Galaksi SPT2349-56 ada 14 galaksi akan saling bertabrakan


Kategori : Science | Date : 25 April 2018
Astronom mengunakan teleskop Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA). Menemukana 14 galaksi sekaligus akan bertabrakan.

Interaksi dari 14 galaksi tersebut berada di protocluster SPT2349-56.

Proses pengabungan ke 14 galaksi tersebut sudah terjadi di masa lalu, dan astronom baru menemukan dan melihat di waktu sekarang ini.

Ke 14 galaksi tersebut akan membentuk sebuah galaksi yang supermasif atau galaksi sangat besar.

Disini sebenarnya terjadi mala petaka. Karena kejadian pengabungan tersebut dilihat dari jarak 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Salah satu proses pembentukan galaksi di awal terbentuknya alam semesta. Dan terjadi pada waktu 1,4 miliar tahun setelah Big Bang.

Artinya 3 miliar tahun sebelum Bumi dan planet lain di tata surya terbentuk.

Diawal pembentukan alam semesta atau sekitar beberapa juta tahun setelah ledakan besar. Materi normal dan materi gelap mulai mengelompok, terkonsentrasi dan terus berkembang.
Dan menimbulkan gugus galaksi dari isi alam semesta.

Bentuk galaksi yang terkumpul dapat mencapai seribu galaksi dengan massa sekitar 1 juta miliar bintang. Jauh lebih kecil dibanding jumlah galaksi seukuran Bima Sakti yang saat ini diperkirakan memiliki 100 miliar bintang.

Ketika kelompok galaksi besar seperti gabungan 14 galaksi tersebut menjadi satu. Kumpulan 14 galaksi nantinya akan membuat sebuah lubang hitam supermasif. Dan dari lubang hitam akan memancarkan radiasi sinar-X yang memancarkan gas dengan suhu lebih dari 1 juta derajat.



Melihat ke 14 galaksi tersebut mulai membentuk galaksi lebih besar. Peneliti mendapatkan petunjuk proses pembentukan galaksi yang dimulai dari pengabungan 2 galaksi atau lebih. Mungkin ketika itu tidak ada mahluk hidup, setidaknya planet seperti bumi juga belum terbentuk.

Bisa dibayangkan bila 2 galaksi besar bertemu dan saling menabrak. Sedangkan 14 galaksi tersebut diperkirakan memiliki masa hanya 1/100 dari galaksi Bima Sakti. Dan semuanya saling menabrak menjadi satu galaksi raksasa baru.

Galaksi SPT2349-56 ada 14 galaksi akan saling bertabrakan

Nikon Astro D850 aslinya adalah dari bodi Nikon D850. Dirancang untuk foto astronomi, perbintangan dan galaksi. Memiliki internal pendingin dengan heatsink dan fan khusus. Bagian depan ditempatkan unit filter.  Membuat camera lebih besar dari ukuran bisa, karena sensor dipindah ke bagian depan

Peneliti mengamati galaksi NGC 4696. Galaksi dapat merubah bentuknya sendiri dari formasi bintang, khususnya dibagian tengah galaksi. Sementara galaksi lain memiliki perubahan bentuk galaksi akibat interaksi seperti bersingunggan dan bertabrakan dengan galaksi lain

Para ilmuwan telah mengambil gambar paling jauh dengan foto X-Ray. Ada sebuah tempat terlihat seperti ledakan sinar X, tetapi jauhnya mencapai 10,7 miliar tahun cahaya dari bumi. Diperkirakan sumber tersebut berasal dari sebuah galaksi.



Galaksi antennae atau 2 galaksi NGC 4038 NGC 4039 adalah sepasang galaksi yang terletak di konstelasi Corvus. Rata rata terjadinya Starburst dipicu oleh pengabungan 2 galaksi atau lebih. Akibat dua galaksi yang sedang bertabrakan, akan terbentuk kelompok bintang muda disana atau dikenal dengan globular cluster.

Kedua galaksi saling berinteraksi atau tarik menarik. Letaknya di konstelasi Canis Major. Keduanya bertabrakan tepat di tepi sisi galaksi. Karbon monoksida di galaksi IC 2163 terbentuk dari tsunami bintang dan gas akibat kedua galaksi bersinggungan

Membutuhkan waktu sekitar 1000 jam untuk menangkap seluruh kombinasi cahaya yang begitu jauh. Diperkirakan baru berusia 5 miliar tahun  setelah terjadi Big Bang. Atau jauhnya mencapai 8-9 miliar tahun dari Bumi, mengingat usia alam semesta saat ini sekitar 13,8 miliar tahun.

Matt Payne mengabadikan foto galaksi Bima Sakti dalam bentuk setengah lingkaran. Mungkin foto ini paling bersih karena bentuk cahaya bintang paling banyak.Galaksi Bima Sakti membuat foto 219 juta bintang, penemuan terbaru galaksi kita tidak rata seperti yang dibayangkan.



Galaksi NGC 7793 terlihat pada foto sangat terang walau letaknya sangat jauh. Berada 13 juta tahun cahaya dari bumi. Menjadi galaksi paling terang di grup Sculptor. Ada tapinya, menurut astronom di galaksi ini merupakan tempat keras. Lingkungan yang keras seperti apanya.

Galaksi NGC 4258 jaraknya 23 juta tahun cahaya. Disana terlihat seperti kembang api, ada lubang hitam memakan gas disana.  Galaksi 4258 disebut juga M106, memiliki bentuk spiral seperti Bima Sakti. gambar 4 teleskop untuk mendapatkan satu gambar lengkap

Nasa membuat gambar dengan 360 derajat, foto paling bersih sampai terlihat semua bintang di galaksi kita. Untuk membuat foto menakjubkan dari galaksi kita ini dibutuhkan 2 juta foto inframerah. Penemuan lain ukuran Andromeda dan Bima Sakti relatif sama

Walau teleskop Hubble sudah berumur 24 tahun, kemampuan teleskop ini masih handal untuk melihat apa benda yang terjadi di alam semesta. Salah satunya foto dibawah ini. Diambil selama 841 kali mengorbit dari bumi, dan menangkap gambar dari 10 ribu galaksi. Foto ini mengambarkan galaksi yang sangat jauh


No popular articles found.