Asteroid 2015 BZ509 yang ini beda bukan dari tata surya kita


Kategori : Science | Date : 21 May 2018
Asteroid 2015 BZ509 bersembunyi di dekat orbit planet Jupiter.

Batuan besar ini pertama yang diketahui bukan berasal dari tata surya kita. Dan terjebak oleh orbit planet setelah bermigrasi dari tata surya lain.

Asteroid sebelumnya disebut asteroid Oumuamua pernah menjadi berita tahun lalu, tepatanya 22 November 2017. Ketika asteroid tersebut memiliki bentuk memanjang, seperti cerutu tapi hanya lewat. Asteroid tersebut berasal dari tata surya kita, dan lewat begitu saja. Dan diperkirakan datang dari rasi bintang Lyra.

Asteroid 2015 BZ509 setelah bermigrasi dari tata surya lain, tapi tidak pergi lagi. Alias menetap di tata surya kita sendiri.

Ketika asteroid Asteroid 2015 BZ509 lewat, tertangkap oleh gravitasi matahari kita, dan mengambil orbit yang unik.

Ini yang berbeda, menurut ilmuwan setiap planet di tata surya bergerak mengelilingi matahari ke arah yang sama. Tapi asteroid Asteroid 2015 BZ509 mengorbit dengan cara lain dengan orbit retrograde. Kadang berputar di atas tata surya, lalu turun kebawah dan kembali keatas.

Bagaimana asteroid tersebut bergerak dan dapat berbagi dengan orbit planet Jupiter, hinga kini masih misteri dan tidak terjawab kata Fathi Namouni darai observasi Cote dAzur Peranfis.

Peneliti melakukan simulasi computer atas pergerakan orbit Asteroid 2015 BZ509, mengikuti orbit dari kelahiran tata surya kita. Peneliti mengatakan benda itu tidak mungkin ada ketika tata surya kita sedang terbentuk atau era primordial. Pastinya berasal dari tempat lain, tapi tertarik oleh gravitasi matahari dan planet.

Jika asteroid Asteroid 2015 BZ509 berasal dari tata surya kita. Seharusnya batuan besar tersebut akan mengikuti arah yang sama dari semua planet dan asteroid lain.

Asteroid 2015 BZ509 ditemukan oleh teleskop Pan-Starrs 1
Teleskop Pan-Starrs 1 bertugas memetakan semua benda di langit. Ditemukan pertama pada tahun 2014 oleh observasi Haleakata. Memiliki orbit 11 tahun sekali mengelilingi matahari.



Seperti gambar dibawah, posisi orbit asteroid 2015 BZ509 mengarah ke atas, sedangkan planet tata surya bergerak sebaliknya. Memiliki orbit naik turun di sekitar planet tata surya

Asteroid 2015 BZ509 yang ini beda bukan dari tata surya kita

Fosil mahluk tertua di bumi, disebut amoeba Dickinsonia. Memiliki ukuran 1,4 meter sebagai amuba purba atau fosil tertua yang pernah ditemukan. Seorang anak berusia 9 tahun membuat kagum teman sebayanya bahkan para ilmuwan. Jude Sparks menemukan fosil yang terkubur ditanah ternyata fosil berusia jutaan tahun.

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.

Nama Nebula Lagoon selain M8 atau Messier 8 disebut dengan NGC6523, membentang sampai 110 x 50 tahun cahaya. Disana terdapat bintang tipe O yang panas. Dan memancarkan cahaya ultraviolet, dari cahaya bintang memanaskan serta ionisasi kumpulan debu dan gas. Bintang bintang tersebut yang memberikan cahaya ke gas di nebula Lagoon.



Galaksi NGC 1277 memiliki ukuran 1/4 dari Bima Sakti. Yang lebih aneh lagi, inti galaksi di tengah terdapat sebuah lubang hitam supermasif.  Ini isi semuanya hanya lubang hitam, dan dapat menjadi objek penelitian dimana kelas baru tipe galaksi.

Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos

Ukuran bintang Pi1 Gruis sekitar 700x lebih besar dari matahari kita. Dan mendapatkan tipe bintang sekelas Red Giant atau raksasa merah. Cahaya bintang ini begitu terang, mencapai ribuan kali dari kekuatan cahaya matahari.

Bila mendapatkan gambar dari teleskop Alma, bentuknya tidak seperti foto teleskop optik. Karena teleskop Alma adalah teleskop radio terbesar di ketinggian 5000 meter. Alma memiliki 66 antena presisi tinggi, terbesar dengan jarak 16km



Pertama ditemukan galaksi spiral tertua di alam semesta. Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun. \Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.

Supernova disebabkan dari ledakan bintang, antara ledakan dari bintang mati. Kedua dari gaya tarik bintang mati ke bintang yang masih menyala. Terjadinya supernova SN2017cbv disebabkan dengan teori kedua, tapi ledakan bintang lebih kecil yang menganggu bintang ukuran lebih besar


No popular articles found.