Planet Ross 128b menjadi planet ke 2 paling dekat ke Bumi sebagai Exoplanet


Kategori : Science | Date : 16 November 2017
Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet.

Bukan planet pertama tapi posisi planet ke 2. Diperkirakan memiliki iklim sejuk dan dapat mempertahankan kehidupan.

Planet Ross 128b mengorbit ke sebuah bintang merah kecil yang disebut bintang Ross 128.

Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Kemungkinan planet tersebut berbatu, dan posisinya cukup jauh dari posisi bintang.

Penemuan Ross 128b ditemukan dari pusat observasi European Southern Observatory's High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS) di Cile.
Dengan peralatan yang sangat presisi, tapi peneliti membutuhkan waktu untuk menganalisa planet Ross 128b.

Astronom Nicola dari observasi Jenewa mengatakan kami sudah mengamati bintang ini sejak Juli 2006.
Tahun 2013 pemantauan semakin intensif, walau hanya mendapatkan 127 pengamatan dari sinyal yang terditeksi dari planet Ross 128b.

Dibawah ilustrasi planet Ross 128b

Planet Ross 128b menjadi planet ke 2 paling dekat ke Bumi sebagai Exoplanet

Informasi yang didapat tentang Planet Ross 128b.
Ukuran 1,35x lebih besar dari Bumi.


Perkiraan, planet ini memiliki permukaan berbatu.
Posisi planet 1/20 dari jarak matahari ke bumi. Karena bintang disana lebih kecil yang disebut katai merah membuat planet ini tidak terlalu panas.
Menerima panas menerima radiasi 1,38x lebih banyak dari bintang disana dibanding Bumi yang menerima panas radiasi matahari.
Perkiraan suhu antara -60 deg.C sampai 20 deg.C
Exoplanet ke 2 setelah ditemukan planet Proxima b
Orbit planet ke bintang hanya 9,9 hari waktu bumi.

Bagian penting dari penemuan planet. Bintang Ross 128 relatif lebih tenang dibanding bintang sejenis. Membuat kondisi Ross 128 relatif lebih stabil.

Penemuan planet umumnya mengunakan metode transit. Ketika sebuah planet melintas di depan bintang dan pusat observasi atau teleskop ruang angkasa melihat adanya planet. Maka data diambil untuk dianalisa, seperti ukuran planet kecepatan atmofer dan lainnya.

Tetapi teknik Transit memiliki kelemahan, karena harus menunggu planet yang melintas tepat di depan bintang dan posisinya sejajar dengan tempat obserasi seperti teleskop di bumi.

Untuk menemukan planet dimana posisi planet tidak sejajar seperti metode transit. Yang dihitung adalah kecepatan radial bintang induk. Kesulitan mengetahui posisi planet untuk diambil datanya, ketika sinyal bintang dan planet ternyata sebanding. Membuat peneliti kesulitan mengurai kedua sinyal tersebut.
Itulah sebabnya mengapa penemuan planet Ross 128b dilakukan secara berkala sejak ditemukan 2006. Dan penelitian lebih intensif baru dilakukan tahun 2013.

Peneliti belum mengetahui apakah planet Ross 128b memiliki atmofer seperti di Bumi. Penelitian planet ini masih menunggu instrumen teleskop yang lebih kuat dibangin. Setidaknya pada tahun 2024 mendatang.


Disebut bintang katai merah atau Red Dwarf, lebih kecil dari ukuran matahari. Tidak terlalu panas, dan banyak yang memperkirakan bintang lebih redup nyaman untuk kehidupan. Apakah kita mau tinggal di bintang dengan warna merah atau bintang lebih besar berwarna kuning. Jawabannya relatif, dari posisi dan kapan mahluk hidup mulai berevolusi

Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa

Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Memiliki atmofer dan berbatu seperti Bumi.



Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Tata surya Wolf 1061 tidak jauh dari Bumi, hanya 14 tahun cahaya saja. Dekat dengan tata surya Gliese 667cc yang jaraknya 22 tahun cahaya dari Bumi. Mengunakan sensor HARPS spectrograph yang dipasang di teleskop ESO 3,6 meter di La Silla di Chile. Tim UNSW Australia  mengunakan teknik baru untuk menemukan planet.

Planet baru yang terlihat oleh tim ESO dapat diperkirkan seperti apa bentuk planet nantinya terbentuk. Awalnya masih sebatas teori, sekarang mulai dibuktikan bahwa planet baru akan menyapu debu dan gas dari sisa bintang dan membuat planet tumbuh menjadi besar.



Planet GJ 1132b ditemukan mirip bumi. Jaraknya 39 tahun cahaya dari bumi, tapi ukuran planet saja yang hampir sama. Sekitar 1,2x lebih besar dari Bumi. Tapi disana sangat panas. Disebut sebagai planet Venus seukuran Bumi, memberikan kesempatan astronom melihat planet ini dan mempelajari tentang dunia di luar tata surya.

Apa yang dimaksud planet Terrestrial adalah planet berbatu. Tetapi ada beberapa kategori dari planet tipe ini, untuk Bumi masuk ketegori planet dengan permukaan berbatu dimana terdapat inti besi cair di dalamnya. Ada 2 kategori planet lain yang juga masuk dalam planet Terrestrial.

Planet TrES-2b disebut sebagai planet gelap. Dengan permukaan planet sangat hitam.  Jarak planet TrES-2b ke Bumi mencapai 750 tahun cahaya. Tidak seperti planet Jupiter memiliki awan amonia yang berwarna dan memantulkan cahaya.

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.

3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924

Pernah menonton film Star Wars episode ke IV A New Hope. Memberi gambaran sebuah planet memiliki 2 matahari. Tentu 2 matahari tidak terjadi di bumi. Secara umum dua bintang kembar terjadi dimana planet disana lebih di dominasi planet gas seperti Jupiter. Planet seperti .Bumi dengan matahari kembar mungkin hal umum di alam semesta ini.


No popular articles found.