Pertama kali dalam sejarah astronomi. Sekelompok tim astronom berhasil menemukan beberapa planet dalam sebuah tata surya.

Disebut tata surya K2-138 atau bintang K2-138, disana terlihat 5 planet berbatu.

Letak bintang K2-138 berada 620 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dari perkiraan awal sekitar 5 planet, tapi mungkin saja ada 6.

Dibanding tata surya kita, hanya memiliki 4 planet berbatu yang berada di bagian dalam.

K2-138 adalah singkatan dari K2 dan 138 nomor bintang, artinya K2 dibantu berdasarkan data teleskop Kepler.

Para astronom memperkirakan bintang K2-138 berukuran kecil, sekitar 0,45 atau 0,8 dari ukuran matahari.

Beberapa planet yang ditemukan diberi nomor K2-138b, c, d dan e serta f.

5 planet batuan tersebut memiliki ukuran menarik, antar 1.6x sampai 3.3x lebih besar dari Bumi. Masuk kategori super-earth karena ukurannya cukup besar.


Dari 5 planet yang ditemukan, sayangnya tidak ada yang tepat untuk lingkungan hidup.

Ke 5 planet juga memiliki konfigurasi orbital yang rapi, atau dikenal dengan resonansi. Setiap planet memiliki waktu putar 50% lebih lama untuk menyelesaikan satu orbit penuh dibanding planet selanjutnya.

Bintang K2-138 ditemukan astronom amatir ada 5 planet

Penemuan tata surya K2-138 bekerja sama dengan Nasa Kepler, dan dibantu oleh tim astronom profesional maupun amatir dalam program Exoplanet Explorers yang dimulai tahun 2017 lalu.
Penemuan 5 planet ini bukan hal besar, tapi menjadi temuan menarik karena ditemukan bukan dari badan antariksa sebuah negara.

Penemuan menarik sebenarnya ada di Trappist 1, dimana bintang disana memiliki 7 planet seukuran Bumi. Bahkan letaknya yang tepat dan lingkungan diperkirakan layak huni bagi kehidupan.

Setiap orang dapat login, dan mengetahui data dari teleskop yang diberikan Nasa. Lalu mereka mencari data atau adanya tanda tanda sinyal keberadaan planet akan diteliti kembali. Setidaknya 10 orang yang dapat melihat adanya data planet, baru dikonfirmasi bahwa disana memang terdapat planet. Mengingat teleskop Kepler telah mengumpulkan data sekitar 287.309 bintang dalam 3 tahun terahir.

Banyak cerita dari pengumpulan data tersebut, dimana para astronom dapat melihat data dengan banyaknya planet yang tidak biasa. Dari 44 planet berukuran seperti planet Jupiter, 72 planet seukuran Saturnus, 44 planet dengan ukuran seperti Bumi, dan 53 planet lain disebut Super Earth.