.

Di tahun 2012 teleskop VLT akhirnya terdokumentasi dengan baik. Dan bintang terbesar di galaksi kita yang pernah ditemukan dan diukur adalah bintang UY Scuti.  Mengalahkan rekor ukuran bintang Betelgeuse, VY Canis Majoris dan NML Cygni, yang ukurannya juga sangat besar.

Bintang Luminous blue variables (LBV) jarang ada di galaksi kita, tapi yang ini tampak. Bahkan teleskop tidak dapat melihat ukuran bintang ini, karena cahayanya begitu terang. Salah satu bintang adalah AG AG Carinae, nasibnya tidak lama lagi dan bintang ini akan mati


No popular articles found.