Kota Shenzhen tidak berisik karena bis listrik walau harus dibayar mahal


Kategori : Green | Date : 31 December 2017
Ingin kota menjadi maju. Lihatlah kota Shenzhen China.

Indonesia memiliki layanan bus TransJakarta, tapi masih mengandalkan baban bakar BBG.

Itupun diperdebatkan, harga bus yang mahal, produk dari Eropa. Walau kita tahu daya tahan bus dengan mesin BBG akan lebih murah, setidaknya tidak menimbulkan emisi gas buang berlebih seperti mesin diesel.

Bila ingin maju satu langkah, ada a di Shenzhen.

Tahun depan ada 500 taksi hijau untuk daerah bisnis, tentu saja taksi listrik. Dan menghilangkan pemakaian 116 ribu ton bahan bakar.

biskota listrik

Kota ini tidak kepalang tanggung, memiliki armada 16.359 bus dan lebih dari separuhnya te;aj mengunakan power baterai.

Diproduksi oleh perusahaan BYD yang terkenal kemampuannya membuat bis listrik di China. Dan beberapa bis listrik digunakan di bandara di Eropa.

Dengan target tahun 2020, semua armada bus kota Shenzhen akan mengunakan power listrik seluruhnya.

Perpindahan bus listrik tidak semudah membalik tangan. Pemerintah kota harus membuang lebih dari 16.000 bus bertenaga diesel.



Pengisian baterai, dibangun 510 stasiun. Dan tambahan 8.000 tiang tempat pengisian baterai.

Menurut EyeShenzhen, satu stasiun dapat mengisi power 0% sampai full charge dalam waktu 2 jam saja. Dan melayani 300 kendaraan setiap hari.

Untuk apa kota Shenzhen berinvestasi sangat mahal hanya untuk transportasi publik.

Asap, China sempat bermasalah dengan kota asap. Dengan armada bis listrik dapat menurunkan gas CO2 sampai 1,35 juta ton pertahun.

Tidak sampai disana, suara bising bis semakin menghilang. Karena separuh bis mengunakan power baterai dan tidak bising.

Manfaat lain, biaya. Sekitar 75% dapat di hemat dari pemakaian energi dibanding mengunakan bahan bakar diesel.
Untuk biaya, diperlukan subsidi sampai $490 juta atau setara 6 trilyun rupiah lebih.

Tapi biaya pemerintah untuk mensubsidi bis listrik jauh lebih baik, ketimbang membayar untuk kota yang berasap.

Setiap kota besar menghadapi masalah kemacetan dan jumlah kendaraan di dalam kota. Banyak solusi, salah satunya penyewaan skuter listrik. Lagi lagi solusi ini berhenti, masalahnya bukan dari perusahaan pembuat jasa. Tapi dari masyarakat yang mengendarai.

Nissan mendaur ulang baterai bekas mobil Leaf. Ketika kapasitas baterai drop sampai 75%, baterai bekas dapat dimanfaatkan untuk menyimpan listrik dirumah. Dijual lebih murah untuk penyimpan energi dari panel surya dan turbin angin.

Main petak umpet di China, teman anda akan lama sekali bersembunyi. Di daerah Harbin, polusi asap mampu menghilangkan orang dalam jarak 3 meter. 4 tahun berlalu pemerintah China memenangkan perang, cepat walau belum mencapai target WHO



Berhadapan dengan badai di gunung. Mimpi buruk bagi petualang atau pencinta alam. Angin di puncak gunung kadang tidak dapat diperkirakan. North Face Geodome 4 bahkan tahan menahan angin sampai 100km perjam. Tenda dengan dua lapis tahan air dan tahan angin berbentuk bulat

Berapa banyak sampah plastik digunakan manusia. 44,8% digunakan untuk kemasan, termasuk botol minuman dan tas plastik. Angka sampah plastik dapat dikatakan fantastik, melebihi produk yang pernah dibuat oleh manusia kecuali semen dan besi.

Bagaimana berhemat untuk berlibur. Contoh dari mereka yang berhasil mengurangi biaya sehari hari, dapat melunasi biaya hidup yang besar. Dan jalan jalan keliling dunia dengan gaya berkelas.

Sebuah sekolah di Denmark memasang 12 ribu panel solar cell. Menyediakan hampir separuh kebutuhan listrik untuk sekolah sendiri.setiap tahun. Luas sekolah mencapai 25 ribu meter persegi, sedangkan panel dipasang di dinding dan atap gedung seluas 6 ribu meter.



Pembangkit matahari dengan panel surya terbesar ada di India dan China. Mengalahkan pembangkit negara lain, India masih menduduki nomor satu untuk pembangkit di satu tempat. Setelah proyek Ningxia selesai, maka China memegang rekor pembangkit sinar matahari terbesar di dunia dan meninggalkan negara maju lain.

Avionic V1 dengan disain motor Chopper. Tapi tetap namanya sepeda dengan disain copper. Avionic V1 mengunakan warna kulit, bagian lampu dibuat dari kayu Jabota. Dari depan gayanya mirip Moge, tapi dari depan baru keliatan aslinya

Bagaimana menanam sayuran di rumah. Tidak perlu bibit untuk daun bawang, bawang, selada, kentang, jahe, daun sawi. Karena sayuran ini dapat tumbuh dari tubuhnya sendiri. Bagaimana cara menanam sayuran tersebut.

Tahun 2016 lalu, mobil listrik Nio EP9 di uji coba di Nurburgring Nordschleife dengan menyelesaikan satu lap 6 menit 49 detik.Selisih 6 detik dari Lamborghini. Dengan kekuatan 1350 HP, dengan top speed di atas 300km perjam

Dalam beberapa tahun banyak orang berpaling dari daging. Hampir 2,1 juta orang dewasa di Australia sekarang diet, bahkan sebagian menjadi vegetarian. Apa benar makan sayur umur lebih panjang, atau ada faktor lain


No popular articles found.