Pesawat jet bomber Tupolev Tu-160 tertarik dibuat jet penumpang


Kategori : Stuff | Date : 22 November 2017
Pesawat jet tempur Tu-160 mirip seperti pembom Amerika B-1 Lancer. Kabarnya banyak pengusaha kaya raya tertarik menjadi jet ini untuk pesawat penumpang.

Seperti orang kaya di Yunani, syekh Timur Tengah, milyader dari China dan Australia terus meminta pesawat tersebut dibuat menjadi jet penumpang.

Mengapa mereka tertarik, pesawat tersebut mampu terbang 2 mach. Jadi sangat cepat.

Kembali dengan cerita pesawat tempur ini.

Tupolev-160 atau Tu-160 adalah pesawat pembom strategis. Dinamai dengan Blackjack oleh Nato. Memiliki jarak jelajah 12,2 ribu km.

Mampu membawa rudal jelajah, dan Rusia hanya memiliki 35 pesawat saja. Yang bertugas hanya 16 pesawat.

Pesawat lain TU-22M3 tersisa 50 pesawat yang masih bertugas.

Bila dibandingkan dengan pesawat Boeing 747-8 atau Airbus A380, memiliki jarak tempuh hampir sama 12,8 ribu km. Atau Boeing 787 dengan jarak tempuh 12,2 ribu km.

Tentu saja dengan jet tempur, siapa saja bisa berangkat dan sampai lebih cepat.

Untuk dijadikan pesawat penumpang Tu-160 tidak perlu dipasangkan peralatan canggih. Seperti sayap variabel dapat saja dibuat permanen agar tidak ngebut.



Masalahnya merubah pesawat jet tempur menjadi jet pesawat penumpang tidak murah. Tapi masih lebih murah dibanding membeli pesawat baru dengan tipe yang sama.

Tupolev Tu 160 menjadi pesawat jet bomber terbesar tipe supersonik yang pernah dibuat. Kecepatan terbang mencapai 2.200km lebih perjam.
Teknolgoi pesawat ini masih menjadi rahasia, jadi bila ditawarkan sebagai jet penumpang maka Tupolev melakukan kesalahan terbesar.

Pesawat Tu-160 adalah pesawat jet pembom strategis yang sangat rahasia di perang dingin. Bila dijual bekas saja, urusannya menjadi rumit.
Seorang eksekutif Tupolev mengklaim, mereka menolak memberikan Tu-160 menjadi pesawat penumpang biasa.

Pesawat jet bomber TUpolev Tu-160 tertarik dibuat jet penumpang

Membawa pesawat jet pembom menjadi bisnis akan berbeda dengan kesenangan.
Tu-160 adalah pesawat dibangun dengan pertimbangan faktor kedua untuk harga. Karena kemampuan mengoptimalkan membawa persenjataan nuklir untuk dari langit. Bila dijadikan pesawat pribadi, bagaimana biaya bahan bakar dan perawatannya.

Tapi siapa tahu ada yang tertarik, toh berita tersebut sudah sampai ke perusahaan Tupolev. Mengingat banyak orang kaya baru yang sudah menanyakan pesawat ini, dijual dong. Mungkin mereka dapat membawa penumpang ke beberapa negara dengan cepat seperti untuk pesta atau pesawat taksi super cepat.

Dalam sejarah penerbangan, belum pernah terjadi pesawat pembom strategis mendapatkan kehidupan kedua sebagai angkutan sipil.
Untuk aktivitas sipil memang pernah dilakukan. Pesawat pembom VIkers Vimy Inggris menjadi angkutan pos. Focke Wulf 200 milik Jerman memulai kehidupan barunya menjadi pesawat jarak jauh.
Pembom berat Avro Lancaster pernah digunakan untuk membawa makanan ke Berlin bagi penduduk yang kelaparan.
Pesawat transpo C-47, masih terbang sampai hari ini.

