Procesor Intel generasi ke 8 Coffee Lake menjadi procesor terbaik.

Tapi yang mengecewakan, CPU seri Coffee Lake hanya kompatibel untuk chipset seri 300 kata Intel.

Walau ukuran socket pin yang sama dengan LGA1151, CPU tidak kompatibel dengan chipser Intel seri 200 atau 100.

Intel mengatakan, lebih banyak pint di alokasikan untuk power. Salah satunya power di Coffee Lake memiliki 6 core dibanding procesor generasi sebelumnya hanya 4 core.

Disini yang menarik, alih alih Intel mengatakan motherboard lama tidak bisa mengunakan CPU baru.

Modder rootuser123, LittleHill, dsanke, elisw, Mov AX, dan 0xDEAD membuktikan hal berbeda.

Coffee Lake jalan di motherboard seri 200 bahkan seri 100.

Dengan menambahkan microcode ke BIOS, atau IGPU UEFI GOP driver. Dan bootstrap Management Engine pada BIOS. Modder dapat mengunakan procesor seri 8 dengan stabil di motherboard lama.

Menjadi catatan menarik dari tim modder ini. Setidaknya mereka bisa menjalankan CPU dengan 4 core dari total 6 core yang ada.

Panduan lain, katanya sih jangan mengunakan seri Core i5, i7 versi K (versi overclock). Karena batas daya yang dibutuhkan lebih besar. Tapi masih memungkinkan motherboard lama jalan dengan procesor seri lebih rendah.
Procesor seri K mengunakan power 50% lebih besar dibanding versi Non K. Atau berbeda antara 95W vs 65W.



LittleHill contributed in the adding of CoffeeLake CPU microcode and suggestions of using the correct ME Version to boot CPU
rootuser123 (me) fixed iGPU by extracting CoffeeLake iGPU VBIOS and using latest GOP Driver from SoniX and updating the VBIOS and GOP Driver.
dsanke contributed in booting 6 core CPU on MSI Z270 motherboard and helping along giving a lot of assistance in solving the problems.
elisw contributed in testing and writing guides
Mov AX, 0xDEAD solved the issue with the PCI-E x16 not working and CPU Voltage readout fixes when using CoffeeLake CPUs.

Cerita diatas sebenarnya sudah muncul. Seorang penguna computer dari China memiliki Core i3 8350K dan jalan di motherboard chipset Z170. Walau katanya sih masih memiliki masalah.

Modifikasi BIOS untuk bekerja dengan procesor baru memang tidak mudah. Kita butuh membaca informasi lebih lanjut. Minimal untuk pengetahuan tambahan bagi penguna antusias PC.

Bila tertarik mengetahui motherboard lama jalan dengan procesor baru, ada di forum www.overclock.net
Initial think tank thread: https://www.win-raid.com/t3251f16-Co...-chipsets.html
Guide: https://www.win-raid.com/t3413f16-GU...herboards.html
Patches: https://www.win-raid.com/t3483f16-Fi...herboards.html