Foxconn dan RED camera 8K lebih murah lebih kecil


Shortstory | 13 February 2018

Camera cinema high end seharga 150 ribu dollar memebatasi produsen film

Foxconn atau Hon Hai Precision Industry adalah perusahaan raksasa yang membuat iPhone.

Kabanrya sedang bekerja sama dengan produsen camera digital high end RED.

Keduanya ingin membuat camera 8K dengan ukuran lebih kecil dan lebih murah.

Pemimpin Foxconn Terry Gou mengatakan ke media Taiwan. Target membuat camera 8K RED seharga 2/3 dari harga saat ini.

Teknologi camera smartphone di kelas high end saja sudah dapat merekam resolusi video 4K. Jadi bukan masalah bila camera 8K dapat diperkecil.

Tentu saja resolusi 8K tidak akan merekam gambar seadanya tapi tetap dengan resolusi tinggi.

Bagian penting adalah lensa, dimana lensa kelas cinema memiliki tingka tertinggi.

Teknologi video 8K memang tidak mudah. Menghasilkan file 10-20 kali lebih besar dari resolusi FHD 1080p dengan detil warna yang harus diambil dan dikompres ke gambar digital.
Proses selanjutnya adalah editing, bahkan setelah proses pembuatan film maka orang tidak dapat membedakan apakah resolusi tinggi atau hanya HD di perangkat biasa.
Berbeda dengan bioskop membutuhkan resolusi tinggi untuk menayangkan detil gambar.


Foxconn dan RED camera 8K lebih murah lebih kecil



Sutradara menginginkan pengambilan gambar dari berbagai sudut. Sinema video efek menginginkan pixel lebih tajam. Operator / cameramen / mereka yang bertugas memegang camera harus membawa perangkat yang besar, rumit dan berat. Disisi industri film, produsen juga harus menghemat biaya.
Terkadang 2 camera yang layak akan lebih baik dibanding mengunakan satu camera yang hebat.

RED memiliki kedua sisi, dengan kemampuan camera yang baik tetapi satu camera mencapai 15.000 sampai 30.000 dollar. Harga tersebut jauh dikatakan murah bagi penguna biasa, kecuali industri film besar.

RED dan Foxconn masih tahap negosiasi, apakah mereka akan membuat perusahaan patungan baru atau bermitra saja. Ditunggu saja keduanya bermitra, siapa tahu harga camera 8K dapat lebih terjangkau dan digunakan industri film Indonesia.

Berita terkait
Nikon D850 memiliki sensor 47Mpix FX full sensor CMOS, memberi update
Nikon D500 v1.2 update perbaikan fokus.
Perbaikan akurasi autofokus


Camera buatannya Kronstein Chronos 1.4 dengan 8GB ditawarkan cukup murah. Paket dengan lensa 12,5 - 75mm zoom.Chronos menawarkan dengan kecepatan 21 ribu frame perdetik. Model Chromos 2.1 HD mampu merekam Full HD sampai 1000 frame perdetik.



Bila anda terbang di malam hari. Sempatkan membawa camera, karena beberapa cerita pilot ini mendapatkan foto cukup menakjubkan dan lain dari biasanya. Christiaan membuat foto galaksi ketika penerbangan pesawatnya stabil, dengan long exposur. Gambar apa yang di dapat dari jendela kokpit.

Video belajar foto dengan cahaya lampu pertama mendemontrasikan mengunakan cahaya lampu tabung untuk efek foto. Dari setting camera, cahaya lampu yang tidak perlu terlalu terang, dan bahan yang dipakai untuk efek foto Tube atau tabung cahaya.

Canon 5D Mark IV dikabarkan akan mendapat update Firmware akan lebih baik untuk video dari 4K dengan crop 1.27x. Model terbaru memiliki sensor 30.4Mpix dengan ISO 100-32K. Canon mengunakan engine Digic 6+ dan sistem dual pixel autofocus.

ThiEYE i60 4K WIFI ditawarkan sangat murah, bahkan lebih murah dari camera GoPro Full HD. Mengambil gambar sampai sudut 170 derajat, merekam video 4K 25 fps atau 2,7K 30 fps.

Christian Grewe seoarang cinematografi melakukan perjalanan 80 ribu km. Meliputi 12 negara dan lebih dari 7 bulan. Dia mengumpulkan video dari udara dengan judul Air T.me. Seluruh video dibuat dari 3 perjalanan.



Nikon D5 adalah camera DSLR dengan kemampuan recording video 4K. Mungkin in yang ditunggu oleh kalangan profesional, camera besar, dengan kemmpuan sangat cepat. Nikon meluncurkan D4 pada tahun 2012, 2 tahun kemudian tampil Nikon D4s tapi tidak ada yang 4K.

Nikon tampilkan DSLR kelas high end Nikon D810. Kabarnya cocok untuk membuat film. Harganya lebih murah dibanding produk kelas pro papan atas. Dibuat tepat sesuai kebutuhan cameramen. Apa yang baru dari camera D810 ini.

Allied Vision akan mengeluarkan camera infrared model Goldeye G 032. Camera ini dapat melihat panas thermal pada objek. Memiliki lensa besar dengan sensor gambar khusus penditeksi panas.




No popular articles found.