Internet Speed Meter Android cara mengetahui kecepatan internet yang berjalan


Kategori : Software | Date : 2 January 2018
Cara mengetahu kecepatan internet
Mereka yang suka mendownload atau upload dari internet mengunakan smartphone Android.

Tentu ingin mengetahui seberapa cepat kecepatan internet yang sedang berjalan.

Setidaknya mengetahui koneksi internet memang baik dan stabil. Atau malah naik turun karena beban trafik internet sedang tinggi.

Bagaimana kita mengetahui kecepatan internet yang sedang berjalan, apakah smartphone Android sedang mendownload / upload cukup cepat.



Smartphone Android hanya menampilkan tanda di koneksi WIFI atau icon jaringan. Seperti aktivitas tanda panah yang naik dan turun atas aktivitas trafik internet dan data.

Tapi tidak memberikan informasi seberapa cepat internet bekerja, dan berapa kecepatan internet dalam angka sebenarnya misalnya kB atau mB. Kecuali kita mengunakan aplikasi seperti download manager, yang dilengkapi informasi kecepatan download.

Atau ingin mengetahui kecepatan upload, ketika membackup data ke cloud.

Beberapa aplikasi dibawah ini dapat memberikan informasi seberapa cepat kecepatan download dan upload dari smartphone.

Angka kecepatan download dan upload di layar smartphone dapat ditampilkan. Serta aplikasi yang menampilkan informasi dalam grafik kecepatan internet.



ke 4 aplikasi dibawah ini tanpa Nag Ad, tanpa mengambil data yang tidak perlu seperti Permission nakal lain. Hanya aplikasi yang menyediakan informasi kecepatan trafik internet di smartphone Android.


Internet Speed Meter Lite

Ukuran 960KB
Menyediakan icon kecil diatas layar smartphone, untuk kecepatan download dan upload internet dan network.
Ditambah fitur merekam data harian pemakaian trafik data.
Tetapi versi Internet Speed Lite tidak menampilkan gambar grafik. Informasi paling berguna ketika kita ingin mengetahui, apakah smartphone sedang terhubung ke jaringan LAN WIFI maupun internet.
Versi Internet Speed (Non Lite) yang memberikan tambahan dalam bentuk grafik.
Fitur merekam trafik data harian mungkin kurang bermanfaat, bila kita hanya ingin melihat kecepatan saja.

Internet Speed Monitor

862KB

Menampilkan icon dan grafik.
Termasuk data upload dan download, serta memonitor total pemakaian trafik internet / data dalam harian dan bulanan.
Aplikasi Internet Speed Monitor dapat di Exit bila tidak diperlukan.

Network Speed

36kb

Aplikasi paling kecil.
Memberikan informasi dalam bentuk grafik yang sederhana. Tapi tidak memiliki icon di atas task bar Android.
Cocok untuk kita yang membutuhkan data kecepatan internet yang sedang berjalan. Dengan melihat grafik yang ditampilkan dari aplikasi.
Sejak tahun 2012, aplikasi Network Speed tidak diperbaharui. Mungkin sudah cukup untuk fitur grafik sederhana.

Netwidth

243KB

Mengunakan RAM kecil, dan tidak mengumpulkan data pemakaian internet.
Aplikasi ini nyaris terselip dan tidak terlihat, sehingga tidak banyak yang mengunakan.
Hanya angka yang menunjukan kecepatan download dan upload dari smartphone Android.
Pada layar, icon angka dapat digeser, dikecilkan atau diperbesar.
Fungsi sederhana walau minus fitur lain seperti grafik. Dan penempatan icon tidak dapat di garis Task Bar Android.

Glasswire Data Usage Monitor
Aplikasi memeriksa kecepatan ini diluar dari 4 diatas. Karena memerlukan space 2,5MB dan berbayar untuk item yang dibutuhkan.
Memerlukan Device ID dan Call Information Permission. Bagi yang ingin mengetahui berapa trafik internet yang digunakan setiap aplikasi, termasuk pemakaian internet harian dan bulanan. Terlihat Glasswire lebih tepat.
Tapi untuk penguna yang ingin melihat kecepatan internet saja, terlihat Glasswire dan aplikasi dengan fitur sejenis terlalu lengkap.

Dibawah ini tampilan 4 aplikasi yang dicoba untuk mengetahui kecepatan trafik internet.


Perusahaan Cloudflare luncurkan DNS sendiri. Cloudflare bekerja sama antara Cloudflare dan APNIC. Sistem IP 1.1.1.1 menjaga privasi penguna, dan dalam waktu 24 jam akan dihapus agar tidak dapat ditelusuri.DNS 1.1.1.1 Cloudflare dapat menjadi alternatif dari DNS Google 8.8.8.8. Setting DNS di smartphone. Update Cloud9

Cara membatasi pemakaian kuota internet. Agar tidak melewati batas kuota, dan otomatis network / koneksi ke internet di nonaktifkan otomatis. Fungsinya agar smartphone dapat menentukan kapan batas kuota internet habis, dan smartphone memutuskan koneksi paket data.

