Tanaman dengan pupuk ampas kopi kaya nitrogen kulit telur dan kulit pisang


Green | 15 February 2018

Menfaat ampas kopi bagi kebun dirumah sebagai pupuk alami

Banyak orang minum kopi, khususnya kopi giling dan membuang ampas kopi begitu saja.

Ampas kopi dapat dimanfaatkan menjadi pupuk tanaman.

Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah.

Bila kopi terkena jamur, jamur tersebut tidak berbahaya kata DR Linda Chalker. Bahkan ampas kopi dapat membantu menekan penyakit tanaman secara alami.

Jangan khawatir bila ampas kopi dapat meningkatkan keasaman tanah. Uji PH terhadap bubuk kopi menunjukan asaam ringan sampai basa. Dan basa mendekati tingkat netral setelah berubah menjadi kompos.

Jika anda sudah tahu manfaat ampas kopi, dan membutuhkan ampas kopi cukup besar. Dapat meminta ampas kopi di kedai atau warung kopi. Mereka tentu akan sedang bila sampah dari tamu dengan ampas kopi yang dapat di daur ulang oleh orang lain.

Ampas kopi juga mengandung sejumlah nitrogen, sekitar 2,3% tergantung dari proses ekstrasi.
Ampas kopi juga mengandung karbon.

Cara memanfaatkan sisa kopi anda.

Taburi saja di bagian atas tanah kebun anda. Seperti pohon yang berbuah atau pohon tebu dapat mengambil manfaat dari nutrisi ampas kopi.

Tidak menimbun ampas kopi. Karena dapat mengakibatkan muncul jamur. Aduk sedikit agar ampas kopi dapat turun kebawah tanah.



Saat bekerja di tanah, ampas kpi dapat bekerja seperti kompos. Memperbaiki bahan organik dari tanah yang mulai habis.
Cara lain memasukan 1/4 ampas kopi berbanding tanah asli.  Dan dipendam ke dalam tanah.

Cara terbaik mencampur ampas kopi dengan kompos. Dengan volume 1/3 dari tumpukan kompos, atau kira kira 1/3 dari sampah rumput.

Kopi juga bermanfaat mengusir siput. Taburkan kopi ke keong yang sedang merayap.  Karena mereka tidak akan suka merayap diatas bubuk kopi.

Tanaman dengan pupuk ampas kopi kaya nitrogen

Kulit telur.
Seperti warnanya sudah terlihat kandungan kulit telur adalah kalsium.
Tinggal dihancurkan dan di masukan ke tanah kembali untuk menjadi pupuk alami

Kulit pisang
Siapa yang tidak kenal dengan potasium dengan pisang. Dan tumbuhan membutuhkan bahan tersebut.

Ciri tanaman kekurangan nutrisi atau masalah pada daun.

Dibawah ini masalah tanaman yang terlihat pada daun.

Daun kuning, coklat dan rontok
Daun bagian bawah menjadi kuning karena kekurangan nitrogen
Ketika tanaman mencari nutrisi yang cukup, tanaman mulai memotong pasokan ke daun yang lebih matang dan sudah mampan. Posisinya ada dibagianbawah, dan mengirim suplai nutrisi ke daun baru.
Gejala ini sebenarnya menunjukan kadar nitrogen telah turun sedikit atau terlalu rendah

Daun dibagian bawah kebiruan, mengkilap dan bercak coklat
Nutrisi tanah yang hilang membuata daun menjadi hijau gelap atau kebiruan.
Disini tanaman kekurangan fosfor. Salah satu kebutuhan ini dapat diperbaiki dengan menambah fosfort dan kalium.



Ujung daun berwarna coklat seperti terbakar.
Potasium salah satu nutrisi untuk tanaman. Ketika kandungan potasium berkurang pada tanah.
Daun di seluruh tanaman mulai kuning dan berwarna coklat.
Dibutuhkan kadar kalium yang cepat.
Kadang disebabkan juga dari keseimbangan pH yang terlalu basa. Disini dapat dibantu dengan bahan belerang.

Daun menunduk
Salah satu penyebab daun menunduk bahkan turun ke bawah walau di siang sampai sore hari. Disebabkan tempat yang terlalu panas.
Biasanya terjadi pada tanaman yang ditempatkan di kontainer atau pot. Cara paling mudah memberikan penyiraman.

Berita terkait
Tanaman membutuhkan proses fotosintetis untuk menghasilkan oksigen. Tanaman di rumah atau gedung kantor juga membantu meningkatkan kualitas udara di ruangan kita. Aada beberapa tanaman menghasilkan oksigen pada malam hari. Pohon Empress Splendo jenis pinus tumbuhan paling efisien di dunia, mampu menyerab 103 ton karbon per hektar

Fakta bahwa skuter bertenaga baterai tidak membuang polusi dari knalpot tidak berarti mereka bebas emisi, Layanan berbagi kendaraan setidaknya memiliki komitmen transporasi mereka harus ramah lingkungan. Tetapi di luar negeri, eSkuter listrik banyak mengalami vandalisme, produksinya tidak ramah, dan cara pengolahan yang salah. Bila diterapkan dengan baik, eSkuter masih menjadi alternatif pilihan yang baik



Banyak alat untuk penyemprot tanaman untuk kebun. Bagaimana bila kita membuat sistem penyiram tanaman di rumah. Disebut Sprinkle dapat menyebarkan air untuk menyiram tanaman. Dengan biaya murah, installasi mudah dan ketahui berapa banyak komponen yang dibutuhkan.

