Pada 25 Maret 200, Nasa meluncurkan satelit IMAGE dari pusat antariksa Vandenberg Air Force di California.

Mengirim sebuah satelit dengan roket Delta II.

Rencananya akan ditempatkan pada sudut 14,2 di ketinggian 640km.

Satelit Image digunakan untuk memonitor angin matahari dan dampaknya terhadap magnetosfer bumi.

Tetapi pada 18 Desember 2005, satelit kehilangan kontak tanpa alasan yang diketahui.

Berminggu-minggu Nasa mencoba mendapatkan kontak dengan satelit, dan satelit dianggap hilang.

7 Januari 2018, ketika roket Falcon 9 membawa muatan satelit intelijen milik pemerintah Amerika serikat diluncurkan. Tapi rocket Falcon 9 gagal mencapai orbit dan meledak.
Satelit ZUMA diklasifikasikan telah hilang.

Scott Tilly dari wilayah Colombia Amerika adalah seorang astronom amatir. Dia mencoba mencari dimana satelit tersebut telah lenyap. Mengunakan frekuensi S-Band dan spektrum radio dan dia mencoba mencari posisi satelit mata mata yang hilang.

Scott tidak menemukan keberadaaan Zuma, tetapi pada 20 Januari 2018 kemarin dia mendapatkan sinyal lain.

Sebuah sinyal tertangkap dan tidak biasa dengan parameter orbital. Hasilnya terus direkam dan dianalisa walau tidak mengarah tidak tepat, dan menunjukan sinyal berasal dari sebuah satelit.

Dia mengirim email dengan data yang ditemukan ke GSFC dan di konfirmasi oleh Richard Burley.
Dan diberitahu bahwa sinyal tersebut dari sebuah satelit IMAGE yang hilang ditahun 2005 lalu. Setelah pusat satelit DSN mencoba memverifikasi informasi tentang sinyal yang ditangkap oleh Scott, dan menghubungkan satelit IMAGE.

Tidak diketahui tepatnya apakah komunikasi satelit IMAGE kembali melakukan tranmisi ke Bumi. Mungkin saja ada masalah di satelit tersebut dan sistem satelit melakukan reboot ulang sampai kembali normal.

Tim peneliti masih mencari tahu kondisi satelit IMAGE. Seperti power baterai, muatan sain yang ada di satelit, dan kemungkinan masih dapat di kontrol dari Bumi. Mengingat sudah bertahun tahun satelit tersebut berada di ruang angkasa, dan dianggap hilang.

26 Januari 2018, tim Nasa telah mengkonfirmasi mendapatkan sinyal konstan dari satelit observasi IMAGE. Sistem satelit telah melakukan reboot, diperkirakan membutuhkan waktu 3 hari

Satelit observasi IMAGE dijadwalkan bekerja selama 2 tahun, tapi masih bekerja sampai 5 tahun dan dinyatakan hilang. Satelit memiliki orbit setiap 856 menit.
Membawa instrumen Atom Netral, Ultraviolet, Extrem Ultraviolet, Radio Plasma dan sistem data .

Dibawah ini gambar yang pernah dibuat oleh satelit IMAGE Nasa

Satelit hilang Image ditemukan astronom amatir setelah 18 tahun