Belajar Edit Video Film Look seperti Cinema dengan Photoshop


Kategori : Digital | Date : 16 April 2018
Edit video Cinema dengan Photoshop cukup memanfaatkan Layer Effect
Photoshop sudah dikenal dengan foto editing.

Mereka yang bisa mengunakan software ini, atau sudah dengan belajar photoshop. Setidaknya mengetahui fungsi layer.

Dimana membuat lapisan gambar dalam proses editing.

Apakaha hanya foto atau gambar saja yang dapat di edit dengan Photoshop. Tidak juga, Photoshop dapat digunakan edit video.

Ini bukan foto yang dibuat untuk efek Cinema tapi video dari film yang kita buat.

Photoshop CC salah satu versi terbaru dan lebih tinggi, telah memiliki mode editing untuk file video.

Proses editing dengan Photoshop untuk editing video tidak secanggih software editing profesional. Seperti Adobe Premire, Magix Vegas atau Corel Video.

Tetapi fungsi dasarnya dapat diberikan.

Dengan Photoshop kita dapat mengedit video.
Memotong bagian video (Trim), serta Transisi video jauh lebih mudah. Bahkan software Photoshop bekerja sangat ringan dibanding software editing video.

Kelebihan dari editing untuk video, memiliki fitur lebih baik. Seperti mengedit foto tapi yang dilakukan pada file video.



Salah satunya untuk edit video seperti tampilan Film. Dasarnya video Film memang dibuat komplek dengan sistem warna LUT.
Tapi siapa yang mementingkan teknologi yang rumit. Bagi yang melihat adalah perbedaa warna yang ditampilkan, dan penonton tidak perlu mengetahui bagaimana rumitnya proses pewarnaan sebuah video dibuat. Tampilan video yang menarik seperti video cinema memberikan efek bagi penonton.

Dengan Photoshop kita dapat menambahkan warna sederhana di bagian lapaisan depan dari video. Seperti memberikan filter warna, dan di photoshop disebut Color Layer.

Kita dapat membuat efek warna lebih sejuk dari video asli, lebih cerah, lebih biru atau lebih gelap seperti efek film thiller atau lebih kuning / kecoklatan yang memberi efek semangat bagi penonton.

Warna dalam sebuah gambar memang dimanfaatkan sebagai warna psikologi atau Color Plank bagi yang melihat. Mewakili gambar dengan sifat cerita, agresif, panik. Beberapa film juga mengabungkan efek warna berbeda beda dari tiap adegan. Disini kita dapat memanfaatkan warna untuk video kita sendiri, walau masih gaya kecil kecilan.

Tampilan Video dengan Film Look mengunakan Photoshop

Untuk membuat video editing dengan Photoshop. Kita cukup memasukan file video di tampilan aplikasi Photoshop CC.

Layar menu akan berbeda setelah sebuah file video tampil di layar Photoshop. Pada bagian bawah akan tampak Timeline seperti track editing video.

Import edit Video di Photoshop

Selesai memotong film, memasukan transisi.
Proses akhir adalah memberikan warna dari video yang kita inginkan.

Dengan menambah sebuah layer dibagian atas dari seluruh video. Dan mengunakan opsi Difference, gambar semua video seperti berada di belakang filter warna.

Bahkan dengan mudah kita dapat mengatur seberapa besar warna yang akan diberikan. Apakah cukup sedikit kebiruan, atau lebih gelap.
Tidak sampai disana. editing dengan Photoshop dapat di edit dengan Brightness, Curve, dan filter lainnya.

Menambah warna pada video dengan Photoshop

Dibawah ini tampilan layer ketika diberi warna untuk videoseperti Cinema atau Film Look

Proses akhir memberi warna

Dibawah ini cara membuat efek film Cinema atau Film Look dengan Photoshop. Tidak sesulit yang dibayangkan.



Walau Photoshop memiliki kemampuan untuk edit video. Fitur software ini dibuat terbatas dan bukan untuk menandingi software editing video yang jauh lebih lengkap.

Proses akhir setelah memberi warna. Kita harus mengcrop video dengan ukuran lebih kecil dari 16:9 seperti video Full HD atau HD video. Di layar Cinema, tampilan gambar memiliki rasio 7:3 / 21:9 atau 18:9 (ultra wide) atau lebih lebar.



