Sinyal Radio GBR-080318b berasal dari 7,5 miliar tahun lalu


Science | 19 March 2018

Teleskop ruang angkasa Swift X-Rayt untuk menditeksi radiasi sinar Gamma di tanggal 19 Maret 2008.

Menangkap sinyal dari ruang angkasa. Tercatat sebagai rekor sinyal terjauh dan paling kuat ketika itu.

Bahkacahaya ledakan tersebut dapat terlihat langsung oleh mata sekitar 30 detik bila lokasi yang melihat pada malam hari. Dan perlahan cahayanya memudar dalam 90 detik.

Sinyal tersebut adalah radiasi dari gamma dan cahaya yang disebut dengan nama GRB 080319B.

Pengukuran sumber cahaya GRB 080319B memiliki pergeseran 0,937.

Atau sumber cahaya berasal dari benda yang jauhnya 7,5 miliar tahun cahaya. Atau ledakan yang tercatat tersebut di tahun 2008 berasal dari ledakan 7,5 miliar tahun lalu.

Letak ledakan cahaya diabadikan oleh teleskop Swift. Kiri adalah cahaya radiasi, dan kanan merupakan gambar dari teleskop optik

GRB 080319B LEDAKAN sinar Gamma

Stephen Holland dari NASA’s Goddard Space Flight Center di Greenbelt mengatakan. Kami tidak tahu apakah ada orang yang melihat secara langsung ketika terjadi ledakan yang sangat terang tersebut. Karena hanya dapat dilihat pada malam hari, dan kejadian berlangsung pada jam 2 pagi EDT (waktu Amerika).

Lokasi GRB 080319B berada di sekitar galaksi M33 yang berada 2,9 juta tahun cahaya.



Pada gambar dibawah ini ketika adalah posisi yang berada di tengah, letak GRB 080319B

GRB 080319B

Ilmuwan tidak mengetahui mengapa ledakan yang begitu jauh, bahkan ledakan terjadi sebelum bumi terbentuk tersebut begitu kuat.

Dan cahaya serta sinyal akhirnya sampai ke bumi pada tahun 2008 lalu.

Pertanyaan peneliti juga mengatakan. Ketika cahaya ledakan pertama sudah terlihat jelas, dan disusul cahaya yang kembali meningkat.

Radiasi dari jet yang tidak diketahui tersebut arahnya hampir presisi. Dan mengarah langsung ke Bumi.
Seperti lubang hitam memiliki arah jet yang mengeluarkan radiasi di bagian kutub.
Bintang yang berputar sangat cepat tapi berukuran super besar ketika mengakhiri hidupnya dapat menimbulkan efek seperti ini.

Menjadi radiasi sinar gamma yang paling terang yang diamati oleh teleskop Swift milik Nasa.

Tetapi peneliti tidak dapat menyimpulkan darimana sumber asal dan bentuk yang membuat sinyal GRB 080319B.


Berita terkait
Bila melihat cahaya matahari di Bumi, apakah sama seperti di planet lain. Cahaya matahari berinteraksi dengan molekul di setiap planet. Di Bumi cahaya biru akan mendominasi di siang hari, dan kuning serta biru lain ketika matahari terbenam. Apakah yang dilihat di planet lain sama.

Sinyal FRB 121102 menjadi sinyal pertama yang berulang setiap 157 hari. Dan pelacakan menujukan sumber sinyal berasal dari 8 miliar tahun cahaya dari Bumi. Sinyal tertangkap oleh  Observatorium Radio Owens Valley - OVRO milik CalTech di dekat Bishop, California. Kali ini tim Australia dan Rusia juga menangkap beberapa sinyal dari ruang angkasa lain.



Galaksi yang sedang mengalami ledakan pembentukan bintang ketika usia alam semesta baru 1 persen, terlihat galaksi menyalakan gas yang mengelilingi galaksi. Awan tebal debu mengaburkan sebagian besar cahaya, menyebabkan galaksi tampak redup bahkan bentuknya tidak teratur. Mirip menemukan mahluk mitos Yeti di hutan belantara. Teknologi saat ini hanya mampu melihat benda kabur dengan teleskop sinyal radio

Ketika alam semesta lahir, ada galaksi diawal pembentukan alam semesta. Tapi tim peneliti yang dikepalai Tanaka melihat ada galaksi yang sudah redup lebih dahulu. Bahkan disebut galaksi yang sangat awal. Dimana gambar yang terlihat baru berusia 1,5 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Mengapa bisa terjadi galaksi sudah redup.

