Bintang tipe O di Cygnus OB gugus bintang ukuran besar diteliti lebih lanjut


Kategori : Science | Date : 28 November 2017
Skala bintang tipe O dengan ukuran Supergiant Star dan paling panas
Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2.

Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari Bumi.

Dan disana banyak lahir bintang berukuran besar tipe O dan B, serta menjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.

Ukuran tipe bintang berbeda beda, ada yang memiliki ukuran kecil, sedang sampai besar. Tapi dibagi menjadi beberapa tipe seperti kecerahan dan panas yang berbeda.

Uniknya bintang yang lahir disana masuk kategori bintang OB, walau sampai saat ini penelitian keberadaan semua bintang di daerah tersebut belum selesai.

Tim astronom dari Spanyol dan Jerman, baru memperbaharui data di Cygnus OB2. Dipimpin Sara Rodriguez dari universitas La Laguna kepulauan Canary Spanyol.
Tim tersebut melakukan observasi dari tahun 2013 dan terbaru 2017. Ada 60 bintang yang diteliti, dan diklasifikasi 42 bintang adalah tipe OB yang baru.dengan ukuran sangat besar.
Serta 11bintang lain berukuran G seperti bintang seukuran matahari.

Dari data yang diterima, 30 bintang terindikasi memiliki tipe spektral B0 dan B1. Dan hanya satu memiliki tipe B2.
Bintang tipe O yang baru ditemukan adalah tipe bintang O6, dan yang lainnya masuk di tipe O7 sampai O9.
19 kandidat lain memiliki klasifikasi sebagai tipe bintang A, F dan G serta terakhir tipe B.

Tidak sampai disana, di gugus bintang tersebut ditemukan juga tipe bintang biner J20272099 + 4121262 dan HD228973.
7 lainnya juga menunjukan bintang biner.  Bintang kembar J20423509 + 4256364 menjadi bintang paling panas. Dan bintang biner J20395358 + 4222506 memiliki cahaya sangat tinggi.



Dibawah ini data dari teleskop teleskop Spitzer 8um. Daereah Cygnus OB, dimana terdapat 42 bintang tipe OB.
Bintang B3 ditunjukan dengan warna merah. Bintang lain tipe B dan tipe lain A F dan G ditandai dengan warna hijau.


Bintang Cygnus OB gugus bintang besar diteliti lebih lanjut

Bintang tipe O. Adalah bintang berwarna biru (terlihat putih sangat terang). Bintang tipe ini lebih banyak menyerap gas helium. Bintang tipe ini sangat jarang, dan menjadi urutan pertama. Usia bintang raksasa tipe O sangat rendah, artinya bintang akan cepat mati dan meledak dibanding bintang ukuran lainnya.

Bintang tipe O umum ditemukan di daerah pembibitan bintang aktif. Misal di daerah lengan spiral galaksi, atau adanya tabrakan antar galaksi dimana terbentuk bintang baru lebih banyak dengan bintang tipe O.

Kecerahan bintang umumnya masuk kategori O dengan tingkat intensitas cahaya paling tinggi.
Tipe O atau la termasuk tipe Eta Canis Majoris, masuk kategori ekstrem.
Tipe Ia (luminous supergiants). Contoh bintang Eta Canis Majoris (B5)
Tipe Iab (intermediate luminous supergiants). Bintang Gamma Cygni (F8Iab)

Tipe Ib (less luminous supergiants). Bintang Zeta Persei (B1Ib)

Tipe II bright giants. Bintang Beta Leporis (G0II)
Tipe III normal giants. Bintang Arcturus (K0III)
Tipe IV subgiants. Bintang Gamma Cassiopeiae (B0.5IVpe)
Tipe V main-sequence stars (dwarfs). Bintang Achernar (B6Vep)
Tipe sd (prefix) subdwarfs. Bintang HD 149382 (sdB5)
Tipe D (prefix) white dwarfs.[nb 3] Bintang van Maanen 2 (DZ8)


Ciri bintang tipe O
Bintang tipe O dibagi menjadi tipe O1, O2 dan seterusnya.
Bintang tipe O memiliki panas dan cahaya lebih tinggi. Suhu di permukaan antara 30.000-52.000 Kelvin.
Bintang tipe O memancarkan radiasi ultraviolet lebih intens, dan dampaknya dalam cahaya akan terlihat kebiruan.
Bintang tipe O memiliki kecerahan antara 10.000 x sampai 1 juta x dari kecerahan matahari.
Ukuran tipe O, dimulai dari 100.000x lebih besar dari matahari sampai 1.000.000x lebih besar.
Untuk ukuran Supergiant Star masuk di ukuran 200.000x lebih besar dari matahari sampai jutaan kali.
Usia bintang tipe O paling kecil dalam kategorinya memiliki usia sekitar 10 juta tahun.
Namun bintang tipe O dapat menjadi lebih dingin dan menjadi bintang tipe B.

