Bintang CS Cha adalah bintang biner. Kedua bintang sedang membentuk sebuah tata surya baru yang berusia muda, tentu saja ada planet disana.

Jaraknya 600 tahun cahaya dari Bumi, terletak di rasi bintang selatan Chameleon.

Usia bintang CS Cha sekitar 2-3 juta tahun. Peneliti ingin mempelajari pembentukan bintang biner tersebut mungkin akan menjadi sebuah tata surya, dan terlihat membentuk piring debu dan embrio planet atau protoplanet.

Tim astronom yang dipimpin Christian Ginski  dari para peneliti universitas Leiden Belanda, menemukan sesuatu di pirirng tata surya CS Cha.

Peneliti mengunakan instrumen Sphere yang di pasang di teleskop VLT Chili.

Mereka melihat sebuah titik kecil di tepi gambar yang di dapat. Dan membandingkan dengan gambar yang diambil dari teleskop Hubble 19 tahun lalu serta gambar lama 11 tahun lalu dari teleskop VLT di bumi.

Bentuknya memang tidak terlalu jelas. Bintang pendamping atau kedua bintang kembar, tapi satu titik yang menarik terlihat disana

Peneliti mengatakan sebuah titik kecil tersebut mungkin sebuah bintang katai coklat atau bintang kerdil coklat. Tetapi ada kemungkinan benda tersebut adalah sebuah planet, dengan ukuran super Jupiter.

Awalnya protoplanet atau bintang kerdil tersebut tidak jelas. Mengunakan teknik filter polarisasi khusus untuk memperjelas benda dibalik debu akhirnya mulai terlihat.

Penelitian ini masih berlanjut, dengan mengunakan teleskop Alma yang lebih kuat di Chili Utara.



Peneliti memperkirakan kedua bintang kembar katai coklat tersebut memiliki jarak 30x jarak Bumi ke Matahari. Tetapi planet super Jupiter yang dilihat memiliki jarak 214x jarak matahari ke Bumi.

Dibawah ini posisi sebuah planet yang ditemukan dan disebut CS Cha Super Jupiter atau Brown star
Gambar kedua adalah posisi jarak dari 2 bintang biner, dan 1 planet / bintang ke 3 yang terlihat pada gambar sebelumnya.

Bintang CS Cha terlihat ada planet baru seukuran Super Jupiter