Cluster galaksi Fornax adalah salah satu cluster dari kelompok galaksi dan terkaya di dekat Bima sakti.

Gambar dari teleskop VLT milik observasi Paranal ESO di Chili mengungkap beberapa misteri tersembunyi.

Salah satu gugus galaksi disana yang menarik adalah NGC 1316 dan berdekatan dengan galaksi NGC 1317 yang lebih kecil, dimana keduanya hanya terpisah dengan jarak 100 ribu tahun cahaya. Mungkin saja keduanya sedang tarik menarik. Apa yang membuat istimewa disana.

Galaksi NGC 1316 terbentuk dari pengabungan galaksi kecil. Sekarang galaksi ini terlihat memiliki gelombang dan loop besar dibagian tengah galaksi.

Pertama kali ditemukan tahun 1070, dan masih menjadi hal yang menarik untuk diamati sampai hari ini.

Galaksi NGC 1316 terbentuk dari banyak galaksi

Dari foto teleskop ruang angkasa Hubble memperlihat ditengah galaksi terdapat bercak lebih gelap.

Bagian tersebut adalah jalur debu yang tidak biasa dengan jumlah sangat besar. Dan gas terlihat berputar lebih cepat daripada bintang yang ada di dalam galaksi. Bagian tersebut yang disebut Loop atau gelombang di dalam galaksi.

Galaksi NGC 1316 zoom

Ketika galaksi NGC 1316 terbentuk, menghasilkan aliran gas dan memicu lubang hitam supermasif berada ditengah galaksi.



Ketika ukuran lubang hitam semakin besar, dan mulai memancarkan jet partikel energi tinggi. Dengan pengamatan gelombang radio, jet dari inti lubang hitam disana menjadi sumber gelombang radio paling kuat ke 4 di ruang angkasa dengan frekuensi 1,4Ghz

Astronom mengatakan galaksi NGC 1316 dahulu pernah bergabung dengan galaksi lain yang membentuk sekarang ini. Setidaknya sekitar 3 miliar tahun lalu. Lubang hitam disana membesar dengan ukuran 130-150 juta massa matahari.

Debu dan gas yang terlihat gelap diyakini adalah debu atau gas dari sisa bintang dan berasal akibat tabrakan dengan galaksi lain sampai galaksi bergabung menjadi satu. Dari bentuk debu dan gas sisa bintang tersebut, peneliti mengatakan kemungkinan galaksi yang ditelan sebelumnya berbentuk spiral.

Dari pengamatan terdapat 4 cahaya tipe Ia supernova SN 2006dd, SN 2006mr, SN 1980N dan SN 1981D di sekitar NGC 1316. Karena tipe supernova Ai dapat digunakan untuk mengukur jarak sebuah galaksi dengan intensitas cahaya lebih kuat. Cahaya dihasilakn dari ledakan kuat dari bintang katai putih
Diperkirakan jarak NGC 1316 berada 60 juta tahun cahaya dari Bumi diperkirakan memiliki ukuran antara 60 ribu tahun cahaya.