Tahun 2014
Pengunaan baterai backup untuk pusat data center masih mengunakan UPS dengan 80% baterai timbal.

Sekarang pengunaan baterai Lithium meningkat. Sementara baterai accu biasa, memiliki kelemahan dengan kapasitas dan ukuran yang besar

Baterai accu timbal memberikan 20-30% power lebih rendah dibanding baterai lithium. Proses pembuatan baterai lithium lebih ramah lingkungan, ukuran lebih kecil dengan power lebih besar.

Salah satu produsen pembuat sistem baterai backup adalah perusahaan Quanta. Merancang baterai lithium untuk backup dengan 4 modul. Cukup memberikan cadangan power listrik pada server computer selama 3 menit.

Produsen lain Simplo Tech dan Dynapack Tech, sejak tahun lalu sudah mengirim modul baterai lithium untuk Delta Electric dan Lite-On. 2 perusahaan tersebut berbasis di Taiawn membuat UPS untuk Cloud Server.

Teknologi baterai lithium sudah sering dilihat pada perangkat power bank. Mungkin tidak lama lagi UPS di rumah akan mengunakan baterai lithium dibanding accu kering seperti generasi UPS saat ini


Tahun 2018.
Permintaan baterai lithium untuk UPS diperkirakan meningkat tahun ini.

Raksasa internet seperti Google, Amazon, Microsoft, Facebook dan HPE siap mengadopsi solusi power backup baru di server mereka.

Pembuat baterai asal Taiwan seperti Simplo Tech dan DynaPack Int telah mendapatkan keuntungan dari permintaan tersebut.

Teknologi UPS dengan baterai lithium tidak seperti teknologi UPS pada umumnya. Produsen memasukan baterai di dalam rack server. Setelah Quanta berhasil melakukan uji coba nertahun-tahun (sejak 2014). Dan sistem UPS lithiym dapat stabil menjaga computer tidak down akibat power listrik padam medadak.

Sementara data center masih mengunakan baterai Accu dengan alasan lebih murah. sekarang banyak operator datacenter mulai memindahkan sistem power backup ke UPS lithium.
Alasannya baterai dapat bertahan lebih lama, dan tingkat efisiensi lebih tinggi dibanding baterai timbal.

Dari produsen Taiwan. Produsen baterai Simplo dan DynaPack memasuk ke pabrikan UPS seperti Delta dan Acbel yang membuat produk power supply, serta Lite-On.
Dari pabrik Power Supply, produk baru dikirim ke pemasok datacenter.