Galaksi A1689B11 spiral tertua berusia 11 miliar tahun lalu


Kategori : Science | Date : 7 November 2017
Galaksi spiral tertua 11 miliar tahun lalu warnanya begitu merah
Manusia hanya pemula di alam semesta ini. Karena manusia muncul hanya dalam waktu singkat di Bumi.

Melihat jauh ke belakang, semua yang terlihat adalah alam semesta. Galaksi yang usianya masih sangat muda seperti memainkan ruang waktu antara bentuk galaksi dahulu dan yang melihat saat ini.

Perjalanan cahaya yang begitu jauh, manusia hanya bisa melihat banyak galaksi muda.

Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun.

Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.

Usia alam semesta terbentuk antara 13,8 miliar tahun lalu. Dan diawali dengan kata Big Bang.

A1689B11 diperkirakan memiliki usia 11 miliar tahun cahaya, atau hanya berselisih 2-3 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta.

Belum mengalahkan rekor galaksi z8 GND-5296 dan galaksi Tayna yang jauhnya mencapai 13 miliar tahun lalu

Galaksi A1689B11 juga menjadi museum bersejarah bagi astronomi.

Melihat benda yang sangat jauh seperti galaksi A1689B11 tidak mudah. Tidak dapat dilihat begitu saja oleh teleskop terkuat sekelas Hubble.



Galaksi A1689B11 spiral tertua berusia 11 miliar tahun lalu


Ditemukan oleh tim universitas Swinburne dan universitas Australian National.

Munculnya gambar galaksi A1689B11 akibat lensa gravitasi. Dimana cahaya diperbesar secara alami oleh benda di antara Bumi dan galaksi A1689B11, dan memunculkan galaksi A1689B11.
Bila dijabarkan, posisi galaksi tersebut berada di sisi kanan atas, tapi cahaya galaksi tersebut terhalang oleh sebuah kelompok galaksi (berwarna biru).

Karena gravitasi di lintasan cahaya galaksi A1689B11 yang tertangkap teleskop di Bumi mengalami distorsi sempurna. Membuat gambar dari galaksi A1689B11 diperbesar secara alami.
Dan bentuknya dapat terlihat serta tertangkap oleh Bumi. Bila posisi galaksi A1689B11 tidak terhalang oleh kelompok galaksi yang menimbulkan efek lensa gravitasi. Galaksi tersebut mungkin tidak pernah tampak oleh teknologi manusia yang dimiliki untuk melihat bentuk galaksi yang sangat jauh..

Terlihat seperti gambar atas ini, formasi bentuk galaksi spiral. Cahaya galaksi berwarna merah menunjukan tingkat redshift yang diartikan galaksi ini sebenarnya terus menjauh dari posisi Bumi.
Bentuk galaksi A1689B11 tampak dengan pergeseran z2,54. Tetapi berkat efek garvitasi lensai, pembesaran galaksi mencapai z7,2

Asteroid 2015 BZ509 dipastikan bukan berasal dari tata surya. Datang dari antar bintang lain, dan menetap di tata surya. Peneliti melakukan simulasi sampai ke jaman primordial atau sampai ke pembentukan tata surya dan planet. Karena orbitnya nsik turun di sekitar planet tata surya

Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2. Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari BumiMenjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.

2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.



Mengunakan teleskop paling kuat Hubble, melihat 2 galaksi yang dempet. Letaknya 500 ribu tahun cahaya dari Bumi. Disebut galaksi IRAS 06076-2139, keduanya saling berpaspasan alias saling melintas berdekatan dengan kecepatan 2 juta km perjam.

Galaksi yang dilihat dari atas dengan sudut bumi, maka terang di bagian inti galaksi. Galaksi dari sudut miring, dapat dipelajari adalah struktur lengan galaksi dan ukurannya. Bagaimana bila galaksi terlihat tepat dari sisi samping.

2 galaksi kerdil ditemukan oleh teleskop Hubble. Kedua galaksi terjebak di daerah kosong ruang hampa selama 100 juta tahun, akhirnya galaksi mulai terbentuk dan siap melahirkan bintang baru.

Gabungan galaksi dengan galaksi lain, umumnya membentuk galaksi bundar atau elips. Tapi yang ini tetap bertahan dengan bentuk spiral. Membentuk cahaya lebih cerah dibanding galaksi lain. Mengapa galaksi yang bertabrakan bisa bertahan dengan bentuk lama.



Kelompok galaksi MACS J067 7015 diabadikan oleh teleskop Hubble. Usianya sangat muda, kurang dari 1 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Bentuk galaksi kuno ini berukuran kecil dan jumlahnya cukup banyak. Gambar diabadikan Hubble datang terlambat untuk dilihat oleh teleskop sampai 12 miliar tahun cahaya.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.

Mengunakan data teleskop Wise dapat diperkirakan mengapa 2 lengan lebih banyak terbentuk bintang. Sedangkan Bumi berada disisi lengan galaksi lebih kecil Sagittarius Arm. Mengapa 2 lengan di galaksi kita lebih banyak terbentuk bintang.

Sebuah galaksi mengalami kejadian unik, dan terlempar dari kelompoknya sendiri. Disebabkan sebuah galaksi lain yang menabrak ke galaksi lebih besar, sampai menganggu sebuah galaksi mini. Akhirnya galaksi mini terlempar keluar sendirian.

Biasanya ukuran bintang besar akan berada dibagian dalam. Bintang di bagian tengah atau dekat inti galaksi memiliki kepadatan sampai 10x lebih banyak dibagian pusat. Sebuah galaksi merah disamakan bintang disana sudah berwarna merah atau bintang kuno. Semakin tua, sebuah galaksi akan membentuk tonjolan ditengah


No popular articles found.