Planet K2-18b ada atmofer dan berbatu seperti Super Bumi


Kategori : Science | Date : 7 December 2017
Planet K2-18b memiliki ukuran bongsor tapi berada di zona habitat dan suhunya tidak ekstrem
Planet K2-18b diperkirakan memiliki permukaan berbatu.

Tapi ini adalah super earth.

Peneliti dari universitas Texas dan Montreal menemukan adanya sinyal sempurna bahwa planet ini dapat ditinggali, atau mungkin ada mahluk alien ada disana.

Planet kedua dari tata surya K2-18, disebut sebagai planet K2-18b yang lebih baik dibanding satu planet yang ada di bagian depan yaitu K2-18c.

Tetapi 18c tersebut terlalu dekat ke arah bintang.

Ryan Cloutier mengukur kondisi planet K2-18b, dan beruntung. Mungkin disana tempat yang tepat untuk kehidupan.
Apakah disana ada kehidupan seperti di Bumi atau tidak.

Peneliti mengunakan data dari ESO dengan instrumen HARPS yang akurat. Yang mampu menghitung ukuran massa planet, serta radius planet.
Perhitungan menunjukan planet tersebut lebih mirip seperti Bumi, tapi memang agak lebih besar sih. Dan disana terdapat atmofer.

Kira kira ukurannya lebih besar dari Bumi, tapi di permukaan planet diperkirakan memiliki lapisan es. Atau planet ini memiliki cairan seperti air.
Walau belum dapat dipastikan kondisi tersebut, mengingat instrument teleskop dari Bumi belum mampu membandingkan adanya atmofer dan permukaan planet secara tepat.
Harus menunggu teknologi yang dibawah oleh teleskop James Webb.



Penemuan diatas membuat penelitian planet K2-18b naik ke prioritas lebih tinggi.

Letak tata surya K2-18 berada 111 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di konstelasi Leo.

Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh misi ke 2 teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang.
Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Bintang disana tidak terlalu panas, dan memiliki ukuran hanya 43% dari ukuran matahari.

Perkiraan lain, suhu planet sekitar -1 derajat C.

Nama planet K2-18b disebut dengan nama  EPIC 201912552 b

Dibawah ini ilustrasi dari artis dengan bentuk planet K2-18b.

Planet K2-18b ada atmofer dan berbatu seperti Bumi

Planet Wolf 503b diketahui sebagai Exoplanet. Berada pada jarak 145 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan pada tahun 2018. Planet Wolf 503b lebih mudah diteliti karena data dari planet dapat terlihat ketika melewati bintang induknya. Sejauh ini tipe planet Wolf 503b belum ditemukan memiliki bentuk dan posisi yang sama di galaksi kita.

Nasa baru mempublikasi bagaimana manusia pergi ke Mars. Tahap pergi ke Mars tidak semudah yang dibayangkan. Pertama astronot singgah di stasiun ruang angkasa baru. Semua masih rancangan, mantan astronot Nasa Chris mengatakan perjalanan ke Mars paling beresiko tanpa teknologi baru yang tidak pernah kita pikirkan harus ada.

Kemungkinan planet ini memiliki bahan logam di atmosfernya sebagaimana dinilai oleh 'sidik jari' dalam analisa spektrum planet. Masih diteliti apakah ada kandungan air. Planet ini bukan target untuk ditinggali oleh manusia, karena sangat dekat ke bintang induk. Tapi merupakan salah satu planet langka yang dapat terbentuk di tata surya lain.



Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet. Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Planet ke 2 paling dekat ke Bumi setelah planet yang ada di Proxima

Bintang GJ 625 adalah bintang tipe M atau kategori matahari kerdil. Hanya 21 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat adanya planet berukuran 2,82x lebih besar dari Bumi. Atau disebut juga super earth. Tapi orbit planet tersebut berada di posisi tepat, atau zona habitat.

Sebuah planet ekstrasurya terlihat mengorbit di sebuah bintang katai merah, jaraknya 40 tahun cahaya dari Bumi. Mungkin planet ini menjadi tempat untuk mencari tanda tanda kehidupan diluar tata surya. Ukuran 1,4x dari Bumi, bintang disana berwarna merah.

Planet Tap 26b ditemukan awal Januari 2016. Masuk sebagai planet bongsor dan lebih besar dari planet Jupiter, tapi planet ini sangat panas. Bahkan berada dekat dengan bintang induknya TAP 26. Jangan berharap mampir di planet seperti ini.



Di tahun 2010, Pan-STARRS1 atau Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System mulai mengambil gambar. Sampai seluruhnya selesai, dapat dicetak sepanjang 2,4km. Bahkan memerlukan kaca pembesar untuk melihat objek yang tersembunyi

Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733 memiliki kekuatan angin 6 mach lebih. Planet HD 189733 disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C. Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b. Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Planet 2MASS J2126 ini lebih ekstrim dari planet X yang sedang dicari oleh para astronom. Ilmuwan dari Inggris, Amerika dan Australia mengatakan planet 2MASS J2126 ditemukan oleh teleskop infrared Sky Survey. Tapi memiliki keunikan yang aneh, satu putaran membutuhkan waktu 900 ribu tahun.



Tata surya Wolf 1061 tidak jauh dari Bumi, hanya 14 tahun cahaya saja. Dekat dengan tata surya Gliese 667cc yang jaraknya 22 tahun cahaya dari Bumi. Mengunakan sensor HARPS spectrograph yang dipasang di teleskop ESO 3,6 meter di La Silla di Chile. Tim UNSW Australia  mengunakan teknik baru untuk menemukan planet.

Planet 3470b atau dengan ukuran 3470 b berada di tata surya Gliese 3470. Satu planet ini berwarna biru seperti Bumi. Dikonfirmasi planet ini memang ada pada tahun 2012 dari observasi Las Cumbress (LCOGT), melihat planet ini memiliki atmofer. Posisi tata surya Gliese 3470b berada 100 tahun cahaya dari Bumi.

Siapa yang melihat pembentukan planet ketika lahir. Disebut protoplanet, sebuah pembentukan planet dari sebuah tata surya. Planet kita tidak datang menjadi biru, tapi terbentuk jutaan tahun lalu dari sebuah protoplanet. Sebuah tempat disebut sebagai objek LkCa 15b terus dipantai sejak tahun 2011. Disana ilmuwan dari Keck menemukan ada planet baru atau planet bayi.

Planet HD 219134b baru diumumkan hari Rabu 29 Juli 2015 kemarin. Ditemukan melalui teleskop Spitzer milik Nasa, jaraknya hanya 21 tahun cahaya. Berada di konstelasi Cassiopeia atau dekat dengan bintang utara.

Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi


No popular articles found.