Nebula Lagoon tersembunyi bintang besar yang sangat panas


Kategori : Science | Date : 27 April 2018
Nebula Lagoon masuk dalam daftar nomor M8 di katalok peta astronomi pertama.

Nama Nebula Lagoon selain M8 atau Messier 8 disebut dengan NGC6523

Jaraknya 4.077 tahun cahaya dari Bumi. Untuk melihat benda ini dilangit memang tidak mudah. Karena memiliki cahaya sangat redup dengan tingkat 6 magnitude.

Ditemukan oleh astronom Viovanni Nodierna sebelum tahun 1654. Melihat benda ini dengan binocular, salah satu dari dua bintang dapat terlihat di bumi.

Tetapi lokasi Nebula Lagoon membentang sampai 110 x 50 tahun cahaya.

Disana terdapat bintang tipe O yang panas. Dan memancarkan cahaya ultraviolet, dari cahaya bintang memanaskan serta ionisasi kumpulan debu dan gas.

Ada apa di Nebula Lagoon ini.
Disana sebenarnya menjadi rumah dari kelompok bintang Salah satunya adalah kelompok bintang yang diberi nama NGC 6530. Tapi tidak terlihat.
Bintang bintang tersebut yang memberikan cahaya ke gas di nebula Lagoon.

Warna di nebula Lagoon terlihat memiliki beberapa warna. Merah adalah gas hidrogen, hijau adalah gas nitrogen.
Gambar kecil dengan cahaya warna biru adalah cahaya bintang.

Nebula Lagoon dalam tampilan warna gas dan debu



Foto pada bagian tengah kiri atas terlihat gambar lebih terang. Di dalam debu dan gas tersebut terdabat sebuah bintang yang disebut Herschel 36.
Memiliki terang 200.000x dari matahari, 32 kali lebih besar dari matahari, 9 kali lebih lebar, dan 8x lebih panas dari matahari.

Foto diatas diumumkan oleh Nasa untuk merayakan Hubble Telescope

Bila ada yang tertarik membuat foto galaksi Bima Sakti

Dengan mudah menemukan benda yang di zoom oleh teleskop Hubble dibawah ini


Nebula Swan atau Mesier 17. Memiliki nama seperti Nebula Omega, nebula tapal kuda, nebula lobster. Kumpalan debu dan gas besar ini berada di galaksi Bima Sakti. Jarak dari Bumi sekitar 5000-6000 tahun cahaya. Ada yang unik disana, setidaknya perilaku bintang raksasa mampu mendorong gas dan debu.

Large Magellanic Cloud adalah satelit pendamping galaksi Bima Sakti, menjadi tempat paling terang yang dapat dilihat oleh astronom. Jaraknya 160 ribu tahun cahaya. Bentuknya seperti kumpulan gas dan debu. Di dalamnya terdapat beberapa bintang langka raksasa seperti R136a

Asteroid 2015 BZ509 dipastikan bukan berasal dari tata surya. Datang dari antar bintang lain, dan menetap di tata surya. Peneliti melakukan simulasi sampai ke jaman primordial atau sampai ke pembentukan tata surya dan planet. Karena orbitnya nsik turun di sekitar planet tata surya



Nebula NGC 2438 atau nama lain Rotten Egg diabadikan teleskop Hubble. Awan kuning yang terlihat pada gambar adalah semburan materi dari sebuah bintang. Mengapa benda ini disebut Planetary Nebula

Galaksi Bima Sakti memiliki 2 satelit galaksi kecil. Disebut LMC dan SML atau Large Megallanic Cloud dan Small Megallanic Cloud. Nebula N55 menjadi bagian dari isi LMC , memiliki bentuk bercahaya dan tampak seperti Superbubble.

Nebula Bubble atau nebula gelembung. Benda ini berada 8000 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi icon Nasa dalam ulang tahun Hublle kali ini. Inti bintang disana diperkirakan 10-12kali lebih besar dari matahari kita. Dan nama bintang tersebut dikenal dengan SAO 20575.

Nebula Veil adalah bekas dari jejak bintang yang meledak. Diperkirakan sekitar 8000 tahun lalu sebuah bintang disana meledak. Ukuran bintang dari bekas nebula Veil, 20x lebih besar dari Matahari. Nebula Veil letaknya sekitar 2100 tahun cahaya dari Bumi



Nebula Trifid yang diamati teleskop Wide-Field Infrared Survey Explorer - WISE menunjungkan gelombang cahaya infrared dengan warna hijau. Memperlihatkan gas hidrogen yang dingin. Sedangkan warna cerah biru dan ungu adalah cahaya panas dari bintang muda.

Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core


No popular articles found.