Belajar Light Painting edit foto efek cahaya latar belakang


Kategori : Digital | Date : 10 February 2018
Belajar membuat foto cahaya sebagai latar belakang
Setelah melihat ide Piere membuat foto Tube Painting.

Ada yang menarik dengan foto seperti latar belakang cahaya. Teknik foto disebut Light Painting.

Untuk membuat foto dengan efek cahaya yang bergerak dan nantinya menjadi komposisi bentuk cahaya di dalam foto. Tekniknya cukup mudah.

Yang ini mungkin perlu mengabungkan 2 foto. Sebuah foto cahaya biasa, dan foto kedua sebagai latar belakang membentuk garis cahaya.

Tip belajar foto efek cahaya ini tidak harus mengikuti tahapan ini. Bisa saja dibuat dengan satu foto, atau dibuat dengan 2 foto.

Hal utama adalah software editing foto untuk mengabung 2 foto yaitu Photoshop ketika di perlukan.

Bila foto yang dibuat, dan terlihat cukup terang, cukup memproses foto yang ada. Intinya kreativitas kita sendiri.

Tahap pertama membuat 2 foto berbeda
Seperti keterangan gambar, foto sisi kiri pertama sebagai sebagai latar depan.
Foto kedua dengan cahaya paling gelap di sisi kanan. Seperti melukis cahaya di dalam foto

Bila ingin mengabung dengan 2 foto, dibutuhkan posisi camera tetap dan disarankan mengunakan tripod. Baik camera DSLR atau camera smartphone.



Foto kedua di atas kanan dibutuhkan teknik Long Exposure. Kita membuka rana camera sesuai waktu yang dibutuhkan. Misal 4 detik, 6 detik atau 10 detik.
Agar sensor tetap menangkap semua cahaya yang ada dalam kondisi gelap.
Pastikan foto untuk efek Light Painting dibuat gelap dan minim cahaya.

Tahap kedua
Setelah pengambilan 2 foto, proses selanjutnya mengedit foto.

Foto bagian depan adalah foto berisi objek. Sedangkan foto latar belakang adalah cahaya dapat di edit tapi tidak lebih terang dari foto latar depan.
Bila satu foto dengan efek cahaya yang berjalan cukup baik. Tidak perlu memproses untuk mengabung 2 foto sebagai latar depan dan belakang.

Disini dibutuhkan teknik pengabungan 2 foto dengan foto latar depan dan belakang.
Proses terakhir pengabungan. Dapat mengunakan Photoshop.



Tahap ketiga mengabung 2 foto
Buka kedua foto dengan software Photoshop.

Tempatkan foto depan tanpa efek, dan di edit (bila tidak mengunakan editi software Lightroom) sesuai gambar yang di inginkan.
Foto kedua sebagai latar belakang, ditempatkan di bagian bawah sebagai latar belakang

Pada foto depan, click dibagian Filter. Lihat beberapa pilihan filter dan pilih  Linear Dodge.
Filter lain juga dapat digunakan untuk efek cahaya, tentu terserah anda yang membuat.
Selesai proses pengabungan gambar dan gambar sudah terlihat menarik. Tinggal di Save, dan proses efek foto dengan latar belakang cahaya sudah selesai

Catatan, untuk edit foto dapat langsung mengunakan Photoshop. Dapat mengunakan opsi Raw Camera ketika membuka file file RAW dari camera DSLR
Untuk file JPG, setelah file dibuka di Photoshop. Lihat di opsi / menu Filter -> Camera Raw.

Mengabung 2 foto menjadi satu dengan filter Linear Dodge efek 
cahaya belakang

Untuk cahaya, anda tinggal melihat benda apa yang dapat digunakan.

Bisa saja senter, lampu kecil, lampu LED USB, bahkan lampu neon LED dapat dimanfaatkan sebagai bagian latar belakang foto.
Bila foto dibuat dengan durasi cukup lama, misal 20 detik. Minimalkan cahaya yang digunakan agar foto tidak terjadi over exposure.

