Planet Wasp-104b planet paling gelap yang pernah ditemukan sampai 2018


Kategori : Science | Date : 24 April 2018
Planet Wasp-104b diperkirakan menjadi planet paling gelap yang pernah ditemukan.

Benar benar gelap, sampai 97-99% cahaya diserap oleh planetnya sendiri layaknya rumah kaca di dalam planet

Wasp-104b adalah planet tipe gas, seperti planet Jupiter tetapi sangat panas.
Peneliti menghitung ukuran planet tersebut sekitar 1,27x lebih besr dari Jupiter.

Planet Wasp-104b yang sangat panas ini, bahkan disebut ekstrim panas karena posisinya begitu dekat ke bintang induk.

Berada di  di rasi bintang Leo, memiliki orbit 1,75 hari saja.

Jarak planet begitu dekat dengan jarak sekitar 4 juta km dari bintang Wasp-104.
Ukuran bintang Wasp-104 adalah bintang tipe G8 atau setingkat bintang kuning kerdil. Dan berada 466 tahun cahaya dari Bumi.

Peneliti memperkirakan planet Wasp-104b memiliki atmofer dengan kabut tebal. Tapi bukan awan air dan udara serta hidrogen.
Disana diperkirakan memiliki atmofer sangat tebal, dengan kandungan atom natrium dan kalium yang menyerap cahaya.

Planet Wasp-104b masuk daftar sebagai planet paling gelap dari semua planet yang ditemukan di tahun 2018.

Planet Wasp-104b planet paling gelap yang pernah ditemukan sampai 2018



Planet besar dan panas cukup langka tapi dapat ditemukan oleh peneliti.

Tahun 2017 planet Wasp-12b juga ditemukan dan permukaan planet menyerap 94% cahaya.
Kandidat ke 2 adalah hplanet Tres-2b dan planet memantulkan cahaya kembali dari permukaan hanya 0,1%
Memiliki permukaan planet atau atmofer hidrogen.

Bila penelitian  berlanjut, mungkin Wasp 104b masuk sebagai planet lebih gelap lagi, artinya cahaya matahari dari bintang yang masuk ke dalam planet nyaris tidak dipantulkan atau kembali ke permukaan planet.

Permukaan planet Wasp-104b juga terkunci dimana satu sisi planet akan terus menghadap ke matahari

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.

Sebuah planet disebut Proxima b berada di dekat bintang katai merah atau bintang kerdil. Peneliti menyebut disana sukar untuk tinggal. Tunggu, sangat besar kemungkinan di coret karena 2 kriteria yang tidak dipenuhi. Penemuan terbaru bintang Proxima juga agresif mengeluarkan kilatan bintang, mencapai 10x kekuatan kilat matahari kita.

Sebuah tata surya dengan bintang 55 Cancri, terdapat sebuah planet yang diketahui seperti tidak berputar. Planet 55 Cancri e masuk kategori super earth, tapi orbitnya lebih parahnya dengan  satu putaran 18 jam. Data tahun 2013 ditemukan kandungan atmofer planet, tetapi tetap saja menjadi planet panas



Sebuah planet WASP-12b jaraknya 1400 tahun cahaya ke Bumi. ukuran planet WASP-12b mencapai 2x lebih besar dari planet Jupiter. Planet juga terkunci dengan gravitasi bintang, masuk rangking 1 planet terpanas

Sebuah planet ekstrasurya terlihat mengorbit di sebuah bintang katai merah, jaraknya 40 tahun cahaya dari Bumi. Mungkin planet ini menjadi tempat untuk mencari tanda tanda kehidupan diluar tata surya. Ukuran 1,4x dari Bumi, bintang disana berwarna merah.

Awal Desember 2016 peneliti melihat sebuah planet seukuran Jupiter. Tapi yang ini berbeda dengan posisi planet Jupiter kita. Planet dengan nama Hat P7b memiliki jarak 1044 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya yang bongsor, dan terlalu dekat ke bintang.

Badai dengan jutaan petir lebih kuat dari Bumi, menjelaskan mengapa sinyal planet HAT-P-11b tertangkap oleh teleskop ruang angkasa. Di tahun 2009, mengapa planet ini dapat mengeluarkan sinyal radio. Kondisi alam yang membuat sinyal planet bisa ditangkap oleh teleskop di Bumi



3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924


No popular articles found.