Kadang suara smartphone membuat orang lain tertawa. Atau kita memang bosan mendengar suara yang sering terdengar di smartphone. Bagaimana menganti atau menambah suara di smartphone Android. Misal menganti suara Ringtone atau Notification.



Memperbaiki pesan Fix Connection Problem or Invalid MMI Code. Karena sinyal pada smartphone salah jaringan atau signal yang lemah. Menyebabkan tidak dapat mengirim permintaan ke *123#. Untuk memperbaiki erro  Fix Connection Problem or Invalid MMI Code Fix pada smartphone Android dapat diperbaiki sendiri.

Setting Android 4G LTE , 3G atau 2G. Dapat mempercepat internet di smartphone dengan 4G LTE bila berada di area 4G.Fitur. Fitur lain mematikan layanan sinyal radio smartphone Android bila tidak terpakai.

Skyline - Live Wallpaper With Global 3D Terrain. Wallpaper di depan layar Android ini seperti langsung menampilkan posisi keberadaan pemilik smartphone. Menampilkan peta kontur 3D melalui gambar MapBox

Aplikasi Imo Messenger Android telah di download setengah miliar kali di Play Store. Ada yang menarik dari aplikasi ini. Permission yang dibutuhkan juga tidak banyak dan realtif umum. Hanya 6MB saja, stiker dan grup. Indonesia sudah rangking 10



Selfissimo Android adalah aplikasi foto selfie. Yang ini aplikasi camera dari Google. Selfissimo sebuah aplikasi eksperiman dengan teknologi penelitian. Akan mengambil foto otomatis setiap kali anda berpose di depan smartphone.

Aplikasai Haven seperti aplikasi mata mata. Memanfaatkan smartphone menjadi perangkat security. Mendeteksi dari getaran, suara, cahaya, dan aktif untuk merekam mengambil gambar bila sensor aktif. Target penguna adalah ancaman terhadap jurnalis, bagi masyarakat dapat mengamankan ruangan atau tempat kantor.

Google membuat Datally: mobile data-saving & WiFi app. Mungkin anda bingung aplikasi yang bikin boros kuota internet. Datally akan memeriksa dan memberikan laporan, aplikasi apa saja yang perlu dihentikan bekerja background karena menghabiskan paket internet.

Memerika file APK Android dengan browser sebelum di Install. Beberapa aplikasi APK Gratis seperti APK versi Pro banyak yang dimodifikasi, dan diberikan gratis. Tapi apakah aman download APK gratis tersebut. Beberapa tidak, bagaimana memeriksa dengan computer sebelum di install ke smartphone Android

Aplikasi Family Link dapat meremote smartphone lain untuk dikendalikan dari jarak jauh. Seperti mematikan akses, melihat berapa lama smartphone digunakan. Aplikasi untuk kontrol anak anak dari smartphone orang tua

Memeriksa malware dari layanan Google dengan Google Play Protect dapat diaktifkan dari smartphone. Sekarang dapat diperiksa apakah ada aplikasi berbahaya di smartphone. Cara setting Google Play Protect.



Bagaimana membuat foto jalan menjadi video bergerak. Dengan Google Street View, foto jalan dapat direkam dari computer tidak perlu keluar rumah. Update bisa melihat di ruangan di stasiun ruang angkasa ISS

Apakah VoLTE mengunakan jalur 4G LTE untuk panggilan telepon dan mengaktifkan VoLTE pada smartphone. Suara telepon VoLTE tidak menurun kualitasnya dibanding panggilan dengan 3G atau 2G. Bahkan dengan panggilan melalui jaringan VoLTE hanya membutuhkan 4 detik. Dibutuhkan perangkat yang mendukung jaringan VoLTE.

Informasi Cuaca Indonesia adalah aplikasi Android dari BMKG. Memberikan perkiraan ramalan cuaca Indonesia, perringatan dini seperi terjadinya gempa, melalui smartphone.

Google Now Launcher adalah Launcher buatan Google sendiri. Membuat tampilan smartphone bersih dan sederhana. Berbeda dengan disain depan smartphone, harus memilih aplikasi dengan mengeser menu ke kiri dan ke kanan. Google Now Launcher mengunakan scroll dari atas ke bawah, seperti memilih menu aplikasi di browse

Droid Over Wifi Pro untuk tranfer download dan upload file dari smartphone Android ke computer via browser. Versi gratis dapat di install untuk OS Android 2,3+, sedangkan versi Pro hanya OS Android 4.0. Yang menarik dari aplikasi ini dapat melihat ukuran file

Aplikasi hemat baterai smartphone dari Avast Battery Saver baru dirilis Feb 2015. Avast mampu mengatur penghematan baterai ponsel sampai 20%  dan disediakan gratis. Avast Battery Saver akan mengatur koneksi internet, kecerahan layar LCD, waktu timeout sesuai kebutuhan user


No popular articles found.