Galaksi NGC 613 terjadi Supernova SN 2016gkg meledak yang mendapatkan astrnom amatir


Kategori : Science | Date : 22 February 2018
Victor Buso astronom amatir sedang mencoba camera baru dan pada tanggal 20 September 2016 dia mencoba mengamati sebuah galaksi.

Pekerjaannya adalah tukang kunci, tapi hobi dengan astronomi.

Suatu malam dia menunggu cahaya diatap kota Rosario Argentina.

Mengunakan teleskop model Newton 15,7 inci (ukuran 40cm). Tidak disangka dia mendapatkan sebuah gambar supernova atau ledakan bintang tepat ketika meledak.

Bedanya yang ditangkap bukan ledakan bintang di galaksi kita sendiri melainkan yang lebih jauh lagi.

Dia memasang teleskop dan sensor camera khusus untuk astronomi. Selama 1 setengah jam selesai dirakit, dia mulai mengambil gambar.

Sekitar 20 ekposure gambar. Semuanya biasa saja.

Tapi sekitar 45 menit setelah Buso mulai memotret galaksi, sebuah cahaya terang muncul dan terus semakin cerah dalam 25 menit berikutnya.

Walau hanya seorang amatir astronomi. Dia tahu ada yang terjadi dengan gambar foto yang didapat.

Setelah memeriksa hasil foto, dia menghubungi Sebastian Otero untuk melaporkan kejadian yang ditemukan. Sebastian membantu mendaftarkan penemuan Buso ke Transiest Name Server sebuah database dari observasi supernova.



Ledakan supernova yang dinamai SN 2016gkg berada di sebuah galaksi NGC 613

Dibawah ini gambar dari galaksi NGC 614, diambil dari teleskop Hubble. Dan gambar kedua diambil dari teleskop Bumi pusat observasi Paranal di Cile.



Jarak galaksi NGC 613 sekitar 67,5 miliar tahun cahaya dari Bumi dan berada di area konstelasi bintang Sculptor. Galaksi berbentuk spiral tersebut

Ketika sebuah bintang meledak, fase itu membuat bintang menjadi supernova.

Tapi ledakan yang begitu besar dari sebuah bintang akan terlihat sangat terang menyala. Sejauh ini, hanya beberapa orang yang melihat langsung ledakan supernova secara langsung. Seperti catatan astronom China yang mencatat adanya cahaya pada siang hari.
Dan seorang adik yang tidak sengaja menemani kakaknya ketika melakukan observasi. Tapi waktu ledakan yang sangat cerah tersebut hanya terjadi sekilas saja dan cahayanya kembali redup. Hitungan waktunya beberapa jam muncul cahaya yang sangat cerah.

Setelah Buso melaporkan, ilmuwan mulai mencari data lebih detil tentu dengan peralatan observasi yang lebih besar.
Dan dalam sehari, ledakan supernova teridentifikasi dan dikonfirmasi pusat observasi teleskop di Hawai dan Cile.

Ilmuwan mengukur dari sisi sinar-X, Ultraviolet dan cahaya yang tampak secara visual.

Melina Bersten dari astrofisikawan Instituto de Astrofisica de La Plate Argentina mengatakan. Pada prinsipnya setiap penemuan supernova sangat menarik. Tapi yang ini ditemukan oleh seorang astronom amatir. Dan dia ingin mengetahui bagaimana penemuan tersebut terjadi.

Melina menghubungi Buso, bagaimana dia bisa mendapatkan waktu paling tepat. Ketika bintang yang awalnya biasa saja, lalu meledak pada waktu yang tepat ketika teleskop mengarah ke sebuah bintang.

Begitu banyak dana penelitian, pembangunan teleskop raksasa. Tapi yang berhasil melihat atau menemukan ketika ledakan terjadi adalah astronom amatir. Bahkan terjadi di luar galaksi kita.

Bila diperhitungkan, kesempatan mendapatkan foto supernova hanya 1 berbanding 1 juta.

Karena satu bintang yang meledak hanya terjadi 1x dalam 1 abad di sebuah galaksi.

Keberuntungan Buso memang luar biasa dalam mengabadikan foto galaksi tepat ketika supernova terjadi. Dan didukung oleh orang tua sejak kecil dengan dunia astronomi. Sampai dipublikasi via media Nature bulan Juli 2017.

Walau masih kategori amatir. Buso sudah memiliki peralatan yang lengkap dan pengetahuan diatas rata rata pencinta astronomi.
Yang menarik lainnya. Temannya si Bersten dan astronomi lain di Argentina ikut membantu Buso.

Dapat dilihat ledakan supernova SN 2016gkg sebelum dan sesudah pengambilan gambar oleh Buso.

Galaksi NGC 613 terjadi Supernova SN 2016gkg meledak yang mendapatkan astrnom amatir

TIdak terlihat, dapat diamati lebih dekat pada sisi tengah bawah, terdapat 3 titik hitam. Salah satunya adalah cahaya dari ledakan bintang yang disebut Supernova.

Jejak cahaya masih terlihat dari gambar yang diabadikan dari teleskop di Las Campanas Cile.



Galaksi NGC 613 terjadi Supernova SN 2016gkg meledak yang 
mendapatkan astrnom amatir

Kami tidak tahu apakah ada orang yang melihat secara langsung ketika terjadi ledakan yang sangat terang tersebut. Sumber cahaya GRB 080319B berasal dari benda yang jauhnya 7,5 miliar tahun cahaya. Atau ledakan yang tercatat tersebut di tahun 2008 berasal dari ledakan 7,5 miliar tahun lalu.

Supernova disebabkan dari ledakan bintang, antara ledakan dari bintang mati. Kedua dari gaya tarik bintang mati ke bintang yang masih menyala. Terjadinya supernova SN2017cbv disebabkan dengan teori kedua, tapi ledakan bintang lebih kecil yang menganggu bintang ukuran lebih besar

Apakah Supernova. Sederhananya sebuah bintang yang meledak adalah Supernova. Bila letaknya tidak jauh dari Bumi akan tampak cahaya sangat terang. Apakah ledakan bintang berbahaya bagi manusia di Bumi, berapa jarak aman kembali di revisi



Supernova RCW 86 langka. Sisa bintang menjadi sebuah bintang neutron yang lahir di dalam supernova, tapi ada bintang tipe G seperti matahari berada di samping sebagai bintang biner. Bintang kedua tercemar bahan kalsium.

Kedua bintang ini agak berbeda walau disebut bintang pulsar. Bintang Geminga PWN hanya mengeluarkan emisi sinar gamma. Sedangkan bintang B0355+54 sama sekali tidak mengeluarkan sinar gamma tapi memiliki gelombang radio paling kuat.

Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun



Supernova SN 1993J di galaksi Messier 81. Pertama kali ledakan bintang tersebut diamati tahun 1993. Disana ternyata dua bintang dan salah satu bintang menyebabkan bintang lain meledak. Misteri bintang ini akhirnya terjawab setelah 20 tahun lalu ditemukan.

Teleskop di Chili menelaah sebuah bintang kuning yang pernah di abadikan saat ini ternyata kembar. Menjadi bintang kuning terbesar yang pernah di abadikan. Bintang HR 5171 A memiliki jarak 12 ribu tahun cahaya dari bumi.

Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.


No popular articles found.