Editing video dengan Photoshop lebih baik digunakan untuk mastering. Atau kita membuat sebuah video untuk master aslinya.
Proses akhir tetap memanfaatkan editing dari video editor yang memiliki kemampuan lebih baik

Tip lain

Tip Belajar edit efek foto Cinema Colorist Grading

Tip Frame rate video dari camera

Tip Edit video langsung di Lightroom

Tip Warna dasar dan efek kekuatan warna dalam video

Tip Edit video dengan Sony Vegas untuk pemula

Layanan perbaikan VGA Motherboard Network sudah ada. Memperbaiki masalah umum di negara tropis, dimana chip bekerja terlalu panas, sistem pendingin tidak memadai, sampai beban kinerja chip / GPU yang merusak perangkat. Kerusakan notebook, Xbox, computer, dan VGA terkait dengan chip. Perbaikan bisa di reball atau reflow agar chip kembali tersolder seperti semula. Mengapa layanan perbaikan VGA, motherboard dan perangkat network diperlukan.

Bagaimana bila kita merubah tampilan smartphone dengan camera Notch agar tampil diatas. Untuk gaya saja, biar ngak keliatan ketinggalan dengan model smartphone terbaru. Bila memiliki smartphone dengan transisi antara Fullview dan Notch, ada tip agar smartphone tampil gaya.

Gunung di kepulauan Canary, tepatnya di gunung Teide. Menjadi tempat fotografer ini mengabadikan bulan jatuh. Posisi si fotografer mencari lokasi yang tepat. Dimana beberapa orang sedang berada di sebuah puncak gunung. Ketika bulan purnama pada 30 Mei, fotografer Daniel Lopez mengabadikan posisi bulan purnam.



Nanti dapat merubah foto hitam putih menjadi berwarna. Software Google open foto RAW. Seperti camera kelas DSLR untuk di edit terlebih dahulu agar lebih bagus dibanding JPG. Aplikasi Android RAW Photo juga tersedia, dapat melihat / preview foto RAW dan edit sederhana.

Bagaimana merubah foto lama klise film negatif menjadi file foto digital. Mungkin ada yang tertarik menyimpan foto lama dari film negatif. Dengan mudah dapat dirubah menjadi foto positif mengunakan software. Dengan memanfaatkan camera, memindahkan foto negatif ke software dan dirubah menjadi foto positif yang dapat kita lihat.

Seorang fotografer hanya belajar dalam 2 tahun. Memperlihatkan perbedaan foto amatir dan foto profesional. Philips membandingkan dua gambar ditempat sama dari karyanya sendiri, dan  foto setelah 2 tahun belajar. Tekniknya pencahayaan dan perpektif gambar hal penting dalam fotografi

Komposisi foto dapat dibuat dengan berbagai cara. Beberapa komposisi diceritakan oleh fotografer, agar posisi gambar yang dibuat lebih tepat. Foto memiliki beberapa elemen untuk diabadikan. Ketika mengikuti beberapa teknik ini, diharapkan foto yang kita buat lebih menarik



Edit foto seperti film atau cinematic. Dapat dibuat mengunakan software Lightroom. Foto seperti dalam frame film, lebih biru dan gelap, tapi tetap fokus dibagian objek foto. Belajar edit foto Cinematic dibuat oleh Photos in Color

Foto landscape atau pemandangan dengan bidang lebar. Mungkin ada yang frustasi karena gambarnya kurang tajam, karena setting camera untuk Landscape berbeda dibanding setting fot lain. Ada teknik untuk belajar foto Landscape yang disebut Sunny f16.

Pelajaran lengkap tekink membuat film dengan camera DSLR seperti tampilan efek cinema atau film bioskop. Dapat dipelajari bagaimana setting camera, mengambil video yang benar, dan software post production untuk merubah warna dan efek mood dari warna video. Teknik ini dibuat lengkap sampai output video mengunakan 2.35:1 atau ultra widescreen

Bagaimana membuat sebuah foto di gabung dengan gambar latar belakang berbeda. Misal seseorang duduk di tengah hutan, dan dipenuhi dengan binatang. Mengunakan photoshop bisa dilakukan dan di awali dengan pengambilan gambar si objek yang akan di edit.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Tip dari Fenchel dan Janisch, mengunakan DSLR untuk video film malam hari. Kelemahan camera dan camcorder sama saja, bila keduanya disetting otomatis. Keuntungan dengan DSLR, setting camera dapat diatur manual.



Kemudahan pengunaan DSLR sebagai video camera lebih banyak menguntungkan. Seperti setting aperture, menganti lensa dan mengatur ISO untuk pencahayaan dapat memperbaiki kualitas video.


No popular articles found.