Beberapt tahun ini dibangun beberapa teleskop radio. Tapi bukan mencari sinyal alien, melainkan mendapatkan adanya sinyal frekuensi 21cm. Yang berasal dari sinyal sebelum pembentukan galaksi pertama, sinyal bersumber dari 13 miliar tahun lalu jauhnya dari Bumi. Mendapatkan sinyal dari bintang generasi pertama dimana benda Black Hole sebagai materi padat belum ada di awal alam semesta. Lalu untuk apa

Bila teori 2 peneliti senior ini benar. Sebenarnya tidak ada astronot yang benar benar meninggalkan atmofer bumi. Karena atmofer bumi masih mencapai bagian bulan, bahkan lebih jauh lagi. Pengertian ruang angkasa yang dimaksud, dimana manusia pergi dan benar benar tidak tersentuh lagi oleh bagian geocorona yang masih menjadi bagian dari atmofer Bumi.

Galaksi Biden 1 tampak di belakang kelompok gugus bintang. Ditemukan tidak sengaja oleh astronom ketika menganalisai gugus bintang NGC 6752. Galaksi kerdil yang usianya sangat tua, diperkirakan terbentuk 13 miliar tahun lalu. Bahkan kandungan bintang disana masih relatif rendah kandungan logam.



Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.

Perjalanan antariksa memang berbahaya. Dari awal berangkat dan pulang, semuanya memiliki resiko tinggi. Tapi satu penelitian baru ini cukup menarik kita menelaah resiko berada di ruang angkasa. Hasilnya DNA manusia memang berubah, walau sebagian masih kembali seperti semula.

ledakan yang begitu besar dari sebuah bintang akan sangat terang menyala. Sejauh ini, beberapa orang yang melihat langsung ledakan supernova terjadi. Buso salah satu astronom amatir tidak sengaja mendapatkan gambar ledakan supernova. 1 ledakan terjadi 100 tahun sekali di sebuah galaksi.

Ilmuwan di Nasa melihat kemungkinan mengirim pesawat ruang angkasa ke antar bintang. Targetnya bintang Alpha Centauri, disana pesawat diharapkan dapat tiba dan mengambil data. Dibutuhkan pesawat ruang angkasa, setidaknya dengan 10% dari kecepatan cahaya

Peneliti mengatakan ada hubungan antara magnetik bintang dengan sinar X yang dipancarkan. Ketika bintang berusia muda, mereka masih aktif secara magnetis, dan membuat putaran bintang lebih cepat. Seiring jalan, bintang mulai kehilangan energi rotasi.

Apakah Supernova. Sederhananya sebuah bintang yang meledak adalah Supernova. Bila letaknya tidak jauh dari Bumi akan tampak cahaya sangat terang. Apakah ledakan bintang berbahaya bagi manusia di Bumi, berapa jarak aman kembali di revisi

Supernova RCW 86 langka. Sisa bintang menjadi sebuah bintang neutron yang lahir di dalam supernova, tapi ada bintang tipe G seperti matahari berada di samping sebagai bintang biner. Bintang kedua tercemar bahan kalsium.



Astronom menemukan bintang mengorbit ke sebuah bintang putih, tapi kecepatannya luar biasa. Ada yang aneh dengan bintang ini. Lubang hitam yang disebut X9 menarik materi gas dari bintang pendamping dan lubang hitam terkunci sampai 0,1% kecepatan cahaya

Bentuk lubang hitam tidak pernah bisa dilihat, karena dikelilingi oleh cahaya bintang. Tapi peneliti dapat mengetahui bila ada tanda aneh, dan memperkirakan adanya sebuah lubang hitam. Seperti apa bentuknya memang tidak bisa dipastikan. Banyak yang mengatakan sangat besar, mungkin tidak sebesar perkiraan kita.




No popular articles found.
< /body>