Boeing MQ-25 pesawat drone ini bukan untuk peperangan. Disain pertama disebut RAQ-25 sebelum diganti menjadi MQ-25 Stingray.

Tapi sebuah drone pengisian bahan bakar di udara.

Dirancang untuk terbang di atas kapal induk. Pengembangan pesawat oleh Phantom Works tersebut sangat tertutup.

2 produsen lain Lockheed Martin dan General atomics juga membangun pesawat armada tanker udara tanpa awal. Dan semua drone sejenis harus dapat terbang dan mendarat di atas kapal induk.

Siapapun perusahaan yang mampu membuat, setidaknya sebuah drone memiliki kemampuan membawa  7,5 ton bahan bakar untuk pengisian bahan bakar jet tempur. Dan harus mampu mengirim bahan bakar sampai jarak 750 km ke pesawat tempur yang terbang.

Pemenang kontrak akan mendapatkan pesanan 76 pesawat dari pemerintah Amerika. Menjadi satu regu drone atau pesawat tanpa awak lainnya.

Angkatan laut meminta pengujian sebelum mereka membeli. Dan setiap perusahaan harus menyediakan 4 prototip agar spesifikasi drone tanker tanpa awak mereka memenuhi syarat.


General Atomics masih merilis disain konsep. Tapi Boeing-lah yang berhasil memamerkan dalam bentuk jadi.

Boeing MQ-25 stingray akan mendukung pengisian bahan bakar di udara untuk pesawat F-A 18 Super Hornet.

Serta pendukung pesawat serang ERA-18G Growler. Dan tentu saja jet tempur siluman terbaru F-35C Lighting II Joint Strike Fighters.

Kecanggihan pesawat tanpa awal Boeing MQ-25 memiliki sayap yang dapat diperluas, bila diperlukan untuk pemasangan persenjataan.

Kebutuhan tangker udara Boeing MQ-25 untuk mengantikan pesawat tangker udara konvensional. Saat ini Amerika lebih mengutamakan pesawat F 18 Hornet dan F35. Sayangnya hanya 30% F-18 yang siap tempur.

Tingkat kesiapan F-18 beberapa tahun terakhir cenderung menurun.  Dan pesawat terus dilakukan perawatan serta pemeliharaan.



Dengan sistem tangker udara, pesawat tipe Hornet F-18A dapat menambah jarak pertempuran. Dari 450 nautical mile, menjadi lebih dari 700 nmi.

Lockheed merancang mesin tangker udara seperti Stealh Bomber B-2 Spirit. Mengunakan satu mesin dengan pendorong dibagian belakang.