Banyak monitor bukan tren baru


Kategori : Shortstory | Date : 2 February 2018
Bila memiliki 2 monitor mengapa tidak.

Ada yang bertanya, apa gunanya mengunakan banyak monitor. Minimal mengunakan 2 atau lebih memang bisa meningkatkan kinerja.

Mengunakan 2 monitor atau lebih bukan lagi monopoli para insinyur, programmer bahkan para gamer. Bukan juga untuk wartawan saja yang membutuhkan monitor lebih banyak untuk membuat berita.

Memiliki 2 monitor pada computer lebih memudahkan membaca, misalnya satu monitor untuk menulis dan email, sedangkan monitor lainnya untuk Gimp, Twitter, Facebook dan Feed berita.

Tahun lalu sekitar 179 juta monitor telah terjual, sedangkan computer hanya 130 juta unit. Berarti ada yang mengunakan 2 monitor untuk computer baru.



Chuck Rossi 45th misalnya bekerja diperusahaan teknologi, mengunakan 3 monitor berbeda ukuran, dari 27 inch, 30 inch dan notebooknya 17 inch. Beda lagi dengan Ian Blaine 42 tahun sebagai eksekutif Platform sebuah perusahaan software video berbasis di Seattle. Dia mengunakan 2 monitor, satu untuk pekerjaan dan satu lagi untuk komunikasi.

Banyak monitor bukan tren baru



Profesor James Anderson pernah melakukan penelitian, apakah ada manfaatnya bila seseorang mengunakan 2 monitor atau lebih. James mengatakan, biaya penelitiannya memang di danai oleh perusahaan NEC. Yang notabene adalah perusahaan pembuat panel LCD dan monitor LCD. James mengatakan penelitiannya tidak terkait dengan pihak sponsor. Nyatanya mengunakan monitor lebih dari 1 dapat meningkatkan kinerja seseorang.



Contoh paling sederhana, anda bisa berhitung dimulai dengan pemakaian 1 monitor. Setiap berganti window pada layar, anda membutuhkan waktu 10 detik setiap 5 menit, minimal mencari posisi atau bacaan yang anda butuhkan. Bila dihitung selama 8 jam hari kerja, maka ada waktu yang terbuang selama 15 menit. Sedangkan mengunakan 2 monitor, anda tinggal melihat kelayar sebelahnya tanpa membuang waktu mencari bagian yang perlu dibaca.

Banyak monitor bukan tren baru

Penelitian menunjukan orang yang bisa bekerja lebih banyak bila area layar lebih luas. Bisa mengunakan beberapa monitor.

Tetapi bukan berarti 3 monitor tepat untuk anda. Ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan 2 monitor atau lebih.

Programmer dan editing video profesional umum mengunakan beberapa monitor di tempat pekerjaannya.

Serta mereka yang bekerja di bidang trading atau bursa saham. Umumnya mengunakan 3 monitor bahkan sampai 6.

Dengan beberapa monitor, informasi yang ditampilkan akan terlihat sekaligus, atau setidaknya sekilas dapat terlihat.
Dengan satu monitor penguna computer akan menghabiskan waktu lebih banyak hanya untuk mengeser Windows di layar. Atau menekan tombol AltTAB untuk mendapatkan informasi dari layar lain.

Pekerjaan travel agent dapat memanfaatkan 2 monitor. Alasannya, untuk melacak informasi lain dari email dan pesan masuk, sedangkan layar utama tetap digunakan untuk pekerjaan utama.
Tetapi pekerjaan travel agent tidak dapat mengandalkan 2 atau 3 monitor di tempat kerja. Bila mereka berhadapan langsung dengan pelanggan, alasannya sederhana, akan menutup interaksi dengan pelanggan.

Harga monitor sudah turun sangat jauh. 20 tahun lalu sebuah monitor 15 inci dengan resolusi 1024x768 mencapai $1900. Sekarang harganya tidak masuk akal dengan teknologi 20 tahun lalu, hanya $200 bahkan lebih murah dengan ketajaman FHD.

Anda percaya dengan pendapat diatas, atau memilih membeli 24 inch monitor agar tidak memakan tempat.

Samsung dan Apple adalah produsen nomor 1 dan 2 terbesar membuat smartphone. Dimana nomor 3. Apakah nama yang kita kenal seperti LG, Xiaomi, Huawei atau pabrik smartphone China lain.

Monitor Viewsonic XG3240C memiliki layar melengkung. Dengan kecepatan 144Hz, dan teknologi HDR10. Resolusi monitor 2560 x 1440 pixel

Acer ProDesigner PE320QK dirancang khusus untuk editing foto dengan computer. Menawarkan teknologi teknologi HDR Xpert , gambar lebih berwarna antara sisi gelap dan terang, dan mendukung 130% warna sRGB serta 95% standar DCI-P3.



Monitor Benq SW271 layar 4K untuk fotografi dengan akurasi warna dibidang foto. Monitor memiliki layar 4K 3840x2160 pixel dengan ukuran 27 inci

Viewsonic tampilkan 2 monitor paket hemat tapi dengan layar besar. Monitor Viewsonic VX3211-MH dan VX3211-2K-MHD, keduanya menawarkan lebar 31,5 inci dengan layar panel IPS.

Samsung C34H890 memiliki resolusi monitor dengan ketajaman UWQHD, mendukung Freesync dan kecepatan 100Hz. Tipe monitor layar Curved memiliki lebar sampai 1,6 meter dengan 3440x1440 pixel berukuran 34 inci.

Monitor Acer Predator Z35P memiliki lebar 35 inci. Resolusi layar dengan ketajaman 3440x1440 setara 2K dengan lebih lebar ke samping. Dapat mengunakan display dari Nvidia G-Sync.


No popular articles found.