Berteman yang baik dengan cepat disebut Friendship Chemistry


Kategori : Green | Date : 16 December 2017
Berteman atau bersahabat akan terjalin lebih cepat bila seseorang memiliki sifat Friendship Chemistr
Pernah bertemu dengan beberapa orang, dan langsung bisa klik. Langsung cocok, dan berkomunikasi dengan baik bahkan berlanjut berteman dengan baik.

Atau anda pernah berjalan bersama, dan ngobrol dengan seseorang. Ternyata obrolan menjadi sangat lama dan berlanjut menjadi teman. Bahkan teman baik yang mengajak anda jalan jalan, mentraktir sampai menjalankan usaha bersama.

Kita atau orang lain yang melihat akan bingung. Bagaimana mungkin orang yang baru bertemu, dan cepat menjadi akrab. Tetapi di dunia psikologi, kebiasaan orang bersahabat bukan hal aneh, bahkan dapat di teliti dengan dasar pengetahuan dan kebiasaan dari seseorang.

Peneliti menyebut Friendship Chemistry, istilah dari hubungan instan antara teman terasa begitu mudah, alami dan cepat.

Peneliti mengatakan orang yang menyetujui pendapat orang lain, terbuka dan pekerja keras cenderung memiliki sifat Friendship chemistry.

Faktor penting lain, mereka tidak menutup dirinya melainkan melakukan hal sebaliknya. Cenderung terbuka dengan dirinya, bahkan mau berbagi pengalaman hidup yang sama dan saling bercerita. Sifat keterbukaan seseorang dengan orang lain, cenderung bertemu dan merasa cocok. Walau tidak semua orang memiliki sifat tersebut.

Tip Bertaman yang baik dengan cepat disebut Friendship Chemistry

Dari sebuah studi tahun 2015, istliah Friendship chemistry oleh Kelly Campbell seorang profesor universitas California.

Dia menyimpulkan beberapa orang lebih memungkinkan mendapatkan Klik. Bila seseorang menyenangkan, atau ketika bertemu dan merasakan rasa persahabatan.
Mereka cenderung terbuka dengan dirinya, terlebih dengan pengalaman yang pernah di alami dan menceritakan ke orang lain.
Tidak sampai disana, secara umum tipe orang seperti ini memiliki beberapa sifat kuat lainnya. Seperti pekerja keras dan terorganisir dengan rapi.



Peneliti mengambil sampel dari 1300 orang dewasa, dan menanyakan apakah mereka pernah bertemu dengan orang yang memiliki sifat Friendship chemistry.

Jika responden menjawab ya, mereka diminta memikirkan hal spesifik yang membuat dirinya merasa cocok.
Sedangkan mereka yang menjawab tidak, diminta mengisi data kepribadian tentang dirinya.

Peneliti mengatakan dari jawaban para mahasiswa sampai profesional. Ada 3 sifat membuat seseorang menjadi Friendship chemistry, sehingga dapat berkomunikasi dengan baik.

Jadi ada aspek tersendiri, dan tidak hanya kepribadian masing masing invididu yang membuat seseorang cocok dan cepat bersahabat atau tidak cocok dengan orang lain.

Satu bagian penting. Terbuka, orang yang mau menceritakan atau membagi pengalaman secara pribadi adalah faktor paling kuat dan orang lain merasa terbuka. Dan berbagi cerita atau pengalaman akan terasa saling menguntungkan.

Berdasarkan etnis kecenderungan orang kulit putih memiliki keterbukaan tentang dirinya.

Salah satu kesalahan yang merubah sifat orang menjauhi dirinya sebagai Friendship chemistry. Bila seseorang merasa dirinya pernah mengalami diskriminasi, orang tersebut akan selalu berada dilingkungan tersebut. Dampaknya menjadi tidak terbuka.

Hal lain yang menarik dari pertemanan seperti kebiasaan yang sama. Campbell memiliki 2 teman dan berbeda ras. Satu berkulit hitam dari Vancouver dan berkulit putih dari Amerika Selatan. Keduanya memiliki perbedaan, dimana satu konservatif dan satu lagi liberal.
Nyatanya hubungan mereka dapat bertemu dan cocok berasarakan faktor yang muncul dalam penelitian. Seperti humor (misalnya).
Dan membuat seseorang menjadi baik hati, dan mau turun tangan dan berbagi dengan gaya hidupnya.

