Pendingin ruangan AC bahan air buatan NUS Singapura


Kategori : Technology | Date : 23 January 2018
Pengembangan mesin AC telah berusia 100 tahun. Mengambil tenaga dalam proses pendinginan.

Tapi teknologi baru dari peneliti Singapura NUS membuat mesin pendingin berbasis bahan air. Disebut Dev Point Evaporative Cooler.

Tidak memerlukan kompressor yang intensif mengunakan tenaga listrik, tidak memerlukan bahan kimia yang berbahaya untuk proses transisi suhu panas dan dingin.

Walau berbasis air, penyejuk ruangan yang dibuat dapat menurunkan suhu sampai 18 derajat Celcius.

Lebih hemat 40% konsumsi listrik di daerah tropis adalah AC kata seorang profesor Ernest Chua universitas Singapura. Mereka mengembangkan beberapa keunggulan dengan mesin AC mereka sendiri.

Pendingin ruangan bahan air buatan NUS Singapura

Air digunakan sebagai pendingin mesin AC mereka. Mengunakan teknologi membran inovatif yang menyedot kelembaban di udara.
Mesin AC dapat dibuat lebih hemat listrik, setidaknya 40% konsumsi listrik AC konvensional.

Mesin AC buatan NUS tidak melepaskan udara panas seperti mesin AC konvesional yang dilepas dengan kipas di bagian kompresor.

Setiap liter air yang digunakan seperti 15 liter air minum dapat diambil dari udara bahkan 5x lebih murni dibanding air kran di Singapura.

Chua mengatakan, teknologi pendingin mereka dapat disesuaikan di berbagai kondisi cuaca. Iklim lembah di daerah tropis hingga wilayah gersang padang pasir.



Saat ini tim NUS masih mengembangkan mesin AC buatan mereka. Setidaknya dalam disain yang ramah bagi penguna. Nantinya dapat digabung dengan fitur cerdas seperti pelacakan pemakaian energi secara realtime. Bila selesai, bisa saja AC rancangan NUS diproduksi oleh pabrikan.


Rancangan kedua penemu tersebut adalah lembaran seperti film. Memantulkan gelombang panjang matahari seperti cahaya inframerah yang membawa panas. Cukup mengunakan bahan plastik polymethypentede untuk melindungi rumah dari cahaya inframerah

Sangat banyak energi di bidang hidrokinetik, cukup menempatkan turbin di air. Walau gerakan aliran air yang lambat dapat menghasilkan power dari turbin mini. Idenya untuk pembangkit mini di tempat kemah, atau komunitas kecil dimana tidak memiliki aliran listrik

Bagaimana memanfaatkan botol bekas, apakah bisa dijadikan pendingin ruangan tanpa AC. Caranya sangat mudah, dengan modal beberapa botol plastik saja yang dipasang di jendela rumah. Mampu menurunkan suhu ruangan 5deg C lebih rendah. Tentu berdasarkan arus angin yang melewati botol bekas yang dijadikan arus udara masuk.



Rumah dengan atap hijau menjadi tantangan para arsitektur. Biayanya tidak murah, khususnya struktur bangunan. Tapi memberik dampak yang baik, membuat atap hijau akan memperbaiki suhu ruang rumah.  Salah satunya struktur bangunan harus kuat untuk menopang taman diatap rumah. Dan rumah harus dibuat terlindung dari kebocoran air dari taman diatasnya.

Suhu panas melanda India, mencapai 50 derajat Celcius. Seperti apa kondisi suhu panas di India, sampai menelan korban meninggal 1800 orang. Kondisi suhu panas pada minggu terakhir bulan Mei 2015 menjadi cuaca terburuk yang pernah tercatat. Mengapa suhu panas menjadi fatal

Ingin hemat energi ada beberapa cara sederhana. Dari menanam pohon dirumah, mematikan peralatan dari stop kontak, mengunakan microwave atau memperbaiki peralatan yang ada dirumah

Apakah mobil listrik ramah lingkungan. Pengisian baterai mobil listrik terkait dengan jaringan listrik dari rumah. Bila semua kendaraan diganti dengan mobil listrik, penyebaran panas mobil listrik hanya 20% dibanding mobil bahan bakar biasa. Artinya kota akan berkurang mengalami polusi panas dari kendaraan.



Pabrik mesin pesawat jet General Electric menjelaskan bagaimana mesin jet bekerja. Ada 4 tahap dari kerja mesin jet, disebut Suck, Squeeze, Bang dan Blow. Suck adalah memasukan udara di bilah putaran depan, Squeeze memasukan udara dalam aliran tekanan

Memotong plat baja yang tebal membutuhkan gas plasma. Tapi jarak benda yang dipotong harus dekat. Pemotong laser ini memotong dengan jarak lebih jauh, bahkan memotong metal seperti bukan benda apa apa.


No popular articles found.