Galaksi NGC 1316 terbentuk dari banyak galaksi


Kategori : Science | Date : 18 April 2018
Cluster galaksi Fornax adalah salah satu cluster dari kelompok galaksi dan terkaya di dekat Bima sakti.

Gambar dari teleskop VLT milik observasi Paranal ESO di Chili mengungkap beberapa misteri tersembunyi.

Salah satu gugus galaksi disana yang menarik adalah NGC 1316 dan berdekatan dengan galaksi NGC 1317 yang lebih kecil, dimana keduanya hanya terpisah dengan jarak 100 ribu tahun cahaya. Mungkin saja keduanya sedang tarik menarik. Apa yang membuat istimewa disana.

Galaksi NGC 1316 terbentuk dari pengabungan galaksi kecil. Sekarang galaksi ini terlihat memiliki gelombang dan loop besar dibagian tengah galaksi.

Pertama kali ditemukan tahun 1070, dan masih menjadi hal yang menarik untuk diamati sampai hari ini.

Galaksi NGC 1316 terbentuk dari banyak galaksi

Dari foto teleskop ruang angkasa Hubble memperlihat ditengah galaksi terdapat bercak lebih gelap.

Bagian tersebut adalah jalur debu yang tidak biasa dengan jumlah sangat besar. Dan gas terlihat berputar lebih cepat daripada bintang yang ada di dalam galaksi. Bagian tersebut yang disebut Loop atau gelombang di dalam galaksi.

Galaksi NGC 1316 zoom

Ketika galaksi NGC 1316 terbentuk, menghasilkan aliran gas dan memicu lubang hitam supermasif berada ditengah galaksi.



Ketika ukuran lubang hitam semakin besar, dan mulai memancarkan jet partikel energi tinggi. Dengan pengamatan gelombang radio, jet dari inti lubang hitam disana menjadi sumber gelombang radio paling kuat ke 4 di ruang angkasa dengan frekuensi 1,4Ghz

Astronom mengatakan galaksi NGC 1316 dahulu pernah bergabung dengan galaksi lain yang membentuk sekarang ini. Setidaknya sekitar 3 miliar tahun lalu. Lubang hitam disana membesar dengan ukuran 130-150 juta massa matahari.

Debu dan gas yang terlihat gelap diyakini adalah debu atau gas dari sisa bintang dan berasal akibat tabrakan dengan galaksi lain sampai galaksi bergabung menjadi satu. Dari bentuk debu dan gas sisa bintang tersebut, peneliti mengatakan kemungkinan galaksi yang ditelan sebelumnya berbentuk spiral.

Dari pengamatan terdapat 4 cahaya tipe Ia supernova SN 2006dd, SN 2006mr, SN 1980N dan SN 1981D di sekitar NGC 1316. Karena tipe supernova Ai dapat digunakan untuk mengukur jarak sebuah galaksi dengan intensitas cahaya lebih kuat. Cahaya dihasilakn dari ledakan kuat dari bintang katai putih
Diperkirakan jarak NGC 1316 berada 60 juta tahun cahaya dari Bumi diperkirakan memiliki ukuran antara 60 ribu tahun cahaya.


Messier 15 disingkat M15 dan nama lain NGC 7078. Bila jarak matahari ke bintang Proxima Centauri mencapai 4 tahun cahaya. Bayangkan di Messier 15 dengan radius 175 tahun cahaya terdapat seratus ribu bintang. Termasuk bintang kelas Blue Giant Star. Menjadi gugus bintang paling padat yang diketahui saat ini.

Secara umum bentuk galaksi dibagi dua, galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips yang terlihat bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan yang menandakan di galaksi tersebut lebih memunculkan cahaya bintang yang baru lahir.Mengapa lengan galaksi spiral lebih runcing.

Nebula Butterly atau nebula kupu-kupu, adalah benda di ruang angkasa yang berbentuk seperti sayap kupu kupu. Bentuknya sangat sempurna, dan cahaya tersebut berasal dari sebuah bintang yang mati. Membentuk seperti sayap, yang sebenarnya adalah gas yang dilontarkan akibat bintang ketika menjelang kematian dan meledak



Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole

Sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b. Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang

Teori relativitas umum dari Einstein kembali terbukti. Yang ini bisa disebut sangat langkah, karena ditemukan tidak kebetulan. Sebuha benda yang sangat jauh dengan jarak miliaran tahun cahaya bisa tampak, bahkan yang ini disebut cincin Canarias Einstein memiliki cahaya sempurna.

Video posisi Lubang Hitam di galaksi Bima Sakti. Teleksop Hubble membuat foto terbaru dari inti galaksi Bima Sakti. Mengungkap disana terdapat sekelompok bintang setidaknya mencapai setengah juta bintang. Dimana inti galaksi terdapat Black Hole raksasa yang tidak terlihat. Ini hanya bagian depan saja.



Bintang biner ini lari begitu cepat di sekitar galaksi kita. Disebut bintang PB3877, bukan satu bintang tetapi dua bintang kembar, dan lari dengan kecepatan sendiri di sekitar galaksi kita. Disebut sebagai Hyper-velocity star atau bintang hipe

Ruang angkasa adalah ruang vakum. Bila udara dalam kantong di buka, maka akan tersedot ke ruang angkasa. Apakah ruang angkasa memiliki bau, lalu seperti apa. Astronot sering merasakan bau aneh, seperti metal atau daging terbakar.

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Peneliti dari Australia menemukan sebuah batu meteor yang jatuh di Australia. Diperkirakan usia batu tersebut berusia 4,5 miliar tahun. Sebuah meteor jatuh ke Bumi pada 27 November 2015. Bahkan usia batu tersebut jauh lebih tua dibanding munculnya kehidupan di Bumi.


No popular articles found.