Belajar low pass filter di sensor apakah masih dibutuhkan


Kategori : Digital | Date : 17 December 2017
Sejak camera DSLR dipasarkan pada bagian sensor dipasangkan sebuah filter untuk menghindari efek moi
Low pass Filter digunakan sejak lama, khusus untuk sensor camera.

Mencegah gangguan efek gambar atau moire dari objek foto. Membuat hasil foto lebi baik, membentuk pola seperti biasa.

Efek tersebut sering muncul di TV model lama, seperti muncul strip garis lain di baju atau jaket dengan pola bergaris.
Hal ini juga terjadi pada camera DSLR.

Disebut AA Anti Aliasing untuk memperhalus tampilan gambar. Mereka yang mengenai permainan 3D mengetahui fitur AA. Membuat gambar lebih halus dengan bantuan proses dari setting driver grafik.

Tetapi kebalikan di camera, fitur AA dengan mengunakan Low Pass Filter belum tentu dibutuhkan khususnya camera dengan sensor tinggi.

Letak Low Pass Filter ditempatkan dibagian depan sensor. Gambar di saring dengan sebuah filter khusus agar gambar tertangkap oleh sensor lebih halus.

Letak low pass
 di sensor

Teknologi saat ini, resolusi sensor semakin tinggi. Foto dengan bentuk pola semakin baik.

Ketika gambar diambil, sensor mengunakan 2 pola pixel, satu merah dan satu biru dengan 2x2 berulang. Hal ini dapat menyebabkan pinggiran warna muncul artifak. Membuat seperti gambar halus pada gambar dengan garis sangat halus.

Solusinya dengan Low Pass filter.  Memungkinkan frekuensi rendah seperti detil kasar diperhalus. Singkatnya filter low pass dapat mengkaburkan detil pixel dan mengurangi foto dengan tampilan moire.



Nikon seri D7100 dan D800E tidak lagi mengunakan low pass filter dan menampilkan gambar tetap halus.


Filter low pass di sensor apakah dibutuhkan lagi

Tetapi munculnya moire pada gambar bukan tidak terjadi lagi. Bila muncul moire pada foto, dapat diperbaiki dengan software foto editing.

Pentax memiliki teknik baru, membuat simulator filter anti aliasing. Tapi di sensor tidak dipasangkan low pass filter untuk camera dengan senosr diats 20MP+
Seperti Pentax K-s2, atau K-5 II S.

Nikon ketika meluncurkan D800 datang dengan low pass fiter. Namun model varian lain D800E tidak dan efeknya tidak masalah.
Nikon D810 tidak lagi mengunakan low pass filter, termasuk model Nikon APS-C D7200, D5500, D5300 dan D3300

Canon menawarkan dua versi EOS 5DS dengan filter low pass, dan EOS 5DS tanpa filter.

Foveon Sigma dapat menghasilkan gambar tajam dan halus walau tidak ada filter di sensor.

Fujifilm tidak lagi mengunakan low pass filter di seri X-Trans.
Termasuk model X0Ti, X-E2 dan X-Pro1, X-m1 dan X-E1. Serta model Fujifilm dengan sensor X-Trans CMOS II X30, XQ1 dan XQ2

Sony A7R 36MP tidak dipasangkan low pass filter.

Camera dengan low pass filter pada bagian sensor mungkin akan menganggu hasil foto di camera modern. Membuat gambar menjadi halus tapi kurang tajam.

Gambar kiri camera dengan low pass filter, kanan tanpa low pass filter.

Filter low pass di sensor Canon

Untuk camera modern, filter low pass sebenarnya tidak terlalu penting. Yang penting pada lensa yang tajam dan teknik pemotretan yang sempurna.
Camera dengan Low Pass Filter menjadi alternatif bagi yang membutuhkan.

Situs Blue-Marble adalah kumpulan foto yang diambil dari pencitraan satelit. Foto yang dikumpulkan hanya foto pada malam hari. Fitur situs ini digunakan oleh fotographer bintang. Dimana kota dengan polusi cahaya paling terang, Indonesia nomor 1 Jakarta dengan cahaya lampu buatan paling terang.

Nikon Astro D850 aslinya adalah dari bodi Nikon D850. Dirancang untuk foto astronomi, perbintangan dan galaksi. Memiliki internal pendingin dengan heatsink dan fan khusus. Bagian depan ditempatkan unit filter.  Membuat camera lebih besar dari ukuran bisa, karena sensor dipindah ke bagian depan

Video belajar foto dengan cahaya lampu pertama mendemontrasikan mengunakan cahaya lampu tabung untuk efek foto. Dari setting camera, cahaya lampu yang tidak perlu terlalu terang, dan bahan yang dipakai untuk efek foto Tube atau tabung cahaya.



Computer editing foto, paul memilih Core i7 8700K 6 core seharga $399 sudah cukup. Walau dia sendiri memacu procesornya sampai 5,2Ghz dengan water cooling buatan Corsair.

Dari Nikon menjawab, gunakan cairan pembersih khusus lensa. Cukup 1 sampai 2 tetes saja. Hindari menyentuh permukaan lensa untuk dibersihkan. Gunakan spray brush dengan tekanan udara untuk membesihkan debu. Jangan gunakan tissue, semakin sering disentuh permukaan lensa perlahan akan rusak

Belajar F Stop, memperkecil lubang lensa tidak membuat detail gambar lebih tajam. Walau seluruh gambar terlihat lebih baik dan tidak tampak blur dibelakang fokus. Efek ini disebut Lens Diffraction, semakin besar F maka cahaya yang masuk ke lensa mengalami perubahan sampai di sensor camera.

Astronomi umumya mengunakan alat star tracker untuk mengikuti pergerakan bintang. Fungsinya mengambil foto dengan durasi panjang dari exposure, dan cahaya dapat ditangkap lebih kuat. Apakah bisa mengabadikan bintangyang gelap tanpa alat ini.



Belajar mengunakan ND Filter di camera. Apa fungsi ND Filter, khususnya untuk foto pemandangan. Filter ini paling banyak digunakan untuk memisahkan warna langit dan pemandangan. Bentuknya seperti selembar kaca dengan gradasi warna.

Setting camera Canon memiliki fitur Highlight Tone Priority. Untuk apa fitur tersebut. Fungsinya mengabadikan gambar seperti video agar gradasi warna gelap tetap terlihat

Canon membuat pelajaran merawat camera. Teknik membersihkan debu di camera, bagian yang sering terganggu, membersihkan lensa sampai larangan untuk tidak menyentuh bagian sensor.

Dari N-Photo memberikan rumus minimum kecepatan shutter ketika camera di pegang dengan tangan. Walau tidak menjamin tangan kita stabil ketika mengambil gambar, kemungkinan gambar tidak terjadi blur dengan rumus sederhana ini

Ingin membuat foto galaksi Bima Sakti disarankan mengunakan lensa 24mm atau lebih pendek lagi untuk focal length untuk camera sensor APS-C. Untuk Full Frame disarankan mengunakan 35mm atau lebih pendek. Untuk camera 4/3 paling susah, harus mengunakan lensa 16mm ke bawah.

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari.



Kemudahan pengunaan DSLR sebagai video camera lebih banyak menguntungkan. Seperti setting aperture, menganti lensa dan mengatur ISO untuk pencahayaan dapat memperbaiki kualitas video.

Video dengan durasi 30 menit lebih memberikan pelajaran bagaimana mengunakan lampu dan reflektor untuk objek foto


No popular articles found.