Kalau mau cepat mungkin pengusaha kaya raya dapat membeli Mig-25 Foxbat. Sebagai jet tempur tercepat yang pernah dibuat, mencapai 3 Mach sebagai pesawat pencegat.

Maskapai Emirates Quantas Qatar Airways memiliki rute penerbangan nonstop 14000km. Rute dari Dubai dan Doha ke Auckland Selandia baru, Perth Australia ke London Inggris. Pesawat dengan nomor UAE448 mengunakan Airbus A380, Quantas Dreamliner 787 Maret 2018 dan Qatar Boeing 777 jarak 14.539km. Singapore Airlines 15.000km Singapura ke Amerika Nonstop 19 jam perdana 11 Oktober 2018 hanya 17 jam 25 menit

Pesawat pembom strategis Tupolev TU-160 dikenal dengan nama Blackjack. Mampu terbang dengan membawa bom seberat 40 ton, dan kecepatan 2 mach. Hanya dimiliki 2 negara Rusia sebagai produsen dan Ukrania. Hanya 35 unit pesawat, pengembangan generasi ke 2 TU-160M2

Pesawat tempur F 16 disebut Fighting Falcon, tapi pilot lebih memilih nama Viper. Pesawat ini relatif murah tapi lincah dalam pertempuran. Keunikan pada bagian jendela  pilot bisa melihat seluruh sudut sampai 360 derajat. Digunakan di Suriah dengan taktik Wild Weasel



Hanya 4 negara memiliki pesawat legenedaris ini. Mirip F-14 Tom Cat, Amerika memiliki 250 pesawat dan tidak pernah di jatuhkan dalam pertempuran udara. Jepang merubah dengan nama Mitsubish. Memiliki kekalahan nyaris 0 dalam pertempuran udara.

Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Pesawat 777-300ER dirancang terbang jarak jauh. Menjadi pesawat paling efisien dan digunakan untuk terbang nonstop. Bagi penumpang, duduk terbang berjam jam lebih dari 12 jam adalah hal membosankan. Bagaimana dengan awak pesawat, tunggu dulu.

Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m dijuluki oleh Nato Backfire. Ini adalah pesawat pembom supersonik dengan sistem sayap ayun atau dapat dilipat. Kecepatan maksimum mencapai 2 Mach. Pernah masuk ke Swedia tapi tidak di respon oleh angkatan udara. Masih bertugas di Suriah bulan November 2015



Singapore Airlines akan kembali memegang rute pesawat terjauh. Terbang nonstop selama 19 jam dengan pesawat Airbus A350 900ULR. Sebelumnya Singapore Airlines memegang rute terjauh, tapi ditutup karena kurang menguntungkan. Digantikan rute kedua terjadu dari Quantas dengan rute Australia ke Amerika.

Emirates Air menjadi rute penerbangan komersil terjauh saat ini. Terbang nonstop dari Dubai UAE ke Panama City Panama nonstop. Mencapai jarak 13,821 km dari tempat take off dan landing.

Dalam perang dunia ke 2, Amerika memiliki divisi pasukan hantu atau Ghost Army. Pasukan ini berjumlah 1100 orang, bertugas untuk menyesatkan atau mengintimidasi pasukan Jermanhttps://www.youtube.com/upload. Mereka bukan pasukan bersenjata tapi lebih terlihat sebagai artis.

Di pesawat komersial, setiap jendela akan terlihat satu titik lubang kecil.  Mungkin kita bertanya untuk apa lubang kecil di jendela pesawat. Fungsi lubang kecil tersebut untuk menyamai tekanan udara antara urang kabin dan jendela atau bagian panel luar dari kabin pesawat.

Pesawat Stratotanker tipe KC-135 adalah pesawat pengisian bahan bakar di udara. Kali ini dibariskan sampai 11 pesawat, dan foto diambil di landasan udara militer Kadena Jepang.


No popular articles found.