Teleskop radio ALMA apa yang kita ketahui


Kategori : Science | Date : 29 November 2017
Teleskop radio  Atacama Large Millimeter / submillimeter Array atau disingkat ALMA berada di ketinggian Chajnantor di pegunungan Andes Chili.

Tempat observatoriom milik ESO dan mitra internasional lain.

Disini teleskop canggih berdiri, untuk mempelajari beberapa benda paling dingin di alam semesta.

Bagaimana teleskop radio dapat menjelajah dan mengabadikan alam semesta.

Foto dari teleskop Alma memiliki bentuk berbeda. Astronom mengabungkan dengan teleskop optik untuk mempelajari dari bentuk dan panas objek di ruang angkasa. Sumber tersebut tidak dapat dilihat dengan teleskop biasa.

Foto dari teleskop radio ALMA Chili

Cahaya memiliki panjang gelombang sepanjang 1 milimeter. Di antaranya terdapat gelombang inframerah dan gelombang radio. Oleh karena itu teleskop Alma disebut dengan teleskop untuk menangkap citra radiasi milimeter dan submilimeter.

Teleskop raksasa Alma memiliki 66 antena presisi tinggi, terbesar ditempatkan pada jarak 16km. ruang observasi Alma menjadi tempat kerjasama yang berbasis terbesar di darat terbesar yang pernah dibangun.

Cahaya pada panjang  gelombang berasal dari awan dingin yang luas di ruang antar bintang. Pada suhu hanya beberapa derajat diatas 0 mutlak, dan beberapa tempat galaksi paling jauh, bahkan paling awal terbentuk di alam semesta.

Astronom dapat mengunakan kondisi fisika dan kimia dari awan molekuler, seperti di daerah awan yang padat dengan debu dan gas di ruang hampa seperti tempat dimana lahirnya bintang.

Walau benda di dalam debu dan gas tidak dapat terlihat oleh teleskop optik, sinar terang dalam panjang gelombang milimter dan dibawah spektrum dapat tertangkap oleh teleskop radio.



Radius gelombang milimeter dan submilimeter dapat membuka jendala dari alam semesta yang penuh pertanyaan. Namun sinyal dari ruang angkasa sering terganggu oleh atmofer bumi sendiri.

Untuk mengurangi gangguan atmofer, teleskop ditempatkan di ketinggian 5000 meter di atas permukaan laut. Menjadi tempat observasi paling tinggi di dunia.

Untuk ukuran, Alma berada 50 km dari SanPedro de Atacama di Chili Utara. Dimana tempat tersebut menjadi tempat 'terkering di dunia.'. Dan setiap antena berukuran besar ada yang memiliki berat 100 ton.

Dengan kondisi alam yang ekstrem, peneliti harus mengoperasikan observatorium tersebut. Dimana penempatkan teleskop Alma lebih tinggi 750 meter dari tempat observasi Mauna Kea di Hawai. Dan 2400 meter lebih tinggi dari tempat observasi VLT di Cerro Parnal.

Bentuk teleskop radio ALMA Chili

Susunan teleskop Alma memiliki 66 antena presisi tinggi. Beropasi untuk panjang gelombang 0,32 - 3,6mm.

12 meter antena array bekerja sama sebagai satu teleskop. dan pelengkap 4 antena berukuran 12 meter serta 12 antena parabolik 7 meter lain.
Total terdapat 66 antena yang dapat diatur dengan konfigurasi berbeda. Dimana jarak maksimal setiap antena mencapai 150 meter dan 16km dapat membentuk zoom yang kuat.

Teleskop radio ALMA apa yang kita ketahui

Teleskop Alma bukan tipe teleskop optik, tetapi teleskop paling kuat untuk mengungkap molekul debu dan gas di alam semesta yang dingin dari radiasi. Termasuk mempelajari blok bangunan bintang, sistem planet, galaksi dan kehidupannya sendiri.

Disana juga dioperasikan sistem computer yang dirancang khusus dan ditempatkan di tempat tertinggi di dunia.

Name:     Atacama Large Millimeter/submillimeter Array
Site:     Chajnantor
Altitude:     4576 to 5044m (most above 5000 m)
Enclosure:     Open air
Type:     Sub-millimeter interferometer antenna array
Optical design:     Cassegrain
Diameter. Primary M1:     54 x 12.0 m (AEM, Vertex, and MELCO) and 12 x 7.0 m (MELCO)
Material. Primary M1:     CFRP and Aluminium (12-metre),
Steel and Aluminium (7-metre)
Diameter. Secondary M2:     0.75 m (for 12-metre antennas);
0.457 m (for 7-metre antennas)
Material. Secondary M2:     Aluminium
Mount:     Alt-Azimuth mount
First Light date:     30 September 2011
Interferometry:     Baselines from 150 m to 16 km

Teleskop Alma diresmikan tahun 2013, namun pengamatan ilmiah pertama sudah dilakukan sejak 2011.