Dibawah ini adalah lampu neon 120mm portabel, membuat efek cahaya putih pada latar belakang objek.



Atau mengunakan senter dengan membentuk tulisan atau garis lengkung.





Atau seperti foto dibawah ini.

Cukup dengan satu foto, mengunakan filter cahaya biru sebuah senter. Efek cahaya biru akan terlihat dengan objek foto lebih gelap.

Belajar edit foto dengan efek cahaya berjalan latar belakang

Tidak ada batasan seperti apa efek cahaya di latar belakang foto yang anda buat.
Bisa dibuat bersama teman, atau sendiri. Atau membuat efek dengan tulisan, lingkaran atau garis ketika melukis cahaya untuk foto.

Bagian penting adalah mencoba. Hasilnya tidak dapat diduga, bahkan kita tidak menyangka efek foto dengan cahaya akan menarik atau malah tidak karuan sih.

Video dibawah ini menjelaskan proses mengambil gambar.

Dari tahap memberikan cahaya, mengabung 2 foto sampai foto final.

00:00 Sample step make Trail LIght with TL Tube LED
00:11 Step editing 2 foto with Lightroom
01:05 Step merger 2 foto with Adobe Photoshop
02:07 Step final editing with Lightroom
02:35 Photo Light Trail with single Blue led light
02:51 Photo Light Trail with single Red led light
03:42 Photo Light Trail with TL Tube LED



Apakah harus mengunakan DSLR. Berhentilah berpikir untuk membeli peralatan camera yang mahal. Gunakan smartphone untuk awal.
Perangkat camera hanya mengabadikan gambar, tapi mencoba , ambol gambar dan mengedit adalah satu hal berbeda. Hasil foto terbaik ada ditangan anda.

Apakah hasil foto lensa 24-105mm vs 70-200mm memberikan hasil foto yang sama. Walau objek foto dibuat dengan ukuran yang sama, tapi posisi camera harus lebih mundur dengan lensa telezoom. Bagaimana dengan hasil foto yang dibuat, dengan telezoom latar belakang gambar akan tampak bokeh. Sedangkan lensa yang dimulai dari 24mm lebih jelas

Pelajaran lengkap tekink membuat film dengan camera DSLR seperti tampilan efek cinema atau film bioskop. Dapat dipelajari bagaimana setting camera, mengambil video yang benar, dan software post production untuk merubah warna dan efek mood dari warna video. Teknik ini dibuat lengkap sampai output video mengunakan 2.35:1 atau ultra widescreen

Dari N-Photo memberikan rumus minimum kecepatan shutter ketika camera di pegang dengan tangan. Walau tidak menjamin tangan kita stabil ketika mengambil gambar, kemungkinan gambar tidak terjadi blur dengan rumus sederhana ini



Video Paralel world dunia yang menghilangkan semua orang, dibuat dengan foto tumpuk dan pastinya dengan software editing video. Claire&Max membuat dengan software Sony Vegas untuk proses edit foto.

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari.



Tip dari Fenchel dan Janisch, mengunakan DSLR untuk video film malam hari. Kelemahan camera dan camcorder sama saja, bila keduanya disetting otomatis. Keuntungan dengan DSLR, setting camera dapat diatur manual.

Membuat foto lucu dengan kecepatan tinggi dibahas oleh DigitalRev. Kali ini menceritakan beberapa teknik yang mungkin dibuat. Dari gaya Dark Defender, gaya kungfu dan lainnya.

Lupa apa namanya, banyak trik foto menarik bisa dibuat bersama rekan. Seperti efek melayang, efek seperti kekuatan Darth Vader dan lainnya. Yang diperlukan untuk membuat foto seperti ini dengan kecepatan camera, dan gaya si bintangnya.

Kemudahan pengunaan DSLR sebagai video camera lebih banyak menguntungkan. Seperti setting aperture, menganti lensa dan mengatur ISO untuk pencahayaan dapat memperbaiki kualitas video.

Video dengan durasi 30 menit lebih memberikan pelajaran bagaimana mengunakan lampu dan reflektor untuk objek foto


No popular articles found.