Beberapa bintang tipe Giant Star dan Supergiant star yang dapat dilihat di Bumi.
Bintang Alnitak dapat dilihat pada akhir tahun, tampak bersama 3 bintang dan satu bintang disebut bintang Mintaka.
Keduanya masuk sebagai bintang Raksasa /  Giant Star dan Supergiant star



Bintang Mintaka memiliki cahaya sangat terang tetapi ukuran lebih kecil dibanding Alnitak.

Bintang Alnitak masuk kategori bintang O9. Sebenarnya bintang disana ada 2 atau bintang kembar. Satu bintang disebut Aa dan satu bintang lain Ab.
Ukuran bintang Alnitak 20x lebih besar dari matahari, tetapi dengan kecerahan 21 ribu kali lebih terang.
Masuk daftar 15 bintang paling terang di tipe O pada malam hari dan cahaya biru.

Bintang Cygnus O adalah Alnitak

Di sekitar galaksi Bima Sakti terdapat Local Group galaksi atau Bima Sakti menjadi bagian grup tersebut. Tetapi kelompok galaksi di Local Group ternyata bergerak dan mendekati grup lain yang lebih besar. Disebut Great Attractor. Apakah keduanya akan bertabrakan.

Bila mendapatkan gambar dari teleskop Alma, bentuknya tidak seperti foto teleskop optik. Karena teleskop Alma adalah teleskop radio terbesar di ketinggian 5000 meter. Alma memiliki 66 antena presisi tinggi, terbesar dengan jarak 16km

Pertama ditemukan galaksi spiral tertua di alam semesta. Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun. \Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.



Ukuran bintang kerdil umumnya hanya ditemukan planet berbatu seperti planet seukuran Bumi atau lebi kecil. Karena sebuah bintang kerdil yang memiliki ukuran mungil tidak akan memiliki kelebihan bahan untuk membentuk planet yang besar. Planet NGTS-1b seharusnya tidak ada disana

Ada cerita bintang Scholz bermasa rendah dahulu pernah melintas di tata surya kita. ESA menghitung ada berapa banyak bintang lain akan melintas dekat ke tata surya. Sekitar 16 cukup dekat dan satu bintang mungkin menganggu orbit awan Oort, dan mengeser batuan es menjadi komet di Bumi.

Siapa yang bertugas menghitung perjalan pesawat ruang angkasa. Namanya Finley salah satu manusia computer di JPL Nasa. Dia masih bekerja , dan beberapa proyek besar dihitung oleh Finley.

Bertahun tahun bintang Polaris atau Bintang Utara dijadikan panduan, khususnya dunia pelayaran. Termasuk astrografer atau fotografer bintang yang ingin membuat trail dari lintasan bintang yang melingkar. Setelah dihitung ulang, bintang Polaris lebih dekat 100 tahun cahaya. Abad ini posisi berada tepat diatas, 14000 tahun lagi akan turun dibawah



Gambar dalam pelajaran astronomi belum memberikan skala sebenarnya. Planet terlihat besar tapi dalam skala sebenarnya planet adalah ukuran mikroskopik. Bagaimana melihat tata surya kita dalam skala jarak dan ukuran aslinya. Diceritakan oleh sebuah video To Scale The Solar System

Foto dari teleskop Chandra diambil pada Desember 2011, sampai Februari 2014 dan terakhir ditahun 2015. Bintang kembar PSR B1259-63 / LS 2883 - atau B1259, salah satunya adalah bintang Pulsar melewati bintang yang aktif disebelahnya, membuat tekanan kuat sampai bagian dari disk dari bintang yang aktif terlempar. Hal ini masih terus terjadi.

DSCOVR berada 1,6 juta km dari Bumi. Satelit tersebut posisinya lebih jauh dari posisi bulan ke Bumi. Jadi bisa mengabadikan posisi Bumi lebih luas. Satu video dari Nasa ini menarik, karena foto bulan yang diambil bukan dari sisi depan tapi di sisi belakang.

Sebuah lubang hitam ukuran kecil, sekitar 12x ukuran matahari kita. Jaraknya 8000 tahun cahaya dan tertidur. Mendadak lubang hitam tersebut bangun. Lubang hitam disebut V404 Cygni ternyata sedang di dampingi sebuah bintang.

Manusia baru menemukan radio di era 1880an. Sampai seberapa jauh siaran radio tersebut bisa diterima oleh mahluk lain. Siaran radio dari Bumi tidak pergi terlalu jauh sejak dipancarkan pada tahun 1880. Pada tahun 2080 nanti, mungkin baru diterima oleh mahluk lain yang tinggal pada jarak 200 tahun cahaya

Bintang Tau HL atau disebut HL Tauri adalah bintang dengan tata surya yang baru terbentuk. Ditemukan oleh Hublle dan terlihat memiliki cincin yang belum selesai membentuk planet. Umur bintang baru berusia 1 juta tahun, nantinya menjadi tata surya dengan munculnya beberapa planet mengorbit di bintang Tau HL.


No popular articles found.