Galaksi NGC 6240


Kategori : Science | Date : 20 April 2018
Galaksi NGC 6240 disebut sebagai galaksi kupu-kupu.

Umum bila galaksi akan membentuk seperti spiral atau elips. Dengan bentuk lain seperti gelembung di bagian tengah.

Yang ini berantakan, seperti adanya sayap.

Mengapa galaksi NGC 6240 tidak berbentuk lingkaran.

Dalam dunia astronom ada saja benda yang unik. Dan salah satunya galaksi NGC 6240, karena disana terdapat 2 lubang hitam supermasif atau supermasive black hole

Kedua lubang hitam sebagai inti galaksi saling berputar satu sama lain. Menyebabkan kekuatan angin kosmik dari kedua benda raksasa tersebut menerpa isi galaksi.

Pancaran gas yang terdorong mencapai 30 ribu tahun cahaya ke luar sehingga membentuk seperti kupu-kupu.

Gas di dalam galaksi yang ikut tergeser mencapai 100kali massa matahari setiap tahun. Jumlah yang amat sangat besar dibanding sebuah galaksi yang seharusnya melahirkan bintang baru di sisi bagian dalam.

Ketika kedua galaksi bergabung, kedua lubang hitam memicu lahirnya bintang baru lebih cepat.
Dampaknya intensitas lahirnya bintang baru setelah proses pengabungan seperti sekarang.

Tetapi nanti akan berdampak kurang baik. Setelah proses kedua lubang hitam bergabung, maka lahirnya bintang akan surut di galaksi NGC 6240, atau proses lahirnya bintang baru semakin melambat.



Bentuk galaksi kupu kupu seperti gambar visual dibawah ini. Gambar kedua yang memperlihatkan gerakan debu dan gas akibat dorongan angin kosmik dari dua lubang hitam.

Galaksi NGC 6240 galaksi kupu kupu yang nanti sepi bintang

Secara umum bentuk galaksi dibagi dua, galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips yang terlihat bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan yang menandakan di galaksi tersebut lebih memunculkan cahaya bintang yang baru lahir.Mengapa lengan galaksi spiral lebih runcing.

Peneliti mengamati galaksi NGC 4696. Galaksi dapat merubah bentuknya sendiri dari formasi bintang, khususnya dibagian tengah galaksi. Sementara galaksi lain memiliki perubahan bentuk galaksi akibat interaksi seperti bersingunggan dan bertabrakan dengan galaksi lain

2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.



Dengan pembesaran alami, sebuah galaksi SGAS J111020.0+645950.8 dapat terlihat akibat lensa gravitasi. Cahaya yang ditangkap ini adalah cahaya 11 miliar tahun lalu. Galaksi tersebut terlihat baru melahirkan bintang baru.

Sebuah galaksi besar hanya tampak setelah 1,7 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta atau Big Bang. Tapi galaksi tersebut mati setelah lahir. Galaksi ZF-COSMOS-20115 adalah penemuan langka, kata peneliti Karl Glazebrook dari universitas Swinburne Australia.

Galaksi antennae atau 2 galaksi NGC 4038 NGC 4039 adalah sepasang galaksi yang terletak di konstelasi Corvus. Rata rata terjadinya Starburst dipicu oleh pengabungan 2 galaksi atau lebih. Akibat dua galaksi yang sedang bertabrakan, akan terbentuk kelompok bintang muda disana atau dikenal dengan globular cluster.

Membutuhkan waktu sekitar 1000 jam untuk menangkap seluruh kombinasi cahaya yang begitu jauh. Diperkirakan baru berusia 5 miliar tahun  setelah terjadi Big Bang. Atau jauhnya mencapai 8-9 miliar tahun dari Bumi, mengingat usia alam semesta saat ini sekitar 13,8 miliar tahun.


No popular articles found.