Turbin angin Vattenfall 8,4MW


Kategori : Green | Date : 23 April 2018
Ukuran turbin angin semakin besar. April 2018 satu lagi turbin angin baru dipasang di teluk Aberdeen Skotlandia.

Menjadi satu dari 11 turbing angin yang akan di pasang perusahaan European Offshore Wind Deployment Centre. Perusahaan tersebut adalah pemilik pembangkit turbin angin terbesar.

11 turbin angin dibuat perusahaan Swedia Vattenfall, dan di danai oleh EU. Biaya pembangunan mencapai 300 juta pound.

Setelah jadi dapat menghasilkan lebih dari 70% kebutuhan listrik bagi rumah di Aberdeen.

Mengapa turbin angin tersebut begitu besar. Mampu menghasilkan daya listrik 8,4MW. Cukup satu putaran baling sudah menyalakan satu rumah seharian.

Untuk skala, turbin angin buatan Vattenfall memiliki tinggi 191 meter.

Rata rata pembangkit turbin angin terbesar tahun lalu dibuat perusahan GE dengan kekuatan 5MW. GE juga mengembangkan turbin angin lebih besar sampai 12MW. Tetapi masih tahap pengembangan.

Kemampuan turbin angin dibutuhkan baling yang besar. Untuk mendapatkan dorongan dari angin dan putaran yang cukup cepat, termasuk ketinggian.

Vattenfall membuat turbin angin dengan 3 kipas dengan panjang 80 meter untuk satu kipas. Dengan panjang rotor mencapai 164 meter dan dibutuhkan tempat untuk pemasangan sampai ketinggian 187 meter.

Kipas baling Vattenfall bukan yang terbesar. Perusahaan HaliadeX untuk GE membuat baling dengan panjang rotor 220 meter dan perlu di pasang pada ketinggian 260 meter.



Perusahaan Vattenfall mengunakan teknik menyedot untuk membangun pondasi turbin. Teknik tersebut lebih murah dibanding mengunakan teknik pondasi baja yang ditanam dibawah laut.
Dibutuhkan sebuah derek raksasa yang disebut derek Asian Hercules III dengan kekuatan angkat 5000 ton.

Selain sebagai pembangkit listrik, turbin angin memiliki sensor pemantau cuaca, dan kinerja turbin.

Tahun 2017 merupakan tahun pertama ketika negara Inggris memiliki sumber energi terbarukan lebih banyak digunakan, dibanding pembangkit nuklir, gas dan batubara. Sekitar 25% energi dapat dihasilkan dari angin saja.

Dibawah ini disain turbin angin raksasa buatan Vattenfall

Turbin angin Vattenfall satu putaran untuk listrik rumah seharian

Membangun pembangkit dari cahaya matahari tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk skala industri dirancang sebuah sistem untuk mengoptimalkan produksi listrik. Bila di rumah dipasang panel surya pada bagian atap dan panel berada di posisi tetap. Industri tidak demikian. Bagaimana industri merancang panel surya agar menghasilkan listrik paling optimal.

Honda Motor Co dan Panasonic mengumumkan rencana penelitian berbagi baterai sepeda listrik di Indonesia. Indonesia menjadi negara nomor tiga penguna motor bensin buatan Jepang. Setelah India nomor 2 dan nomor 1 China. Penelitian kedua perusahaan nantinya menyediakan jalur fasilitas stasiun pengisian baterai. Setidaknya di beberapa puluh tempat.

Ketika listrik padam, rumah Rosa tetap menyala. Bahkan dijuluki sebagai rumah kunang kunang karena dirumahnya saja yang masih bersinar. Sering mengalami pemadaman listrik, Rosa akhirnya memasang instalasi panel surya. Biaya listrik perbulan turun, bahkan hanya membayar 5% dari biasanya.



Mungkin kita bertanya mengapa turbin angin dibuat dengan 3 baling, mengapa tidak 4 atau 8 baling agar mendapat daya dorong lebih kuat. Alasannya sederhana, produsen membuat dengan beberapa pertimbangan dan memiliki mengunakan 3 baling.

Ini dia magnit terbesar untuk turbin angin. Mampu menghasilkan listrik kekuatan 6MB dengan satu turbin saja. Dirancang oleh GE, menjadi magnit terbesar yang pernah dibuat sampai tahun 2016.

Terdengar menarik, menara Eiffel di Paris dipasang turbin angin. Turbin angin berbentuk baling spiral atau Helix dipasang 2 unit. Satu turbin angin menghasilkan energi listrik 10.000kWh pertahun , 2 unit turbin angin bila dipasang di ketinggian 120 meter.

Profesor teknik Ting Tan membuat ide menarik membuat turbin angin dari baling baling bambu. Penemu dari universitas Vermont mengatakan, mengunakan turbin angin dari bahan fiber sama saja seperti bahan alami dari bambu karena memiliki serat yang sama.



Progres pembangunan energi terbarukan di negara maju terus bertambah. Salah satunya Tiongkok yang terus mengenjot pembangunan turbin pembangkit listrik, dibelakangnya adalah Jerman lebih banyak mengunakan solar cell. Seberapa besar hasil power


No popular articles found.