Bila seseorang memiliki sifat kurang atau tidak peduli, tidak mau terbuka orang lain. Sifat ini membuat orang lain merasa tidak Klik dengan dirinya. Dan pembicaraan akan berakhir dengan basa basi.

Untuk bersahabat dengan teman lain, dan berjalan dengan baik. Inti dari penelitian ini, seseorang harus terbuka dengan dirinya. Mau bercerita tentang dirinya dan berbagi pengalaman. Sehingga orang lain dapat merasakan bahwa diri kita memang mau menerima orang lain dan mau mendengarkan masalah dari orang lain.


Teman beracun

Ketika teman masuk dalam hidup anda. Dan mulai menguras tenaga, bahkan berakhir dengan merusak dan membuat frustasi. Disebut teman Toxic.
Psikologi dan terapis Perpetua memberikan beberapa tipe dimana sifat orang seperti ini akan menganggu hidup anda.

Terlalu banyak drama. Teman anda sering berdebat dengan orang lain, menimbulkan masalah dan hal yang tidak masuk akan terjadi dengan mereka.
Tidak mendengarkan anda.
Mereka selalu merendahkan anda. Anda tidak merasa santai disekitar mereka, dan anda merasa tidak nyaman dengan mereka.
Bersaing dengan diri anda.
Meniru diri anda.
Teman anda tidak suka dengan teman yang anda sukai. Sederhananya tidak ingin orang lain dekat dengan anda.
Mereka tidak pernah merasa punya hutang budi terhadap orang lain.
Hati hati bila teman anda menceritakan masa buruk. Mungkin hanya menarik empati. Sampai cerita yang tidak masuk akal.
Paling mudah, diri kita merasa ada yang salah. Bila merasa sesuatu tidak beres dengan teman anda. Cobalah pikirkan kembali, teman anda hanyalah orang yang menganggu.

Ilmu sain.
Ada perbedaan teman dan seorang sahabat.


Sebuah penelitian baru, butuh 50 jam sebelum orang berkenalan dengan seseorang menjadi teman biasa, 90 jam sebelum menjadi teman yang baik. Tapi butuh 200 jam ketika keduanya sudah kenal dan menjadi teman terbaik.

Ketika teman menjadi teman yang baik. Yang dibicarakan adalah menangkap pembicaraan dan masalah yang berarti. Tapi bukan obrolan ringan.
Pengetahuan yang diterbitkan di Journal of Social and Personal Relationships and cited on Psychology Today.  Jeffrey A. Hall, seorang profesor komunikasi di University of Kansas.

Jeffrey meneliti dari siswanya. Mencoba menindak lanjuti selama 9 minggu pertama. Di setiap pertemuan dicatat berapa banyak waktu mereka habiskan dengan teman baru, dan bagaimana mereka mencirikan persahabatan.

Semakin sering seseorang bertemu, dan berbicara serius maka akan lahir teman yang baik. Tentu bukan pertemuan dengan obrolan ringan tanpa arti.
Isi pembicaraan seseorang menjadi sangat penting. Dan pembicaraan sederhana akan semakin dekat dari waktu ke waktu.
Penelitian ini juga menunjukan hal lain. Keterbukaan diri pada tahap awal pertemanan dapat menjadi kunci. Mengungkap rincian kehidupan pribadi "anda". Dapat membantu ikatan dengan orang lain.

Kesimpulan akhir dari penelitian ini menunjukan teman yang berarti membuat investasi waktu, dan energi yang substansial. Dan menjadi sumber daya tak terbatas, dan mungkin saja kita atau anda sendiri hanya memiliki teman yang sangat baik dengan jumlah dari hitungan jari tangan.

Separuh penduduk dewasa Amerika meminim multivitamin. Harapannya agar tidak terkena penyakit jantung, kanker bahkan mampu meningkatkan otak. Apa benar multivitamin itu bermanfaat. Salah satunya vitamin B3 membantu penyakit Glaukoma.

Berhadapan dengan badai di gunung. Mimpi buruk bagi petualang atau pencinta alam. Angin di puncak gunung kadang tidak dapat diperkirakan. North Face Geodome 4 bahkan tahan menahan angin sampai 100km perjam. Tenda dengan dua lapis tahan air dan tahan angin berbentuk bulat

Sebuah perusahaan asal Korea membuat perangkat Pico. Alat dengan seukuran kantong dapat menditeksi partikel PM10 dan partikel debu PM2,5. senyawa organik yan gmengupa, gas CO2 atau konsentrasi gas.



