Pemimpin Lenovo Yang Yuanqing sudah memberi isyarat kalau model Motorola Razr akan dikembali dibuat.

Dengan teknologi baru, layar dapat dilipat saya melihat lebih banyak inovasi dari model smartphone kami. Mudah mudahan model Razr akan dikembangkan segera.

Perusahaan Lenovo mengambil divisi mobile dari Motorola tahun 2014 lalu.

Cerita ponselRazr memang menarik, menejadi smartphone dengan model flip atau layar lipat atau rancangan seperti Motorola Startac yang menjadi tren di jamannya.

Populer di tahun 2000an, seperti model V3 dibawah ini mendapatkan penjualan terbesar di masanya. Total diproduksi sampai 130 juta ponsel dipasaran.






Sementara produsen smartphone ternama menawarkan smartphone dengan 4 camera, bahkan sebentar lagi muncul 5 camera. Berlomba membuat smartphone dengan ukuran tipis, layar teknologi QHD serta kecepatan procesor paling cepat.

Disain smartphone retro telah melanda disain smartphone buatan Nokia. Yang baru saja mengumumkan model Nokia 8110 yang terkenal sebagai Nokia Pisang, dan sempat digunakan dalam film Matrix. Dan menampilkan seri 3110 salah satu ponsel paling handal di jamannya, karena tidak pernah mengalami masalah bila terjatuh.

Samsung sudah lebih dahulu meluncurkan smartphone model lipat gaya retro, walau terbatas untuk pasar Korea sendiri.

Merek lain juga membuat ponsel kembali ke jaman 3G. Denganponsel ukuran sangat kecil yang mudah di taruh dikantong. Tapi tidak bisa mengunakan aplikasi internet, karena layarnya yang sangat kecil. Ditujukan untuk komunikasi saja.

Disain smartphone juga dibuat dengan ukuran layar yang tahan pecah serta bodi dengan pelindung. Dirancang untuk lingkungan keras seperti pabrik dan pertambangan. Smartphone dibuat dengan perlindungan khusus.

Sisi lain dari pembuatan smartphone model retro dapat membuat inovasi dan pemasaran bagi produsen smartphone. Disisi lain dapat memenuhi kebutuhan penguna ponsel yang, mungkin bosan dengan ukuran smartphone semakin besar dan bentuknya yang kotak.