Bintang K2-138 ditemukan astronom amatir ada 5 planet


Kategori : Science | Date : 14 January 2018
Pertama kali dalam sejarah astronomi. Sekelompok tim astronom berhasil menemukan beberapa planet dalam sebuah tata surya.

Disebut tata surya K2-138 atau bintang K2-138, disana terlihat 5 planet berbatu.

Letak bintang K2-138 berada 620 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dari perkiraan awal sekitar 5 planet, tapi mungkin saja ada 6.

Dibanding tata surya kita, hanya memiliki 4 planet berbatu yang berada di bagian dalam.

K2-138 adalah singkatan dari K2 dan 138 nomor bintang, artinya K2 dibantu berdasarkan data teleskop Kepler.

Para astronom memperkirakan bintang K2-138 berukuran kecil, sekitar 0,45 atau 0,8 dari ukuran matahari.

Beberapa planet yang ditemukan diberi nomor K2-138b, c, d dan e serta f.

5 planet batuan tersebut memiliki ukuran menarik, antar 1.6x sampai 3.3x lebih besar dari Bumi. Masuk kategori super-earth karena ukurannya cukup besar.

Dari 5 planet yang ditemukan, sayangnya tidak ada yang tepat untuk lingkungan hidup.

Ke 5 planet juga memiliki konfigurasi orbital yang rapi, atau dikenal dengan resonansi. Setiap planet memiliki waktu putar 50% lebih lama untuk menyelesaikan satu orbit penuh dibanding planet selanjutnya.



Bintang K2-138 ditemukan astronom amatir ada 5 planet

Penemuan tata surya K2-138 bekerja sama dengan Nasa Kepler, dan dibantu oleh tim astronom profesional maupun amatir dalam program Exoplanet Explorers yang dimulai tahun 2017 lalu.
Penemuan 5 planet ini bukan hal besar, tapi menjadi temuan menarik karena ditemukan bukan dari badan antariksa sebuah negara.

Penemuan menarik sebenarnya ada di Trappist 1, dimana bintang disana memiliki 7 planet seukuran Bumi. Bahkan letaknya yang tepat dan lingkungan diperkirakan layak huni bagi kehidupan.

Setiap orang dapat login, dan mengetahui data dari teleskop yang diberikan Nasa. Lalu mereka mencari data atau adanya tanda tanda sinyal keberadaan planet akan diteliti kembali. Setidaknya 10 orang yang dapat melihat adanya data planet, baru dikonfirmasi bahwa disana memang terdapat planet. Mengingat teleskop Kepler telah mengumpulkan data sekitar 287.309 bintang dalam 3 tahun terahir.

Banyak cerita dari pengumpulan data tersebut, dimana para astronom dapat melihat data dengan banyaknya planet yang tidak biasa. Dari 44 planet berukuran seperti planet Jupiter, 72 planet seukuran Saturnus, 44 planet dengan ukuran seperti Bumi, dan 53 planet lain disebut Super Earth.

Di abad ke 17 Charles Messier astronom menemukan banyak benda di ruang angkasa. 93 nama masuk daftar di katalog Messier. Hubble membuat daftar benda ruang angkasa. Dari kelompok bintang, galaksi dan tentu saja yang baru ditemukan. Tentu dengan detil gambar dari teknologi di abad ke 20.

Sebuah bintang di tata surya akan berdampak dengan planet yang mengorbit. Tapi peneliti menemukan sebuah bintang Hat-P-2 disana terdapat exoplanet. Bintang kategori baru disebut BLAP yang kecerahannya berubah-ubah

Tata surya Epsilon Eridani menjadi jawaban dari misteri terbentuknya sebuah tata surya kita. Disini peneliti mencari jawaban bagaimana planet terbentuk, tapi lahir jauh dari sebuah bintang induknya. Karena tata surya kita dahulunya tidak seperti sekarang.



Sebuah bintang terlihat sedang membentuk akresi disk, dimana bentuk seperti ini nantinya menjadi sebuah tata surya lengkap dengan planet dan mataharinya yang baru.

Astronom menemukan bintang mengorbit ke sebuah bintang putih, tapi kecepatannya luar biasa. Ada yang aneh dengan bintang ini. Lubang hitam yang disebut X9 menarik materi gas dari bintang pendamping dan lubang hitam terkunci sampai 0,1% kecepatan cahaya

Cluster 47 Tucanae adalah tempat di galaksi kita dengan kelompok bintang sangat padat. Tidak itu saja, disana terdapat sebuah lubang hitam berukuran 2.000x massa matahari. Mengapa lubang hitam tersebut baru diketahui dan diteliti saat ini.

Nasa mengunakan teleskop Fermi untuk melihat ledakan sinar gamma di alam semesta. Kali ini menemukan hal unik, ditemukan 5 sumber gamma yang berasal dari lubang hitam raksasa dan tertua di alam semesta. Mengapa benda ini perlu dipelajari lebih lanjut.



Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.

Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi. Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.

KIC 11145123 atau bintang Kepler 11145123 letaknya 5000 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan oleh tim astronom Max Planck Laurent Gizon untuk penelitian universitas Gottigen Jerman.  Mereka mengukur seberapa bulat bintang tersebut.

Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun


No popular articles found.