Pesawat Boeing KC-46 Pegasus tanker udara kabarnya Indonesia tertarik


Kategori : Stuff | Date : 7 April 2018
Boeing KC-46 Pegasus adalah pesawat tanker udara.

Tipe pessawat dikembangkan oleh Boeing dari disain jet Boeing 767.

Disain pesawat Boeing KC-46 Pegasus dipilih pada tahun 2011 oleh angkatan udara Amerika USAF. Untuk penganti tanker KC-135 Stratotanker.

Pertama terbang 2015, dan resmi disiapkan tahun 2018. Harga sebuah pesawat sekitar 147 juta dollar.

Mengunakan 2 mesin Pratt & Whitney PW4062, dengan kcepatan terbang 915 km perjam (maksimum), dan konstan 851km perjam.
Seperti pesawat jet komersil terbang di ketinggian 12km di atas permukaan laut.

Belum banyak negara yang memiliki pesawat tanker udara untuk pengisian bahan bakar ke pesawat . Dan Amerika Serikat memiliki armada tangker udara terbesar.

Korea Selatan dikabarkan telah  memiliki 4 tanker udara dengan 4 Airbus A330 MRT.
Jepang memilih 3 tanker Boeing KC-46
Inggris memilih KC-46 untuk penganti pesawat tanker lama.
Kanada sedang menyiapkan penganti CC-150 Polaris dari buatan Boeing.

Indonesia masih mempelajari antara Boeing KC_46 atau Airbus A330 MRT dalam modernisasi peralatan tempur pesawat.



Pertimbangan bagi Indonesia cukup ketat. Karena mempertimbangkan tipe pesawat jet tempur yang dimiliki saat ini, biaya pengoperasian, serta  kebutuhan di masa mendatang. Paling dipertimbangkan adalah pendanaan dan tranfer teknologi ke pihak Indonesia.

India juga mempertimbangkan beberapa pilihan, dari Boeing, Aibus dan Ilyushin (terakhir di diskualifikasi).

Kebutuhan pesawat tanker udara KC-46 Pegasus.
Salah satunya untuk memberikan bahan bakar di udara bagi pesawat angkut.

Amerika memiliki pesawat angkut Globemaster untuk pengiriman bantuan sampai peralatan perang dengan cepat.

Pesawat angkut militer terbesar di dunia ini dapat terbang nonstop tanpa perlu mengisi bahan bakar di darat
Dan pengisian bahan bakar langsung diberikan dari pesawat lain. Amerika telah menguji coba bersama Boeing KC-46.

Pesawat KC-46 dibuat fleksibel. Selain sebagai tanker terbang, dapat membawa 104 penumpang, 18 cargo, 53 medis

Pengisian bahan bakar di udara

Salah satu teknologi dibawah ini mungkin terlihat baru.

Ketika 2 pesawat KC-46 bukan mengisi bahan bakar ke pesawat lain di udara, tapi memindahkan bahan bakar ke pesawat lain.
Artinya pesawat tanker dapat saling membantu untuk menambah jarak jangkau ke pesawat yang membutuhkan.

Salah satu pesawat memindahkan 146 ribu pound bahan bakar ke pesawat lain Dengan kecepatan pompa mencapai 1200 gallon per menit.

Pengisian bahan bakar di udara KC-46

Pengisian kedua pesawat diatas adalah tipe tanker yang sama. Dalam rangkaian test yang harus dilewati.
Untuk mendapatkan sertifikasi FAA atau STC.
Kapal tanker yang dirancang harus melewati batas standar yang ditentukan.

Pesawat telah di uji terbang selama 2700 jam, dan telah melakukan percobaan pengisian bahan bakar bagi berbagai pesawat seperti F-16

Pesawat KC-46 seharusnya telah siap pada bulan Oktober 2018. Tetapi masih menunggu penyelesaian untuk di kirim ke USAF angkatan udara Amerika.


Pesawat penumpang terbesar di dunia A380. Mampu membawa 4x lebih banyak penumpang dibanding Boeing 737 MAX. Setelah jumlah pesanan pertama di tahun 2007 dikirim ke Singapore Airlines, pesanan terakhir akan dikirim 2021 dan produksi akan dihentikan. Beberapa maskapai beralih mengunakan pesawat lebih kecil , mengapa Airbus A380 gagal

Boeing 777X akan diuji coba tahun 2019. Mengunakan mesin ganda jet terbesar di dunia. Kali ini disain jet penumpang dirancang berbeda, dari sisi jendela dan ruang bagasi di cabin dibuat verikal. Dengan sayap lipat, memudahkan pesawat parkir di bandara yang tidak memiliki cukup ruang.



Apa saja yang hilang dari kenyamanan pesawat udara. Jendela semakin kecil, tempat duduk semakin rapat. Dahulu ada penerbangan memiliki tempat tidur di semua kelas. Pesawat modern di kelas ekonomi, akan terasa lebih sempit dibanding pesawat dahulu.

Pesawat pembom B-52 liputan darai Smithsonian Channel. Walau sudah ada pesawat pembom B-2 Spirit, pesawat pembom B-52 tidak kalah canggih. Kabarnya baru kemarin tuh di pasangin radio baru, membawa persenjataan 31 ton

Pesawat terbesar di dunia bukan dari disain pesawat penumpang. Umumnya dibuat untuk cargo, penelitian antariksa dan pesawat angkut militer. Pesawat terbesar dipegang buatan Soviet Myra. Di abad ke 21 satu pesawat Stratolaunch untuk mengangkut roket keluar dari hanggar Juni 2017

Khusus untuk perusahaan penerbangan dengan armada pesawat sangat besar. Walau pramugari dianggap sebagai pekerjaan glamor, kebanyakan dari mereka baru mengenal. Beberapa istilah di awak kabin juga berbeda.

Berapa kecepatan alat transportasi yang dibuat manusia. Sejauh ini tercatat pesawat ruang angkasa paling cepat. Apollo 10 menjadi kendaraan paling cepat yang pernah tercatat dengan kecepatan terbang 32 mach. Nomor 2 dari Space Shuttle atau pesawat ulang alik tahun 1981.

Terbang dari Los Angeles ke Frankfurt jerman. Mengunakan layanan pesawat Lufthansa di First Class dengan pesawat Boeing 747-8i. Satu tempat duduk memiliki ranjang 2 meter, termasuk power untuk laptop, layanan hiburan. Untuk makanan jangan ditanya lagi.



Satu foto diposting oleh departemen pertahanan Amerika. Memperlihatkan pesawat cargo militer C 17 Globemaster III sedang di isi bahan bakar di udara tengah malam oleh satu pesawat 151 Air Refueling Wing

Akhirnya terungkap apa pesawat Xian Y-20, Y diartikan sebagai angkutan. Pesawat Xian Y-20 seperti pesawat besar C 17 buatan Amerika atau II-76 dari Rusia. Pesawat Xian Y-20 dari China tersebut adalah pesawat angkut yang besar dengan 4 mesin.



No popular articles found.