Bintang GJ9827 ada 3 planet seperti Bumi


Kategori : Science | Date : 9 February 2018
Sebuah bintang GJ9827 jaraknya 100 tahun cahaya terletak di konstelasi Pisces.

Di bintang GJ9827  memang terlihat 3 planet, dan terditeksi oleh teleskop Kepler pada misi ke 2 atau K2.

Dari ke 3 planet tersebut, sampai saat ini belum ada yang ditemukan lebih besar dari salah satu planet di bintang GJ9827
Membuat ilmuwan penasaran bagaiaman kondisi disana, dan bagaimana ke 3 planet dapat berkembang.

Planet GJ9827b dengan ukuran 1,64x lebih besar dari Bumi, planet GJ9827c 1,28x dan planet GJ9827d lebih besar lagi sampai 2x.

Salah satu kunsi untuk memahami sejarah planet adalah komposisinya. Apakah planet disana seperti bumi tapi tipe Super Earth, atau memiliki atmofer dengan angin sangat kuat dan sebagai tanda disana adalah planet gas seperti planet gas kecil.

Disini juga ditemukan hal berbeda setelah diteliti lebih lanjut.

Planet disana setingkat SuperEarth, setelah salah satu planet terditeksi memiliki ukuran planet berbatu tapi besar dan paling padat yang pernah ditemukan.

Peneliti Carnegie Johanna Teske yang dipimpin Steve Shectman, Sharon Wang, Paul Butler, Jeff Crane, dan Ian Thompson mengatakan adanya planet tersebut dapat membantu peneliti memahami bagaimana planet terbentuk. Mereka mengunakan perhitungan Planet Finding Spectrograph (PFS).

Perlatan PFS dikembangkanoleh Carnegie dan dipasang di teleskop Magellan Clay.

Urutan planet


Planet b memiliki radius 1,64x lebih besar dari Bumi. Dan massanya 8x lebih besar dari Bumi.
Planet c 1,29x, memiliki massa 2,5x
Planet d 2.08x dengan massa 4x

Ukuran planet tidak menentukan bentuk. Perhitungan dari alat spektrometer menunjukan massa planet b memiliki massa 8 kali dari Bumi. Menjadi salah satu planet dengan massa paling besar dan paling padat.

Planet d diperkirakan memiliki atmofer lebih padat. Menjadi pertanyaan mengapa di planet c memiliki atmofer lebih tipis dan menguap dibanding planet lain.
Sedangkan planet d seperti planet kecilnya Neptunus dengan awan tebal.

Sedangkan planet b diperkirakan memiliki kandungan besi sekitar 50%

Dan peneliti menyimpulkan urutan planet disana seperti membentang dari Super Earth atau planet berbatu sampai seukuran planet Neptunus kecil.

Tetapi kesimpulan dari teori tersebut masih perlu di buktikan lebih lanjut.

Bintang GJ9827 ada 3 planet seperti Bumi

Disebut bintang katai merah atau Red Dwarf, lebih kecil dari ukuran matahari. Tidak terlalu panas, dan banyak yang memperkirakan bintang lebih redup nyaman untuk kehidupan. Program Hazmat memiliki tugas utama untuk mengambil data dari bintang kurcaci merah dengan aktivitas flare dalam rentang 40 juta tahun

Sebuah tata surya dengan bintang 55 Cancri, terdapat sebuah planet yang diketahui seperti tidak berputar. Planet 55 Cancri e masuk kategori super earth, tapi orbitnya lebih parahnya dengan  satu putaran 18 jam. Data tahun 2013 ditemukan kandungan atmofer planet, tetapi tetap saja menjadi planet panas

Peneliti mengatakan ada hubungan antara magnetik bintang dengan sinar X yang dipancarkan. Ketika bintang berusia muda, mereka masih aktif secara magnetis, dan membuat putaran bintang lebih cepat. Seiring jalan, bintang mulai kehilangan energi rotasi.



Planet EPIC 228813918b mengorbit ke sebuah bintang tipe M atau bintang kerdil. Memiliki kandungan 45% besi, dan mengorbit setiap 4,5 jam sekali atau seseorang akan berulang tahun setiap 4 jam sekali

Mendeteksi sebuah planet yang memiliki atmofer seperti Bumi bukan hal istimewa. Tapi menemukan planet dengan atmofer dengan ukuran kecil seperti Bumi, ceritanya berbeda. Planet GJ 1132b ini menarik, diketahui memiliki atmofer dengan ukuran 1,4x lebih besar dari Bumi.

Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.

Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.



Badai dengan jutaan petir lebih kuat dari Bumi, menjelaskan mengapa sinyal planet HAT-P-11b tertangkap oleh teleskop ruang angkasa. Di tahun 2009, mengapa planet ini dapat mengeluarkan sinyal radio. Kondisi alam yang membuat sinyal planet bisa ditangkap oleh teleskop di Bumi

Black moon atau bulan hitam terjadi setiap bulan, tapi 30 September 2016 menjadi blackmoon kedua atau bintang baru dimana bintang tidak terlihat. Terjadi setiap 32 bulan sekali dimana bulan baru terjadi pada satu bulan yang sama.

Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Alam semesta ini unik, hal yang tidak biasa dapat terjadi. Tidak selurunya selaras, ada bintang yatim, bintang biner. Satu lagi kelompok bintang M10 atau Globular Cluster NGC 6254. Kelompok bintang ini kadang menyebrang dari bawah ke atas dan kembali turun ditengah tengah galaksi kita.

Siapa yang melihat pembentukan planet ketika lahir. Disebut protoplanet, sebuah pembentukan planet dari sebuah tata surya. Planet kita tidak datang menjadi biru, tapi terbentuk jutaan tahun lalu dari sebuah protoplanet. Sebuah tempat disebut sebagai objek LkCa 15b terus dipantai sejak tahun 2011. Disana ilmuwan dari Keck menemukan ada planet baru atau planet bayi.

Planet GJ 1132b ditemukan mirip bumi. Jaraknya 39 tahun cahaya dari bumi, tapi ukuran planet saja yang hampir sama. Sekitar 1,2x lebih besar dari Bumi. Tapi disana sangat panas. Disebut sebagai planet Venus seukuran Bumi, memberikan kesempatan astronom melihat planet ini dan mempelajari tentang dunia di luar tata surya.



Bintang Hen 2-427 memiliki nama lain yaitu Nebula M1-67, dan di tengah yang menyala adalah bintang WR 124. Berada di konstelasi Sagitarius dan jaraknya 15.000 tahun cahaya dari Bumi.

Dalam sebuah galaksi terdapat kelompok bintang di beberapa tempat yang disebut globular cluster. Dimana bintang tersebut berkelompok dan jumlahnya sangat banyak. Bila bintang disana menjelang mati, akhirnya diketahui bintang akan bergerak menjauh dari kelompoknya

Apakah ada bintang yang paling jauh di pinggiran dari galaksi kita. Apakah hanya bintang yang berada di radius 100 ribu tahun cahaya.Bintang ULAS J0744+25 dan ULAS J0015+01 jaraknya 750 ribu dan 900 ribu tahun cahaya.

Mungkin kita bertanya seperti apa bentuknya. Seandainya Bumi menjadi bulan di planet Saturnus, Neptunus atau Jupiter yang lebih besar atau sebaliknya. Mungkin lebih indah, tetapi tidak untuk 3 planet yang besar


No popular articles found.