Photoshop sudah dikenal dengan foto editing.

Mereka yang bisa mengunakan software ini, atau sudah dengan belajar photoshop. Setidaknya mengetahui fungsi layer.

Dimana membuat lapisan gambar dalam proses editing.

Apakaha hanya foto atau gambar saja yang dapat di edit dengan Photoshop. Tidak juga, Photoshop dapat digunakan edit video.

Ini bukan foto yang dibuat untuk efek Cinema tapi video dari film yang kita buat.

Photoshop CC salah satu versi terbaru dan lebih tinggi, telah memiliki mode editing untuk file video.

Proses editing dengan Photoshop untuk editing video tidak secanggih software editing profesional. Seperti Adobe Premire, Magix Vegas atau Corel Video.


Tetapi fungsi dasarnya dapat diberikan.

Dengan Photoshop kita dapat mengedit video.
Memotong bagian video (Trim), serta Transisi video jauh lebih mudah. Bahkan software Photoshop bekerja sangat ringan dibanding software editing video.

Kelebihan dari editing untuk video, memiliki fitur lebih baik. Seperti mengedit foto tapi yang dilakukan pada file video.

Salah satunya untuk edit video seperti tampilan Film. Dasarnya video Film memang dibuat komplek dengan sistem warna LUT.
Tapi siapa yang mementingkan teknologi yang rumit. Bagi yang melihat adalah perbedaa warna yang ditampilkan, dan penonton tidak perlu mengetahui bagaimana rumitnya proses pewarnaan sebuah video dibuat. Tampilan video yang menarik seperti video cinema memberikan efek bagi penonton.

Dengan Photoshop kita dapat menambahkan warna sederhana di bagian lapaisan depan dari video. Seperti memberikan filter warna, dan di photoshop disebut Color Layer.

Kita dapat membuat efek warna lebih sejuk dari video asli, lebih cerah, lebih biru atau lebih gelap seperti efek film thiller atau lebih kuning / kecoklatan yang memberi efek semangat bagi penonton.

Warna dalam sebuah gambar memang dimanfaatkan sebagai warna psikologi atau Color Plank bagi yang melihat. Mewakili gambar dengan sifat cerita, agresif, panik. Beberapa film juga mengabungkan efek warna berbeda beda dari tiap adegan. Disini kita dapat memanfaatkan warna untuk video kita sendiri, walau masih gaya kecil kecilan.

Tampilan Video dengan Film Look mengunakan Photoshop

Untuk membuat video editing dengan Photoshop. Kita cukup memasukan file video di tampilan aplikasi Photoshop CC.

Layar menu akan berbeda setelah sebuah file video tampil di layar Photoshop. Pada bagian bawah akan tampak Timeline seperti track editing video.

Import edit Video di Photoshop

Selesai memotong film, memasukan transisi.
Proses akhir adalah memberikan warna dari video yang kita inginkan.


Dengan menambah sebuah layer dibagian atas dari seluruh video. Dan mengunakan opsi Difference, gambar semua video seperti berada di belakang filter warna.

Bahkan dengan mudah kita dapat mengatur seberapa besar warna yang akan diberikan. Apakah cukup sedikit kebiruan, atau lebih gelap.
Tidak sampai disana. editing dengan Photoshop dapat di edit dengan Brightness, Curve, dan filter lainnya.

Menambah warna pada video dengan Photoshop

Dibawah ini tampilan layer ketika diberi warna untuk videoseperti Cinema atau Film Look

Proses akhir memberi warna

Dibawah ini cara membuat efek film Cinema atau Film Look dengan Photoshop. Tidak sesulit yang dibayangkan.



Walau Photoshop memiliki kemampuan untuk edit video. Fitur software ini dibuat terbatas dan bukan untuk menandingi software editing video yang jauh lebih lengkap.

Proses akhir setelah memberi warna. Kita harus mengcrop video dengan ukuran lebih kecil dari 16:9 seperti video Full HD atau HD video. Di layar Cinema, tampilan gambar memiliki rasio 7:3 / 21:9 atau 18:9 (ultra wide) atau lebih lebar.

Editing video dengan Photoshop lebih baik digunakan untuk mastering. Atau kita membuat sebuah video untuk master aslinya.
Proses akhir tetap memanfaatkan editing dari video editor yang memiliki kemampuan lebih baik

Tip lain

Tip Belajar edit efek foto Cinema Colorist Grading

Tip Frame rate video dari camera

Tip Edit video langsung di Lightroom

Tip Warna dasar dan efek kekuatan warna dalam video

Tip Edit video dengan Sony Vegas untuk pemula