Fotografer Tristan Grezko mengabadikan 2 pendaki tebing di El Capitan, dimulai dari memanjat tebing dari bawah dan terus naik sampai ke puncak.

Hanya membutuhkan 2 jam, sementara pendaki amatir lain membutuhkan waktu antara 3-4 hari.

Tebing El Capitan terletak di taman Yosemite. Menjadi ajang pembuktian para pendaki di seluruh dunia. Dengan dinding granit vertikal seperti medan tak berujung.

Memiliki rute sepanjang 3000 kaki atau hampir 1000 meter tapi keatas.

Pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak dimulai tahun 1957, dengan peralatan panjat tebing jaman dahulu membutuhkan waktu 45 hari.
Tahun 1960 waktu pendakian semakin cepat hanya 7 hari.

15 tahun berlalu, pada tahun 1975, pendaki tercepat dapat mencapai puncak dalam 1 hari.

Mendaki el capitan tebing di taman Yosemite

Saat ini para pendaki dapat menghabiskan waktu antara 3-4 hari saja untuk mencapai puncak.

Berbeda dengan pendaki profesional Brad Gobright dan Jim Reynold sangat mengejutkan dunia pendakian. Mereka menyelesaikan dalam 2 jam 19 menit dan 44 detik. Pada 21 Oktober 2017 mereka mencapai puncak dengan rekor baru.

Mengalahkan rekor lama Alex Honnold dan Hans Florine pada tahun 2012 dengan waktu 2 jam 23 menit 46 detik, atau 4 menit lebih cepat.



Dari video ini dapat kita lihat bagaimana kedua pendaki tersebut menaklukan El Capitan. Mereka memanjat dengan cara unik. Seperti Spiderman.
Setelah 3 menit video, baru terlihat bagaimana kedua pendaki bekerja sama sehingga mereka dapat begitu cepat mendaki di El Capitan.

Two Nineteen Forty Four from Tristan Greszko on Vimeo.