Bila tertarik membeli pesawat jet komersil. Lihatlah di toko online China Taobao.

Pesawat jet Boeing 747 milik perusahaan kargo Jade Cargo International disita oleh pengadilan Shenzhen China. Setelah perusahanaan mengajukan kebangkrutan.

Jet milik Jade Cargo sekarang dimiliki perusahaan lain China SF Airlines.

Setelah di lelang di toko online Taobao dan ada 25 pembeli lain. Menurut media pemerintah China Xinhua, link yang ditampilkan di situs Taobao telah di lihat 800 ribu kali.

2 pesawat Boeing 747 sebenarnya sudah dilelang (offline) sebanyak 6 kali sejak Oktober 2015. Tapi gagal menemui pembeli.

Akhirnya pihak pengadilan mencoba menawarkan melalui online pada bulan September 2017.

Ide menawarkan barang secara online bukan ide baru. Hampir semua pengadilan di China mendaftar menjadi member Taobao sejak tahun 2012.
Sekitar 330 ribu barang telah di lelang dan mendapatkan dana $69,9 miliar.

Tahun lalu sebuah pesawat Boeing 747 juga didaftarkan di eBay situs lelang Amerika. Harganya $299 ribu saja. Tapi kondisinya tidak seperti pesawat, karena mesin sudah dilepas, dan komponen elektronik sudah dilucuti. Artinya harga tersebut hanya rangka pesawat saja. Boeing mengatakan rangka pesawat saja seharusnya mencapai $386 juta. Mungkin si pembeli juga beruntung, bila ada yang tertarik merakit pesawat, atau memiliki 4 mesin dan rangkaian elektronik.

Dari 3 pesawat yang di lelang pengadilan China, baru dua yang sudah terjual. Tersisa satu lagi bila anda berminta.
Satu pesawat dijual seharga 162 juta yuan, dan satu lagi yang terjual 160 juta yuan. Keduanya setara harga $24 juta satu pesawat. Kalau ditanya murah, yah murah sekaleee hanya 122 juta yuan.

Toko online Taubo jual Boeing 747 dalam kondisi layak terbang