Asteroid 2015 BZ509 bersembunyi di dekat orbit planet Jupiter.

Batuan besar ini pertama yang diketahui bukan berasal dari tata surya kita. Dan terjebak oleh orbit planet setelah bermigrasi dari tata surya lain.

Asteroid sebelumnya disebut asteroid Oumuamua pernah menjadi berita tahun lalu, tepatanya 22 November 2017. Ketika asteroid tersebut memiliki bentuk memanjang, seperti cerutu tapi hanya lewat. Asteroid tersebut berasal dari tata surya kita, dan lewat begitu saja. Dan diperkirakan datang dari rasi bintang Lyra.

Asteroid 2015 BZ509 setelah bermigrasi dari tata surya lain, tapi tidak pergi lagi. Alias menetap di tata surya kita sendiri.

Ketika asteroid Asteroid 2015 BZ509 lewat, tertangkap oleh gravitasi matahari kita, dan mengambil orbit yang unik.

Ini yang berbeda, menurut ilmuwan setiap planet di tata surya bergerak mengelilingi matahari ke arah yang sama. Tapi asteroid Asteroid 2015 BZ509 mengorbit dengan cara lain dengan orbit retrograde. Kadang berputar di atas tata surya, lalu turun kebawah dan kembali keatas.

Bagaimana asteroid tersebut bergerak dan dapat berbagi dengan orbit planet Jupiter, hinga kini masih misteri dan tidak terjawab kata Fathi Namouni darai observasi Cote dAzur Peranfis.

Peneliti melakukan simulasi computer atas pergerakan orbit Asteroid 2015 BZ509, mengikuti orbit dari kelahiran tata surya kita. Peneliti mengatakan benda itu tidak mungkin ada ketika tata surya kita sedang terbentuk atau era primordial. Pastinya berasal dari tempat lain, tapi tertarik oleh gravitasi matahari dan planet.

Jika asteroid Asteroid 2015 BZ509 berasal dari tata surya kita. Seharusnya batuan besar tersebut akan mengikuti arah yang sama dari semua planet dan asteroid lain.

Asteroid 2015 BZ509 ditemukan oleh teleskop Pan-Starrs 1
Teleskop Pan-Starrs 1 bertugas memetakan semua benda di langit. Ditemukan pertama pada tahun 2014 oleh observasi Haleakata. Memiliki orbit 11 tahun sekali mengelilingi matahari.



Seperti gambar dibawah, posisi orbit asteroid 2015 BZ509 mengarah ke atas, sedangkan planet tata surya bergerak sebaliknya. Memiliki orbit naik turun di sekitar planet tata surya

Asteroid 2015 BZ509 yang ini beda bukan dari tata surya kita