Bintang Pi1 Gruis si raksasa merah


Kategori : Science | Date : 21 December 2017
Mengunakan teleskop besar VLT milik ESO dan mengunakan instrumen Pionier.

Peneliti dapat melihat bintang Pi1 Gruis walau jaraknya sangat jauh.

Bintang ini mengalami reaksi sebagai bola gas thermonuklir di bagian luar.

Peneliti dapat melihat getaran bintang, dimana permukaan bintang dapat lebih jelas terlihat.

Ukuran bintang Pi1 Gruis sekitar 700x lebih besar dari matahari kita. Dan mendapatkan tipe bintang sekelas Red Giant atau raksasa merah.

Letak bintang Pi1 Gruis berada di rasi crus, dan jaraknya 530 tahun cahaya dari Bumi.

Cahaya bintang ini begitu terang, mencapai ribuan kali dari kekuatan cahaya matahari.

Bintang Pi1 Gruis sebenarnya bintang yang hampir mati. Suatu hari nanti, hidrogen sebagai bahan bakar bintang akan habis. Dan menghentikan tahap pertama dari fusi nuklir bintang. Bintang akan menyusut kembali karena kehabisan energi.
Membuat bintang menjadi sangat panas mencapai 100 juta derajat.
Suhu ekstrim tersebut akan memicu tahap kedua. Dan menyatukan gas helium menjadi atom lebih berat, dan berubah menjadi atom karbon dan oksigen.





Inti yang sangat panas kemudian mengeluarkan keluar dari lapisan bintang. Dan akan membuat ukuran bintang membengkak kembali, tapi ketika proses terjadi ukurannya menjadi ratusan kali lebih besar dari ukuran awal bintang.



Nasib bintang ini akan berakhir, setidaknya nanti.

Asteroid 2015 BZ509 dipastikan bukan berasal dari tata surya. Datang dari antar bintang lain, dan menetap di tata surya. Peneliti melakukan simulasi sampai ke jaman primordial atau sampai ke pembentukan tata surya dan planet. Karena orbitnya nsik turun di sekitar planet tata surya

2 bintang biner, sebenarnya bukan hanya biner. Tapi 2 bintang ini akan saling bertabrakan. Jarak kedua bintang dari Bumi sekitar 1800 tahun  cahaya dari Bumi. Bila perkiraan astronom benar, kedua cahaya tabrakan bintang dapat dilihat dari Bumi secara visual.

Tata surya kita sangat stabil, juga isi galaksi kita. Seluruh benda mengorbit ke tengah galaksi,a. Apakah semuanya memang seperti perkiraan kita. Peneliti mengatakan bintang Velocoty bukan dari galaksi Bima Sakti. Update video



Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.

Bintang raksasa akan saling bertabrakan dan bergabung menjadi satu. Bintang MyCam, keduanya begitu dekat dan suatu hari akan bersatu menjadi ukuran lebih besar lagi. Sekarang keduanya saling mengorbit sangat dekat

Ruang angkasa adalah ruang waktu. Begitu jauh melihat, begitu jauh cahaya yang ditangkap oleh camera. Salah satunya sebuah bintang 1404191 yang meledak dan tertangkap oleh teleskop khusus sebagai cahaya sinar gamma. Tercatat sebagai GRB 140419A

Teleskop di Chili menelaah sebuah bintang kuning yang pernah di abadikan saat ini ternyata kembar. Menjadi bintang kuning terbesar yang pernah di abadikan. Bintang HR 5171 A memiliki jarak 12 ribu tahun cahaya dari bumi.



Satu objek di galaksi M82 ditemukan sebuah cahaya sangat besar. Ilmuwan mengatakan sebuah cahaya begitu cerah di galaksi tersebut, ada sebuah ledakan supernova. Cahaya yang terditeksi 21 Januari 2014 kemarin

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.


No popular articles found.