Intel CPU Gen 8 Coffee Lake di chipset seri 200 atau seri 100 jalan di modifikasi


Kategori : Hardware | Date : 6 March 2018
Procesor Intel generasi ke 8 Coffee Lake menjadi procesor terbaik.

Tapi yang mengecewakan, CPU seri Coffee Lake hanya kompatibel untuk chipset seri 300 kata Intel.

Walau ukuran socket pin yang sama dengan LGA1151, CPU tidak kompatibel dengan chipser Intel seri 200 atau 100.

Intel mengatakan, lebih banyak pint di alokasikan untuk power. Salah satunya power di Coffee Lake memiliki 6 core dibanding procesor generasi sebelumnya hanya 4 core.

Disini yang menarik, alih alih Intel mengatakan motherboard lama tidak bisa mengunakan CPU baru.

Modder rootuser123, LittleHill, dsanke, elisw, Mov AX, dan 0xDEAD membuktikan hal berbeda.

Coffee Lake jalan di motherboard seri 200 bahkan seri 100.

Dengan menambahkan microcode ke BIOS, atau IGPU UEFI GOP driver. Dan bootstrap Management Engine pada BIOS. Modder dapat mengunakan procesor seri 8 dengan stabil di motherboard lama.

Menjadi catatan menarik dari tim modder ini. Setidaknya mereka bisa menjalankan CPU dengan 4 core dari total 6 core yang ada.

Panduan lain, katanya sih jangan mengunakan seri Core i5, i7 versi K (versi overclock). Karena batas daya yang dibutuhkan lebih besar. Tapi masih memungkinkan motherboard lama jalan dengan procesor seri lebih rendah.
Procesor seri K mengunakan power 50% lebih besar dibanding versi Non K. Atau berbeda antara 95W vs 65W.



LittleHill contributed in the adding of CoffeeLake CPU microcode and suggestions of using the correct ME Version to boot CPU
rootuser123 (me) fixed iGPU by extracting CoffeeLake iGPU VBIOS and using latest GOP Driver from SoniX and updating the VBIOS and GOP Driver.
dsanke contributed in booting 6 core CPU on MSI Z270 motherboard and helping along giving a lot of assistance in solving the problems.
elisw contributed in testing and writing guides
Mov AX, 0xDEAD solved the issue with the PCI-E x16 not working and CPU Voltage readout fixes when using CoffeeLake CPUs.

Cerita diatas sebenarnya sudah muncul. Seorang penguna computer dari China memiliki Core i3 8350K dan jalan di motherboard chipset Z170. Walau katanya sih masih memiliki masalah.

Modifikasi BIOS untuk bekerja dengan procesor baru memang tidak mudah. Kita butuh membaca informasi lebih lanjut. Minimal untuk pengetahuan tambahan bagi penguna antusias PC.

Bila tertarik mengetahui motherboard lama jalan dengan procesor baru, ada di forum www.overclock.net
Initial think tank thread: https://www.win-raid.com/t3251f16-Co...-chipsets.html
Guide: https://www.win-raid.com/t3413f16-GU...herboards.html
Patches: https://www.win-raid.com/t3483f16-Fi...herboards.html

Intel siapkan performa procesor dengan Core i9. Mengunakan arsitek Skylake-X dan Kabylake-X dan membutuhkan chipset X299. Core i9 7980XE dengan 18 core. Oktober Core i9 juga dirilis untuk socket LGA 1151. Bersamaan dengan Intel Chipset Z390. Core i5 seri 9 menjadi 6 core.

Intel Coffee Lake procesor baru dengan generasi ke 8. Performa procesor meningkat 15%. Core i7-8700K, Juni 2018 5Ghz Turbo dengan Core i7 8086K . Juli 2018 Intel akan menyolder kepala proecsor untuk seri Core i9 8 core, agar konduktivitas penghantar panas lebih baik.

Procesor Intel BGA nanti akan mengunakan nama Core B. Untuk membedakan tipe procesor atau CPU BGA dengan model biasa. Intel memberi nama + di proceor. Sistem lain yang ada di procesor barau adalah teknologi SSD Intel Optane.



Gigabyte tampilkan adaptor untuk SSD M.2, kali ini tampil dengan 4 slot. Mengunakan jalur PCIe 3.0 x16 seperti slot VGA. Teori kecepatan tranfer di jalur tersebut mencapai 128Gbit/s atau setara 12GB perdetik.

Intel Optane 800P adalah SSD dalam format NVMe M.2. Ukuran kecil dan dipasang pada notebook atau computer yang memiliki slot M.2. Intel Optane 900P yang dirilis tahun lalu ditujukan untuk skala bisnis dan industri.

Dari Threadripper sampai 16 core seri high end dengan socket TR4, Pinnacle Ridge sampai 8 core dan Raven Ridge 4 core terintegrasi grafik dengan socket AM4. Pengembangan procesor tidak berhenti, karena tahun 2019 akan tampil 3 arsitek procesor AMD.

Corsair K68 RGB adalah keyboard untuk desktop PC tipe mekanik keyboard. Mengunakan standar IP32 Water Resistant, dan dilengkapi lampu LED RGB. Tidak masalah bila terkena tumpahan air diatas keyboard



Tampil Switch keyboard mekanik Cherry MX Low Profile. Model switch Cherry MX Red, Black, BLue, Brown, termasuk model baru Speed, Silent, Green dan Clear sudah tersedia di Jerman. Satu kit berisi 110 switch, sementara yang ada model MX Silent Red dan MX Speed.

Disebut Kaby Lake G, Intel CPU dan AMD Graphic VGA dalam satu unit procesor. Intel mengumumkan 5 procesor baru terintegrasi dengan graphic unit AMD Vega

GSkill Sniper X tampil dengan heatsink camo. Dengan kecepatan 2400Mhz sampai 3600Mhz. Bahkan ditawarkan dengan kombinasi 8 x 16GB untuk mencapai RAM 128GB.

Cougar Gaming tampilkan 2 model keyboard mekanik. Cougar Puri dengan desain full board dan keyboard Cougar Puri TKL untuk gaming tanpa tombol numerik. Mengunakan switch Cherry MX. Custom lampu LED keyboard, dari 20 mode atau 10 custom mode.

Intel tampil sampai 18 core, walau harganya tidak murah. Motherboard  X299 Juni 2017, dikabarkan disan motherboard X299 bermasalah, overheating (kepanasan).Bagian  pin power, pendingin VRM serta kabel 8 pin untuk 12V power procesor harus menahan harus 25A untuk power procesor yang meningkat sampai 300W. Media Overclock mengatakan hal yang sama

Arsitek Pascal P102 untuk GPU Nvidia kembali tampil dengan model Nvidia Titan XP. Yang satu ini lebih besar dibanding model GTX 1080Ti. Sekarang media menyebut sebagai monter VGA.



MSI, Gigabyte, Asus menyiapkan sejumlah motherboard Skylake untuk jalan dengan procesor Kaby Lake. Board akan didukung penuh untuk CPU baru buatan Intel tersebut. MSI menyatakan seri MSI 100 akan bekerja baik dengan procesor Kaby Lake dengan socket LGA 1151.


No popular articles found.