Panel surya menghemat listrik di Puerto Rico


Kategori : Green | Date : 4 May 2018
Ketika di pinggir kota Puerto Rico gelap karena mati lampu. Rumah Mayra NIeves Rosa tetap menyala.

Setiap kali lampu padam di pulai itu, 9 panel surya miliknya masih memberikan energi listrik. Rosa dan temannya salah satu dari banyak penduduk di Puerto Rico yang lepas dengan jaringan listrik.

Diawali seringnya badai besar seperti badai Maria, mereka tidak lagi melihat kebelakang.

Rosa mengatakan ke media Earther dalam bahasa Spanyol. Saya terus bekerja dengan notebook. Kulkas saya tetap jalan, dan panel surya memungkinkan saya melakukan aktivitas rutin walau listrik padam.

Rosa dibantu oleh saudara iparnya Manuel Rivera. Panel surya baru dipasang pada Desember 2017 lalu.
Manuel juga memiliki panel surya, tapi sudah dipasang lebih lama, sejak tahun 2013.

Rosa mengatakan tagihan listriknya turun. Dari $200 setiap bulan sekarang hanya 10 dollar. Katanya dia ingin memasang tambahan panel surya lagi.

Badai Maria melanda pulau yang ditinggali Rosa. Pemandaman jaringan listrik paling lama dialami masyarakat yang ada di atas ketinggian seperti wilayah pegunungan. Bahkan mencapai 7 bulan sebagian penduduk mengalami pemadaman listrik bergilir.
Perusahaan panel surya swasta seperti Sunrun dan Sonnen telah menyumbang banyak instalasi baru bagi energi terbarukan.
Dibantu dengan Casa Pueblo di Adjuntas, sebuah kelompok kecil yang berdedikasi ikut membantu dan memberi sumbangan ke masyarakat memiliki pembangkit surya sendiri.

Rumah Rosa dijuluki sebagai Cucubano, yang diartikan sebagai kunang-kunang. Karena semua listrik padam, hanya rumah Rosa yang masih menyala. Sampai warga disekitar bertanya, bagaimana mama Cucubano. Nama Rosa diganti dengan kunang kunang.

Biaya instalasi panel surya tidak murah. Rosa harus menghabiskan uang $3.500, biaya yang tidak murah bagi masyarakat lain. Dan perbaikan kerusakan peralatan juga mahal disana.



Panel surya menghemat listrik di Puerto Rico

Membangun pembangkit dari cahaya matahari tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk skala industri dirancang sebuah sistem untuk mengoptimalkan produksi listrik. Bila di rumah dipasang panel surya pada bagian atap dan panel berada di posisi tetap. Industri tidak demikian. Bagaimana industri merancang panel surya agar menghasilkan listrik paling optimal.

Motor listrik mampu menempuh jarak 400km lebih dengan power baterai. Yang menantang dari disain motor Ethec buatan Ethec Electric Motorcycle adalah disain bodi yang indah. Dan tampilan lampu depan futiristik. Dirakit dengan 1260 sel baterai lithium, ditempatkan di tengah tempat duduk pada bodi motor.

Vattenfall membuat turbin angin dengan 3 kipas dengan panjang 80 meter untuk satu kipas. Dengan panjang rotor mencapai 164 meter dan dibutuhkan tempat untuk pemasangan sampai ketinggian 187 meter. Satu putaran cukup untuk listrik satu rumah seharian



Ketika sampah menjadi berharga. Sebuah perusahan Korea mendaur ulang sampah elektronik. Dari baterai dapat di ekstrak menjadi bahan lithium dan kobal. Digunakan kembali menjadi baterai baru untuk industri Korea.

Pembangkit matahari dengan panel surya terbesar ada di India dan China. Mengalahkan pembangkit negara lain, India masih menduduki nomor satu untuk pembangkit di satu tempat. Setelah proyek Ningxia selesai, maka China memegang rekor pembangkit sinar matahari terbesar di dunia dan meninggalkan negara maju lain.

Avionic V1 dengan disain motor Chopper. Tapi tetap namanya sepeda dengan disain copper. Avionic V1 mengunakan warna kulit, bagian lampu dibuat dari kayu Jabota. Dari depan gayanya mirip Moge, tapi dari depan baru keliatan aslinya

Provinsi Qinghai china mengunakan 100% energi terbarukan selama 7 hari. Pembangkit listrik di Jerman dapat negatif atau pelanggan malahan dibayar bila mengunakan listrik. Denmark pada Juli 2015 juga mengalami surplus energi. Jerman 30 April 2017 mematikan pembangkit batubara.



Philips memiliki lampu LED Scene Switch, lampu yang dapat berubah kecerahannya dari 9W, 3,5W dan 1,5W. Pengunaan lampu ini lebih hemat power, dan dapat digunakan untuk beberapa keperluan. Lampu Scene Switch bukan lampu pintar seperti di kontrol dengan smartphone. Hanya mengunakan sistem manual untuk merubah kecerahan cahaya lampu

Kemacetan dijalan raya lebih banyak disebabkan oleh pengemudi monkey. Istilah ini diambil dari beberapa pengendara yang tidak tertib dan memblok kendaraan lain untuk pindah lajur kendaraan. Solusi menghindari kelambatan di jalan, setiap pengemudi dapat mengambil jarak aman agar tidak melakukan pengereman yang tidak perlu

Perusahan JLM Energy berbasis di California mengeluarkan baterai penyimpan energi listrik. Mengunakan bahan lithium iron phosphate / LiFePO4 dapat dipasang seri. Butuh kapasitas lebih besar, cukup ditambah beberapa model baterai lain dan tahan bekerja sampai 15 tahun.


No popular articles found.