Sebuah bintang GJ9827 jaraknya 100 tahun cahaya terletak di konstelasi Pisces.

Di bintang GJ9827  memang terlihat 3 planet, dan terditeksi oleh teleskop Kepler pada misi ke 2 atau K2.

Dari ke 3 planet tersebut, sampai saat ini belum ada yang ditemukan lebih besar dari salah satu planet di bintang GJ9827
Membuat ilmuwan penasaran bagaiaman kondisi disana, dan bagaimana ke 3 planet dapat berkembang.

Planet GJ9827b dengan ukuran 1,64x lebih besar dari Bumi, planet GJ9827c 1,28x dan planet GJ9827d lebih besar lagi sampai 2x.

Salah satu kunsi untuk memahami sejarah planet adalah komposisinya. Apakah planet disana seperti bumi tapi tipe Super Earth, atau memiliki atmofer dengan angin sangat kuat dan sebagai tanda disana adalah planet gas seperti planet gas kecil.

Disini juga ditemukan hal berbeda setelah diteliti lebih lanjut.

Planet disana setingkat SuperEarth, setelah salah satu planet terditeksi memiliki ukuran planet berbatu tapi besar dan paling padat yang pernah ditemukan.

Peneliti Carnegie Johanna Teske yang dipimpin Steve Shectman, Sharon Wang, Paul Butler, Jeff Crane, dan Ian Thompson mengatakan adanya planet tersebut dapat membantu peneliti memahami bagaimana planet terbentuk. Mereka mengunakan perhitungan Planet Finding Spectrograph (PFS).

Perlatan PFS dikembangkanoleh Carnegie dan dipasang di teleskop Magellan Clay.

Urutan planet


Planet b memiliki radius 1,64x lebih besar dari Bumi. Dan massanya 8x lebih besar dari Bumi.
Planet c 1,29x, memiliki massa 2,5x
Planet d 2.08x dengan massa 4x

Ukuran planet tidak menentukan bentuk. Perhitungan dari alat spektrometer menunjukan massa planet b memiliki massa 8 kali dari Bumi. Menjadi salah satu planet dengan massa paling besar dan paling padat.

Planet d diperkirakan memiliki atmofer lebih padat. Menjadi pertanyaan mengapa di planet c memiliki atmofer lebih tipis dan menguap dibanding planet lain.
Sedangkan planet d seperti planet kecilnya Neptunus dengan awan tebal.

Sedangkan planet b diperkirakan memiliki kandungan besi sekitar 50%

Dan peneliti menyimpulkan urutan planet disana seperti membentang dari Super Earth atau planet berbatu sampai seukuran planet Neptunus kecil.

Tetapi kesimpulan dari teori tersebut masih perlu di buktikan lebih lanjut.

Bintang GJ9827 ada 3 planet seperti Bumi