Seagate Multi-Actuator harddisk 2x lebih cepat


Kategori : Technology | Date : 19 December 2017
Teknologi storage harddisk dengan multi lengan untuk membaca dan menulis data
Kecepatan harddisk menjadi terbatas, karena mengunakan satu lengan untuk membaca data di piring / platter harddisk.

Walau kecepatan putaran platter harddisk performa berada di 7.200 RPM bahkan harddisk kelas kecepatan tinggi sudah mencapai 10.000 RPM.

Tranfer data dengan 1 lengan pembaca hanya meningkat sedikit.

Kemampuan produk harddisk dengan kerapatan platter semakin tinggi. Dari 6-8TB untuk platter biasa dan harddisk terbaru di tahun 2017 mencapai 10-12TB.
Di dalam harddisk yang tertutup rapat dimasukan gas helium (penganti vakum gas), untuk menekan efek friksi atau gesekan pada harddisk.
Masalahanya tetap sama, hanya satu lengan yang membaca di setiap platter.

Seagate mengembangkan Multi-Actuator, sebuah harddisk dengan begitu banyak platter untuk menampung data. Tetapi dibaca dengan dua actuator atau 2 lengan harddisk.

Kecepatan harddisk saat ini berkisar 250MB/s. Bagaimana bila harddisk dibuat sampai 40TB setara 3x kapasitas harddisk saat ini.

Harddisk Multi-Actuator masih dalam konsem. Kapasitas harddisk sekarang memiliki 8 platter dengan 16 head. Dan lengan pembaca bergerak bersamaan.
Dengan memisahkan 2 bagian dimana 4 platter di baca dengan 16 head harddisk, cukup ditingkatkan jumlah platter dan actuator menjadi 2x.
Dengan putaran piring harddisk yang sama, 2 lengan pembaca akan bekerja terpisah

Seagate VCM - Voice Coil Magnet dapat diproduksi dengan harga lebih murah untuk meningkatkan kecepatan harddisk serta menambah kapasitas storage.





Seagate mengatakan harddisk teknologi multi actuator akan berukuran sama kecil seperti harddisk 3,5 inci.

Teknologi harddisk
Seagate mengembangkan HAMR (Heat Assisted Magnetic Recording), seperti laser kecil untuk meningkatkan kapasitas harddisk. Storage akan mencapai 20TB+ di tahun 2019, dan 40TB+ pada tahun 2023.

WD mengembangkan MAMR (Microwave Assisted Magnetic Recording). Kapasitas harddisk akan mencapai 40TB+ pada tahun 2025.

Teknologi harddisk boleh berubah, kecepatan terus meningkat. Tetapi bagi penguna, harga harddisk saat ini sudah murah. Tidak perlu teknologi yang baru, cukup mengunakan teknologi PMR yang dipastikan aman. Dengan 6-8TB kapasitas harddisk saja, entah mau di isi apa saja di dalamnya.


www.obengplus.com/artikel/articles/262/1/Harddisk-WD-Black-6TB-Review.html
Apa manfaat dual camera, satu lagi Island Camera. Disain smartphone bezeless dengan model Fullview Screen, menghilangkan tombol home dan dipindah ke bagian layar membuat layar smartphone lebih lebar. Camera Notch disisipkan diatas smartphone, membuat Google merancang posisi jam di kanan atas akan dipindah. Tren 2018 mungkin smartphone akan lebih banyak tampil dengan layar 6+ inci

Teknologi gas helium membantu kapasitas harddisk dibuat lebih besar. Toshiba mengunakan teknologi CMR atau Conventional Magnetic Recording. Dan tidak merubah posisi platter dengan teknologi SMR. Mengunakan 9 disk model harddisk Toshiba MG07ACA dapat dimanfaatkan sebagai harddisk storage kapasitas besar

Intel Core H menyatukan 3 komponen dari sebuah perangkat computer. Memberikan ruang kosong untuk disainer notebook seperti menambah kapasitas baterai. Kemampuan Core H adalah procesor pertama yang mengunakan teknologi EMIB



Satu teleskop raksasa Fast selesai dibangun di provinsi Guizhou, mungkinkan China menjadi bangsa pertama yang mendengar Alien.. Ukuran 500 meter, konstruksi memanfaatkan alam di sekitar. Menjadi teleskop radio terbesar untuk mendengar alien sampai 1000 tahun cahaya. Sekarang butuh ahli digaji 1,2 juta dollar pertahun

Western Digital menambah 2 model harddisk WD Red dan WD Red Pro dengan kapasitas monster 10TB. Harddisk mengunakan gas helium untuk menekan friksi, model terbaru juga lebih cepat.

Bila anda sudah remaja di era sampai 90an. Mungkin anda pernah merekam file MP3 ke sebuah disc CD. MP3 sudah berusia 22 tahun. Tetapi kabar terbaru Institut Fraunhofer telah mengakhir beberapa lisensi hak paten dan secara resmi menghentikan izin MP3

Seri harddisk Western Digital tampilkan WD Purple dengan kapasitas 10TB.Mengunakan teknologi Helium dikembangkan Firentochter. Harddisk WD Purple dirancang untuk bekerja selama 24 x 7 hari



Dari ketinggian 34 ribu km, disana terdapat satelit cuaca Himawari-8. Mengambil gambar untuk peringatan cuaca, seperti topan yang berada di Asia dengan resolusi tinggi 5500x5500 pixel. Keunggulan satelit Himawari dapat mengambil foto setiap 10 menit, atau rata rata sehari mengirim gambar cuaca 144 gambar

2004 perangkat Switch Hub mampu mendistribusi jaringan computer agar bekerja lebih efisien. Tapi perangkat tersebut mencapai $5000, 10 tahun lebih berlalu harga switch hub semakin murah. Mampu menangani trafik data lebih efisien dalam jaringan puluhan computer.

Computer termahal yang pernah dijual dalam sejarah. Dari computer untuk menghitung pendaratan Apollo, computer untuk kalkulator, sampai computer desktop performa pertama untuk konsumen dirumah. Tidak ada LCD, tidak ada Gigabyte Storage, walau masih ada teknologi terbaru dengan Harddisk kapasitas MB saja.


No popular articles found.