+ eso.org/public/teles-instr/alma/

Teleskop Chandra mengunakan sensor X-ray untuk melihat benda di alam semesta. Gambar dari teleskop ini berbeda dengan gambar yang ditangkap teleskop optik  Karena sensor di Chandra sangat sensitif. Nasa melakukan perubahan perintah untuk giroskope setelah mengalami kemacetan. Test akan dilakukan pada awal November 2018 untuk memastikan teleskop siap bekerja kembali untuk penelitian ruang angkasa

Teleskop terbesar dunia pada 10 tahun mendatang akan dinamai European Extremely Large Telescope (E-ELT). Dibangun di Chile, dan membutuhkan waktu pembangunan selama 10 tahun. Konstruksi E-ELT sudah dikonfirmasi pada Juni 2012, dimulai 2017 selesai 2024. Sebesar apa ukurannya ketika jadi nanti

Sebuah gugus bintang RCW 38 diabadikan dengan teleskop VLT oleh ESO. Tampilkan gambar terbaru dimana komplek bintang padat ini berjarak 5.500 tahun cahaya.Mengunakan pencitraan inframerah HAWK-I yang dipasng pada teleskop VLT di Chili. Instrumen tersebut dapat menangkap benda yang tidak terlihat sebelumnya. Apakah semua bintang disana masuk ketegori bintang raksasa, separuhnya tidak.



Ketika berbicara antariksa, gambar bintang, galaksi tentu diabadikan oleh teleskop. Salah satu tempat observasi paling berjasa di dunia astronomi adalah VLT / Very Large Telescope. Pengamatan VLT tidak hanya melihat galaksi yang jauh. Tapi benda yang ada disekitar galaksi kita sampai bintang.

Teleskop Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) hanya mencari planet pada jarak 200 tahun cahaya. Foto 200 ribu bintang pertama, yang jaraknya hanya 300 tahun cahaya dari bumi.

Asteroid 2015 BZ509 dipastikan bukan berasal dari tata surya. Datang dari antar bintang lain, dan menetap di tata surya. Peneliti melakukan simulasi sampai ke jaman primordial atau sampai ke pembentukan tata surya dan planet. Karena orbitnya nsik turun di sekitar planet tata surya

Spektrograf adalah instrumen untuk memisahkan cahaya dengan berbagai panjang gelombang. ESO membawa teknologi instrumen yang disebut Espresso untuk berburu planet berbatu seukuran bumi. Membutuhkan 4 teleskop berkerja bersamaan



Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2. Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari BumiMenjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.

Apa yang dicari oleh teleskop Hera, adalah waktu dan kejadian ketika 13 miliar tahun. Masa tersebut atau ketika 13 miliar tahun lalu, alam semesta belum terbentuk banyak bintang untuk membuat galaksi. Hera akan mempelajari bagaimana benda benda yang terkena perubahan dilingkungan waktu itu.

Teleskop tahun 1893 ada di observasi Yerkes, memiliki lensa reflaktor berukuran 40 inch. Teleskop GMT - Giant Magellan Telescope dipastikan tepat waktu, mengunkan cermin hexagonal. Mengapa teleskop raksasa tidak dibuat dengan cermin utuh.

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble.

Teleskop Array Murchison Widefield menangkap galaksi Bima Sakti dalam 12 warna. Tidak itu saha, setiap titik sinyal radio yang tertangkap juga mewakili galaksi yang lebih jauh. Dimana frekuensi radio telah mengalami perjalanan miliaran tahun untuk ditangkap oleh teleskop saat ini

Teleskop DragonFly dibuat murah. Mengandalkan telezoom lensa komersil dan dipasang Array 10 unit sekarang 24 lensa telezoom. Teleskop Dragonfly dibuat oleh tim universitas Toronto, lebih murah dibanding membangun ruang observasi teleskop tapi biayanya sudah seharga satu mobil



Teleskop ruang angkasa WFIRST, disebutkan memiliki 100x lebih kuat dari Hubble. Teleskop WFIRST memiliki tujuan khusus. Bukan mengamati benda terjauh, tapi yang dekat saja. Khususnya mencari planet diluar tata surya kita.

Teleskop baru Next Generation Transit Survey atau NGTS siap bekerja di tempat observasi Paranal utara Chile. Terdapat 12 teleskop tapi bentuknya tidak seperti teleskop biasa. Terdiri dari 12 teleskop yang dipasang bekerja dengan sistem robot secara otomatis.

Jangan tanya dengan camera dengan sensor terbesar yang satu ini. Dimiliki oleh teleskop SLAC National Accelerator Laboratory dan sedang dibangun di Chile

Astronomi, foto yang dibuat tidak lepas dari cermin teleskop. Dimana pabrik pembuat cermin teleskop untuk ruang observasi bahkan teleskop ruang angkasa Hubble. Dan bagaimana sebuah pabrik membuat cermin sangat besar dan presisi

Kehancuran sebuah kota oleh meteor hanya terlihat di film sain fiksi atau cerita novel. Tetapi penelitian terbaru menyebut bumi sangat rentan dengan jatuhnya meteor dari ruang angkasa. Sejak tahun 2000 sudah 26 meteor ukuran besar menabrak bumi.


No popular articles found.