Minum sekali dua kali mungkin tidak masalah, tetapi banyak yang mengunakan minuman energi drink atau minuman berenergi terlalu banyak. Tetapi diperlakukan dengan meminum setiap hari sebagai suplemen. Itu masalah besar

Tidur terlalu singkat setiap hari memang berbahaya, tetapi mengapa tidur terlalu lama juga berbahaya. Lama waktu tidur yang tepat orang dewasa antara 7-8 jam. Tidur cukup memberikan dampak bagi tubuh sangat positif.

Keseluruhan, masyarakat Jepang memiliki cukup kesehatan. Tetapi penduduk di Jepang memiliki masalah ginjal lebih kecil. Mengapa ginjal berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Mengapa budaya berbadan kecil beresiko bagi keturunan.

Bagaimana merawat kendaraan dengan baik. Pemilik kendaraan tahu kendaraan butuh perawatan, dari pelumas dan pemeriksaan rutin agar kendaraan siap setiap waktu. Merawat kondisi kendaraan tetap prima dan menambah usia kendaraan lebih lama.



Saran olahraga selama 30 menit setiap hari tidak cukup. Khususnya mereka yang bermasalah pada kesehatan seperti darah tinggi dan jantung. Butuh 2 sampai 4 kali dari rekomendasi dokter. Seperti data penelitian terbaru.

2 orang penemu dari Australia katanya merancang sarang lebah dan dapat mengambil madu tanpa mengeluarkan lebah dari sarangnya. Dipasang satu pipa kecil, nantinya madu akan turun sendiri ke botol penampung.

Ada saja penelitian yang satu ini, membuat opini paradok atau melawan kenyataan yang ada. Anda suka minum susu dengan lemak lebih banyak anda malah lebih kurus. Apa seperti itu, itulah yang ditelah oleh peneliti Swedia.

Pria Maskulin mungkin lebih gampang pilek. Sebuah studi baru tentang kekebalan tubuh wanita lebih kuat dibanding pria. Baik wanita dan wanita muda memiliki respon antibodi lebih tinggi dibanding peserta pria. Kekebalan tubuh berhubungan dengan testosteron.

Mengapa stres dapat membunuh seseorang. Bagaimana menjauhi stres agar lebih sehat. Terkait stres dapat memicu munculnya hormon kurang baik pada tubuh, dan terkait dengan serangan jantung.

Perubahan iklim dan udara panas sampai cuaca ekstrem belum terlihat di kota kota besar. tapi menurut peneliti dari universitas Hawai, mereka menghitung dengan matematika bahwa beberapa kota akan berubah. Di Indonesia termasuk yang pertama.



Bila berada di kampus, sekolah atau mereka yang bekerja. Ada baiknya makan bersama sama, karena lebih bermanfaat. Peneliti baru mengulas kebiasaan makan sendiri di meja akan membuat diri anda sedih, lebih stres bahkan membosankan.

Ada cerita menarik bagaimana negara memerangi penduduk yang kegemukan. Dari sebuah kolom Phenomenology di harian The New Republic menyebutkan cara unik negara berupaya menyehatkan penduduk. Masyarakat Amerika mencoba menurunkan berat badan dengan berolahraga, tapi ada cara lain yang berbeda.

Ini nasihat dari dokter, sebaiknya jangan banyak minum dari air botol kemasan. Dapat membuat wajah lebih cepat keriput. Apakah berhubungan dengan bahan plastik.

Orang kaya mengkonsumsi makan berbeda dengan orang miskin. Mungkin benar, tapi apa dampaknya. Keduanya memiliki dampak yang sama hanya berbeda jenis makanan yang mereka konsumsi.

Menurut para ahli di Amerika, hidup penduduk Amerika sekarang lebih lama dibanding data 20 tahun lalu. Harapan hidup masyarakat Amerika, khususnya pria naik 4.6 tahun dalam rentang 1989 - 2009.

Air minum tidak terasa sudah menjadi barang mewah bagi sebagian masyarakat. Bagaimana minuman kemasan dibuat. Dimulai dari sumber air, dimurnikan, dimasukan kedalam botol plastik, disegel, diberi merek dan informasi kandungan bahan mineral dengan label, dibawah ke truk atau dikirim dengan kapal dan sampailah di restoran atau kafe di Amerika


No popular articles found.