Banyak produk microSD cocok untuk smartphone. Bahkan dapat digunakan untuk camera keamanan dengan internal microSD sebagai storage, atau camera Dashcam di kendaran.

MicroSD akan merekam file video nonstop 24 jam setiap hari.

Pertanyaaannya, apakah benar microSD yang kita gunakan memang tahan bekerja selama itu. Hanya beberapa model dari merek produsen microSD memang handal, tapi tidak semua produk yang ada di pasar.

Samsung Pro Endurance microSD dirancang untuk daya tahan. Kekuatannya 25x lebih lama bekerja. Target pengunaan untuk kecepatan, seperti kapasitas 128GB dapat menampung video 43 ribu jam. Setara 5 tahun jam kerja.
Serta merekam video pengawas sampai 4K dengan kecepatan write sampai 30MB/s

Semua model Samsung Pro Endurance microSD juga dirancang tahan air, suhu, magnit dan X-ray. Harga Samsung Pro Endurance microSD dibawah ini.

Samsung Pro Endurance microSD 32GB hanya $25
Samsung Pro Endurance microSD 64GB $45
Samsung Pro Endurance microSD 128GB $90.


Samsung PRO Endurance
Kapasitas 128GB 64GB 32GB
FHD Recording 43,800 jam 26,280 jam 17,520 jam
Form Factor microSDHC™ dan microSDXC™
Kecepatan Read/Write
Sequential read speeds up to 100MB/s,
Sequential write speeds up to 30MB/s
Bus Speed Mode UHS-I
Fitur 4-Proof
Waterproof (IEC 60529, IPX7), Temperature proof, X-ray proof, Magnetic proof
Garanasi
5 Year Limited Warranty 3 Year Limited Warranty 2 Year Limited Warranty
Operating Temperatures -25ºC to 85ºC




Samsung Pro Endurance miicroSD

Aturan dari produsen dengan garansi memory card.

Transcend memiliki produk microSD Transcend High Endurance. Dirancang untuk kerja 24 jam, mengunakan disain chip MLC yang dapat dipercaya dibanding TLC. Banyak memory card memberikan kecepatan tranfer lebih tinggi, seperti tipe TLC. Tetapi tidak cocok untuk bekerja 24 jam.
Info Transcend, model Transcend High Endurance 64GB 12 ribu jam chip MLC kecepatan 20MB/s

Memory card microSD juga tidak semuanya kompatibel dengan perangkat CCTV atau Dashcam. Harus dicoba untuk memastikan data dapat tersimpan.
Alternatif lain adalah Transcend 400X

Sandisk High Endurance. Dirancang khusus untuk bekerja 24 jam. Merekam selama 10.000 jam untuk model 64GB dan 5.000 jam untuk 32GB mciroSD

Kapasitas strorage lebih besar dapat memperpanjang umur storage. Karena lebih sedikit cycle ketika menyimpan data pada memory chip.

Dengan 32GB untuk merekam video CCTV atau camera di kendaraan dapat menampung rekaman selama 6000 jam dengan resolusi gambar 1080p. Memory card dapat bertahan sampai 2.197x cycle penulisan / write sebelum rusak.

Hindari pengunaan memory card dari beberapa model microSD dibawah ini.

Sandisk Ultra tidak dirancang untuk storage CCTV dan Dashcam kendaraan. Karena tidak dirancang untuk pengunaan 24 jam.
This warranty does not cover use of the Product in connection with the following uses or devices (as determined by SanDisk): (ii) video monitoring, security, and surveillance devices

Transcend Ultimate 600x dirancang hanya untuk merekam video camera atau smartphone. Memiliki aturan dengan garansi untuk pemakaiaan biasa dengan Lifetime warranty, tapi bukan untuk camera CCTV.

Samsung Pro dan Pro+ memberikan jaminan 10 tahun. Tapi ada aturan untuk storage camera pengawas. Memory tidak dirancang untuk penulisan continues.
“Samsung SD Cards and Micro SD Cards are not intended to be used for continuous recording purposes for example, in surveillance systems such as a car-black box.

Produsen mengeluarkan catatan bagi penguna, model memory card Endurance yang disarankan untuk storage camera.
Hindari pengunaan memory card tipe chip NAND TLC, karena daya tahan lebih rendah dibanding MLC. Walau kecepatan write lebih baik.

+ Samsung product