Kecepatan harddisk menjadi terbatas, karena mengunakan satu lengan untuk membaca data di piring / platter harddisk.

Walau kecepatan putaran platter harddisk performa berada di 7.200 RPM bahkan harddisk kelas kecepatan tinggi sudah mencapai 10.000 RPM.

Tranfer data dengan 1 lengan pembaca hanya meningkat sedikit.

Kemampuan produk harddisk dengan kerapatan platter semakin tinggi. Dari 6-8TB untuk platter biasa dan harddisk terbaru di tahun 2017 mencapai 10-12TB.
Di dalam harddisk yang tertutup rapat dimasukan gas helium (penganti vakum gas), untuk menekan efek friksi atau gesekan pada harddisk.
Masalahanya tetap sama, hanya satu lengan yang membaca di setiap platter.

Seagate mengembangkan Multi-Actuator, sebuah harddisk dengan begitu banyak platter untuk menampung data. Tetapi dibaca dengan dua actuator atau 2 lengan harddisk.

Kecepatan harddisk saat ini berkisar 250MB/s. Bagaimana bila harddisk dibuat sampai 40TB setara 3x kapasitas harddisk saat ini.

Harddisk Multi-Actuator masih dalam konsem. Kapasitas harddisk sekarang memiliki 8 platter dengan 16 head. Dan lengan pembaca bergerak bersamaan.
Dengan memisahkan 2 bagian dimana 4 platter di baca dengan 16 head harddisk, cukup ditingkatkan jumlah platter dan actuator menjadi 2x.
Dengan putaran piring harddisk yang sama, 2 lengan pembaca akan bekerja terpisah

Seagate VCM - Voice Coil Magnet dapat diproduksi dengan harga lebih murah untuk meningkatkan kecepatan harddisk serta menambah kapasitas storage.





Seagate mengatakan harddisk teknologi multi actuator akan berukuran sama kecil seperti harddisk 3,5 inci.

Teknologi harddisk
Seagate mengembangkan HAMR (Heat Assisted Magnetic Recording), seperti laser kecil untuk meningkatkan kapasitas harddisk. Storage akan mencapai 20TB+ di tahun 2019, dan 40TB+ pada tahun 2023.

WD mengembangkan MAMR (Microwave Assisted Magnetic Recording). Kapasitas harddisk akan mencapai 40TB+ pada tahun 2025.

Teknologi harddisk boleh berubah, kecepatan terus meningkat. Tetapi bagi penguna, harga harddisk saat ini sudah murah. Tidak perlu teknologi yang baru, cukup mengunakan teknologi PMR yang dipastikan aman. Dengan 6-8TB kapasitas harddisk saja, entah mau di isi apa saja di dalamnya.