Keseluruhan, masyarakat Jepang memiliki cukup kesehatan. Tetapi penduduk di Jepang memiliki masalah ginjal lebih kecil. Mengapa ginjal berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Mengapa budaya berbadan kecil beresiko bagi keturunan. Tugas ginjal menyaringa dengan kecepatan secangkir cairan permenit.

Bagaimana memanfaatkan baju bekas. Mungkin sudah sedikit sobek atau terkena kotoran tinta. Dan tidak layak di pakai lagi. Satu tip daur ulang baju bekas dapat di jadikan sarung bantal. Mengunakan baju bekas orang dewasa menjadi baju baru anak anak.

Bagaimana menanam sayuran di rumah. Tidak perlu bibit untuk daun bawang, bawang, selada, kentang, jahe, daun sawi. Karena sayuran ini dapat tumbuh dari tubuhnya sendiri. Cabai merah besar, dapat tumbuh dalam 3 bulan saja. Bagaimana cara menanam sayuran tersebut.

Sarapan sebelum olahraga atau tidak saparan. Ada yang khawatir kram bila makan, ada yang memilih makan lebih dahulu untuk energi selama olahraga. Sekarang ilmu pengetahuan menjelaskan apakah dampak makan sebelum dan sesudah berolahraga.



Dalam beberapa tahun banyak orang berpaling dari daging. Hampir 2,1 juta orang dewasa di Australia sekarang diet, bahkan sebagian menjadi vegetarian. Apa benar makan sayur umur lebih panjang, atau ada faktor lain

Ada tanda tanda ketika kita kurang sehat, dan dapat dilihat tingkah laku kita dan apa yang dikeluarkan oleh tubuh. Beberapa tanda gangguan kesehatan dapat terlihat dari tubuh mesin kita agar peringatan dari tubuh tidak di kesampingkan.

Sering mengunakan minuman kaleng, jangan dibuang begitu saja. Kaleng minuman dapat dimanfaatkan untuk peralatan.Satu situs video yang memberi pelajaran beberapa manfaat bila mendaur ulang kaleng minuman dari bahan aluminium.

Daur ulang ban bekas, lebih tepatnya ban luar bekas kendaraan seperti mobil. Bisa di daur ulang menjadi sandal jepit. Permukaan ban lebih kuat dan tebal dibanding sandal jepit yang ada di pasaran.

Disebut Docking Station untuk smartphone dan smartwatch. Dibuat dari papan kayu dan diletakan di meja. Docking Station ini terbuat dari kayu berukuran 11x8x5 inch. Dapat ditempatkan untuk ponsel, jam, bolpen, kunci, clip atau kertas catatan.

Membuat pupuk organik dapat mengunakan bahan sederhana. Kulit pisang, kulit telur, ampas kopi, air aquarium sampai cuka dapat dijadikan pupuk untuk penyubur dan menjaga tanaman lebih sehat. Sampah dirumah anda adalah pupuk untuk tanaman.

Barang bekas seperti botol dapat dibuat menjadi sendok plastik, kotak permen bekas tic tac bisa untuk wadah penyimpan, membuat kompor kecil untuk camping dari kaleng minuman, atau botol susu untuk diffuser. Atau anda tertarik memanfaatkan botol bekas menjadi penyiram tanaman.



Ini sederhana, bila memiliki ember bekas cat yang cukup besar. Bisa dijadikan tempat serba guna. Mungkin ember besar bisa dijadikan pot tanaman, kali ini dibuat untuk tatakan meja dibagian bawah.

Hank membuat bus bekas untuk tempat tinggal sebagai skripsi tugas akhir di jurusan arsitek. Dia membangun sebuah bus bekas untuk rumah tinggal. Katanya di jurusan arsitek, saya lelah membuat bangunan yang tidak pernah ada.

Pernah memiliki meja kerja bekas, apakah bisa dibuat lebih menarik. Di era tahun 80an banyak meja dibuat dengan lekukan, disain sederhana dengan satu atau dua laci. Tapi warna meja jaman dulu tidak cocok dengan disain saat ini yang lebih menampilkan warna dinamis.

Ide membuat taman di atap rumah sudah dijadikan usaha oleh sebuah perusahaan. Dengan penahan panas dengan tanaman diatap gedung, mampu mengurangi pemakaian AC sampai 75 persen.

Rumah dengan pohon di atap gedung. Dirancang arsitek Vo Trong Nghio, membuat rumah seperti kotak dengan fasilitas 2 lantai. Total luas tanah rancangan rumah ini sekitar 226 meter persegi. Ada 5 rumah yang dibangun, memiliki ketinggian berbeda beda.

Memanfaatkan kain bekas untuk tempat istirahat bagi binatang peliharaan. Beberapa perusahaan disain membuat bantal untuk hewan peliharaan seperti anjing atau mungkin kucing. Mengunakan bahan kain bekas dengan bahan polyester yang di daur ulang, untuk tempat tidur binatang peliharaan

Beberapa tip memudahkan kita, atau memanfaatkan barang bekas menjadi berguna. Seperti mengikat kabel, membuat gantungan baju lebih banyak, tabung bekas untuk menyimpan adaptor dan memberikan warna pada kunci.

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal. Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon.

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah. Bagaimana membuat rumah kaca mini dengan botol plastik

Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.




No popular articles found.